test
OUR NETWORK

Mengapa Rambutmu Kering?

Rambut kering terjadi ketika rambutmu tidak mendapatkan atau mempertahankan kelembapan yang cukup. Hal ini akan mengurangi kilaunya dan membuatnya tampak kusut dan kusam.

Rambut kering dapat menyerang pria dan wanita dari segala usia, tetapi kemungkinan besar kamu akan mengalaminya seiring bertambahnya usia. 

Rambutmu terdiri dari tiga lapisan. Jika rambutmu sehat, minyak alami di lapisan luar membantu melindungi lapisan dalam. Mereka juga memantulkan cahaya, membuat rambut kamu tampak berkilau. Kemilau dan kilau adalah dua tanda penting kesehatan rambut.

Saat rambutmu kering, lapisan luarnya akan rusak sehingga membuatnya tampak kusam dan tidak sehat.

Penyebab rambut kering

Berbagai faktor dapat menyebabkan rambut kering, termasuk kondisi lingkungan, kebiasaan perawatan rambut, dan kesehatan fisik.

Mengapa Rambutmu Kering?
Foto: freepik

Beberapa kondisi lingkungan yang dapat menyebabkan rambut kering antara lain:

  • hidup di iklim kering dan panas
  • menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari atau angin
  • sering berenang di air yang mengandung klor atau asin

Praktik perawatan rambut yang sering menyebabkan rambut kering antara lain:

  • terlalu sering mencuci rambut
  • menggunakan sampo, kondisioner, atau produk penataan rambut yang keras
  • menggunakan produk kimia perawatan rambut 
  • mengeringkan rambut secara teratur dengan hair dryer
  • menggunakan alat pengeriting rambut, pelurus, atau pengeriting listrik

Dalam beberapa kasus, rambut kering disebabkan oleh masalah kesehatan mendasar yang memengaruhi kemampuan rambutmu mempertahankan kelembapan. Contohnya meliputi:

  • Anorexia nervosa: Gangguan makan, anoreksia nervosa dapat menyebabkan malnutrisi. Hal ini dapat menyebabkan rambut kering dan rapuh, serta komplikasi yang lebih serius.
  • Hipoparatiroidisme: Jika kamu menderita hipoparatiroidisme, kelenjar paratiroid di lehermu memproduksi terlalu sedikit hormon paratiroid, sehingga menurunkan kadar kalsium dalam darah. Kalsium adalah nutrisi utama untuk kesehatan rambut, tulang, gigi, dan jaringan lainnya.
  • Hipotiroidisme: Dengan hipotiroidisme, kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon tiroid. Rambut kering dan rapuh merupakan salah satu gejala awal kondisi ini.
  • Sindrom Menkes: Jika kamu menderita sindrom Menkes, suatu kondisi genetik langka, sel tubuhmu tidak menyerap cukup tembaga. Penyerapan tembaga yang rendah mempengaruhi kesehatan rambut sehingga menyebabkan kekeringan.

Cara mendiagnosis rambut kering

Jika kamu memiliki rambut yang sangat kering dan kondisi tidak membaik setelah perubahan rutinitas perawatan rambut, buatlah janji bertemu dokter. Mereka mungkin dapat menentukan penyebab utamanya. Mereka mungkin juga merujukmu ke dokter kulit, dokter spesialis penyakit kulit dan rambut.

Selama janji temu, dokter atau dokter kulit mungkin menanyakan pertanyaan tentang gejala, rutinitas perawatan rambut, dan gaya hidupmu, seperti:

  • Sudah berapa lama rambutmu jadi kering?
  • Seberapa sering kamu mencuci rambut?
  • Jenis produk rambut apa yang kamu gunakan?
  • Alat apa yang kamu gunakan untuk menata rambutmu?
  • Apa saja pola makan khasmu?
  • Apakah kamu memiliki gejala lain?

Mereka kemungkinan besar akan memeriksa rambut dan kulit kepala. Dalam beberapa kasus, mereka mungkin memesan satu atau lebih tes. Misalnya, mereka mungkin mengumpulkan sampel darah atau urin untuk memeriksa tanda-tanda kondisi medis tertentu, seperti hipotiroidisme atau hipoparatiroidisme.

Cara merawat rambut kering

Dalam banyak kasus, kamu dapat mengatasi rambut kering melalui perubahan gaya hidup sederhana. Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba:

  1. Hindari keramas setiap hari
  2. Gunakan kondisioner setiap kali kamu keramas
  3. Gunakan sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut
  4. Gunakan produk penataan rambut yang melembapkan
  5. Hindari perawatan rambut kimia.
  6. Kurangi penggunaan hairdryer 
  7. Hindari alat penata rambut panas 

Keramas setiap hari dapat menghilangkan minyak pelindung rambut dan menyebabkan kekeringan. Cobalah mencuci rambut sekali atau dua kali seminggu. Kamu juga bisa mengoleskan minyak rambut atau kondisioner tanpa bilas untuk menambah kilau dan kelembutan.

Melindungi rambut dari panas dan paparan sinar matahari juga penting. Jika kamu tinggal di iklim kering, kenakan topi saat beraktivitas di luar ruangan dan hindari paparan jangka panjang terhadap udara kering atau berangin. Kamu sebaiknya melindungi rambut dari klorin dan air asin dengan mengenakan topi mandi saat berenang di kolam atau laut.

Jika masalah medis mendasar yang menyebabkan rambut kering, dokter mungkin merekomendasikan obat atau perawatan lain untuk mengatasinya. Rambutmu mungkin membaik setelah kamu mengatasi kondisi yang mendasarinya. Bekerjasamalah dengan dokter untuk menemukan pengobatan terbaik untukmu.

 

Sumber: healthline.com

Must Read

Related Articles