OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Kutu Rambut? Jangan Panik Begini 5 Cara untuk Atasinya!

Kutu rambut emang jadi hal yang paling ngeselin kan Ladies? rasa gatal yang ditimbulkannya sangat mengganggu dan tidak tertahan. Nah, inilah yang membuat kita menjadi minder dan resah dengan keberadaan kutu-kutu ini di rambut kita. Keberadaan kutu bisa disebabkan oleh banyak hal loh Ladies, bisa karena kebersihan dari rambut kita ataupun karena penularan dari luar. 

Baca juga: 7 Penyebab Kulit Kepala Terasa Gatal

Namun, sayangnya ukuran kutu yang sangat kecil dan telurnya yang sangat lengket menempel di batang rambut kita, sehingga sulit untuk dibasmi. Ini harus kita waspadai loh Ladies, karena jika dibiarkan bisa menimbulkan adanya pengelupasan kulit kepala, bahkan dapat menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, untuk ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membasmi kutu di rambut kita, yaitu:

1. Kenali dan periksa penyebabnya

Nah Ladies, sebelum kamu melakukan perawatan untuk membasmi kutu rambut, cari tahu terlebih dahulu bagaimana kamu bisa tertular. Ini adalah langkah awal untuk mencegah dan menghindari sumber yang bisa membuat kamu tertular kembali.

Kamu bisa menghindari untuk kontak langsung dengan orang yang memiliki kutu. Lalu, mencuci topi, bantal, dan barang lainnya yang menyentuh kepala dengan air panas. Ini supaya barang-barang tersebut bisa disterilkan dari telur-telur kutu yang menempel ya Ladies.

2. Menyisir dalam kondisi basah untuk membersihkan kutu rambut

Kutu Rambut? Jangan Panik Begini 5 Cara untuk Atasinya!
Sumber: pexels.com

Kutu dan telur kutu itu menempel dengan erat di rambut serta kulit kepala kita, sehingga ini sangat sulit untuk dibersihkan. Namun, kamu bisa mencoba membersihkan habitat kutu tersebut dengan menyisir rambut dalam kondisi basah. Ini dapat lebih mudah untuk membersihkannya loh Ladies.

Cara melakukannya adalah cucilah rambutmu dengan sampo seperti biasa. Lalu, gunakan kondisioner cukup banyak dari akar hingga ujung rambut. Setelah itu, sisirlah rambut dengan sisir bergigi halus khusus. Dengan cara ini akan mempermudah membersihkan kutu-kutu yang menempel. Lakukan penyisiran basah pada hari ke 1, 5, 9 dan 13 ya Ladies. ini untuk menangkap kutu yang baru menetas. Lalu, pada hari ke-17 periksalah kembali apakah kutu di rambutmu telah berkurang.

3. Gunakan lotion dan obat pembasmi kutu rambut

Nah, Ladies jika kamu telah mencoba menyisir rambut basah tetapi kutu tersebut tidak bersih secara tuntas, kamu bisa meminta rekomendasi obat dari apoteker. Ini akan lebih cepat membasmi kutu yang ada di rambut kamu dan membersihkannya secara menyeluruh loh.

Namun, biasanya penggunaan dari obat ini akan menimbulkan efek samping bagi rambut kita. Jadi, ada baiknya kamu konsultasikan kepada para apoteker untuk mengatasinya ya Ladies.

4. Menggunakan bahan-bahan alami

Jika kamu khawatir dengan efek samping dari obat pembasmi kutu, kamu bisa mencoba bahan-bahan alami untuk mengatasinya. Seperti mencuci rambut dengan cuka ataupun menggunakan campuran essential oil.

  • Mencuci rambut dengan cuka

Langkah yang bisa kamu lakukan untuk basmi kutu rambut salah satunya adalah mencuci rambut dengan campuran cuka dan air hangat. Campurkan 1 cangkir cuka dengan 1 cangkir air hangat, lalu oleskan ke seluruh kulit kepala dan tutup rambut dengan penutup kepala. Biarkan semalam kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan shampo. Cuka mengandung khasiat yang dapat membunuh dan menyingkirkan kutu sekaligus dengan telurnya.

  • Gunakan campuran essential oil

Kutu Rambut? Jangan Panik Begini 5 Cara untuk Atasinya!
Sumber: unsplash.com

Campurkan 50ml minyak kelapa, 2 sampai 3 tetes minyak pohon teh essential, 2 sampai 3 tetes minyak esensial kenanga, dan 50ml cuka sari apel. Campur semua bahan menjadi satu dan oleskan langsung pada rambut. Biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan shampo biasa. Campuran bahan-bahan ini dapat membersihkan kutu rambut secara efektif.

5. Ulangi langkah perawatan setelah 9 hari

Kutu memiliki siklus hidup 9 hari, oleh karena itu sembilan hari setelah perawatan pertama disarankan untuk mengulangi semua langkah. Ini karena setiap telur kutu akan berkembang setelah 9 hari. Jadi, ada baiknya untuk melakukan perawatan ulang setelah 9 hari agar memastikan bahwa semua kutu dapat bersih secara menyeluruh.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membasmi kutu rambut kamu Ladies. Namun, apabila semua cara di atas masih belum berhasil, ada baiknya segera kamu konsultasikan ke dokter untuk segera mendapat solusinya ya.

 

 

Sumber: healthline, tuasaude

Must Read

Related Articles