Free Porn
xbporn
OUR NETWORK

6 Manfaat Tea Tree Oil untuk Rambut, Menurut Dokter Kulit

Meskipun tea tree oil atau minyak pohon teh memiliki beragam kegunaan obat, minyak satu ini merupakan salah satu minyak esensial terbaik untuk manfaat kecantikan. Secara khusus, menggunakan minyak pohon teh untuk rambut dapat memberikan banyak manfaat bagi kulit kepala dan helai rambutmu, Ladies. 

Yup, tea tree oil melakukan lebih dari sekadar menyegarkan ruang hidup dan membantu mengatasi jerawat. Minyak ini sebenarnya adalah salah satu minyak rambut terbaik untuk berbagai jenis dan tekstur rambut!

“Minyak pohon teh bersifat antibakteri dan antijamur,” dan dapat membantu meringankan berbagai kondisi dan kekhawatiran kulit kepala sekaligus meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala secara keseluruhan, jelas Marisa Garshick, M.D., dokter kulit bersertifikat terkemuka di Manhattan Dermatology and Cosmetic Surgery di NYC.

Sebelumnya, para ahli menjelaskan manfaat minyak pohon teh untuk rambut, membantu pertumbuhan rambut, cara menggunakan minyak esensial, potensi efek samping, dan banyak lagi.

Yuk simak ulasan lengkap manfaat minyak pohon teh untuk rambut di bawah ini, Ladies!

Manfaat minyak pohon teh untuk rambut

6 Manfaat Minyak Tea Tree Oil untuk Rambut, Menurut Dokter Kulit
Foto: freepik

Para ahli mengatakan bahwa kamu mungkin bisa meraih berbagai manfaat minyak pohon teh untuk rambut berikut ini, Ladies!

1. Meningkatkan kesehatan kulit kepala secara keseluruhan

Rambut manusia tumbuh dari kulit kepala, menjadikannya bagian penting dalam menjaga kesehatan rambut. “Minyak pohon teh dapat membantu kesehatan kulit kepala secara keseluruhan karena sifat antimikroba, antijamur, dan antiinflamasinya,” jelas Janiene Luke, M.D., dokter kulit bersertifikat di Loma Linda, CA.

2. Dapat membantu pertumbuhan rambut

Jika kamu mencari solusi herbal untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, minyak pohon teh dapat menjadi bagian yang berguna dalam rutinitas perawatan rambutmu. Meskipun tidak secara langsung merangsang pertumbuhan rambut baru, “dengan meningkatkan kesehatan kulit kepala secara keseluruhan, hal ini dapat menciptakan lingkungan yang sehat untuk pertumbuhan rambut,” kata Dr. Garshick.

3. Melawan ketombe

Ketombe biasanya disebabkan oleh jamur yang disebut Malassezia spp., yang menyebabkan kulit kepala terkelupas dan gatal. Untungnya, minyak pohon teh memiliki kemampuan yang terbukti dalam penelitian untuk melawan jamur penyebab ketombe, serta peradangan, kemerahan, pengelupasan, dan gatal-gatal yang biasanya muncul pada mereka yang menderita ketombe atau dermatitis seboroik, menurut Dr. Luke.

4. Membantu mengatur produksi minyak

Ladies yang memiliki kulit kepala terlalu berminyak juga bisa mendapatkan manfaat dari penggunaan minyak pohon teh atau produk yang mengandung minyak pohon teh untuk “menyeimbangkan produksi minyak berlebih di kulit kepala” dan memperpanjang waktu antar hari keramas, jelas Sabrina Ahmed, pakar dari Garnier.

5. Menenangkan iritasi

6 Manfaat Minyak Tea Tree Oil untuk Rambut, Menurut Dokter Kulit
Foto: freepik

Minyak pohon teh adalah tambahan yang bagus bagi mereka yang berjuang dengan iritasi, peradangan, atau gatal-gatal yang tidak nyaman di kulit kepala, catat Ahmed. Minyak esensial memiliki sifat anti-inflamasi, dan bila digunakan dengan benar dapat menenangkan kulit kepala yang marah.

6. Menyegarkan rambut dan kulit kepala

Manfaat lain yang tidak boleh diabaikan adalah minyak pohon teh juga membantu “menjadikan rambut segar, direvitalisasi, dan dengan aroma yang menyenangkan,” tambah Ahmed.

Pertimbangan jenis rambut minyak pohon teh

Tidak semua produk atau bahan rambut dirancang untuk digunakan oleh semua orang. Untungnya, “Minyak pohon teh cocok untuk semua jenis rambut dan tidak disarankan untuk jenis rambut tertentu,” jelas Ahmed.

Namun, mereka yang memiliki jenis rambut atau masalah kulit tertentu mungkin ingin menggunakan pendekatan yang bervariasi saat menggunakan minyak pohon teh. Minyak ini terutama digunakan untuk kesehatan kulit kepala, jadi Dr. Luke menyarankan mereka yang memiliki kulit sensitif atau kulit kepala sensitif untuk berhati-hati saat pertama kali menggunakan minyak. Caranya dengan mengujinya pada area kecil sebelum mengaplikasikannya ke seluruh kulit kepala atau hanya menggunakannya beberapa hari per minggu.

“Demikian pula, mereka yang memiliki rambut kering, keriting, atau bertekstur mungkin ingin memilih produk yang juga mengandung bahan pelembab serta minyak pohon teh karena jenis rambut ini juga dapat bermasalah dengan kekeringan,” tambah Dr. Luke.

Cara menggunakan minyak pohon teh untuk rambut

6 Manfaat Minyak Tea Tree Oil untuk Rambut, Menurut Dokter Kulit
Foto: freepik

Mengenai cara terbaik menggunakan minyak pohon teh untuk rambut, ada beberapa pilihan. Karena minyak esensial sangat terkonsentrasi dalam bentuk murni, mengencerkannya dengan produk lain atau menggunakan produk yang sudah diformulasikan dengan minyak pohon teh adalah pilihan paling aman untuk menghindari iritasi, saran para ahli.

  • Buat campuran sendiri

Cobalah pendekatan mandiri dengan mencampurkan sedikit minyak pohon teh dengan minyak carrier, seperti minyak jarak atau minyak kelapa. Ahmed merekomendasikan untuk memijatnya ke kulit kepala, yang akan meningkatkan aliran darah ke area tersebut, dan biarkan selama beberapa menit sebelum mencucinya dengan sampo favoritmu.

  • Tambahkan ke sampo

Meskipun kamu bisa menemukan banyak sampo yang mengandung minyak pohon teh, kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan mencampurkan 10-15 tetes minyak esensial dengan sampo yang sudah kamu miliki, jelas Dr. Garshick. Pijatkan campuran tersebut ke rambut saat mandi dan biarkan selama tiga hingga lima menit sebelum membilasnya hingga bersih dan mengoleskan kondisioner.

  • Gunakan produk yang diformulasikan dengan minyak pohon teh

Luke menyarankan untuk mencari produk rambut (seperti sampo, kondisioner, masker, dan perawatan kulit kepala) yang sudah diformulasikan dengan minyak pohon teh “untuk membantu mengurangi kemungkinan iritasi atau reaksi alergi,” jelasnya. Ini adalah cara yang bagus untuk memanfaatkan manfaat minyak pohon teh untuk rambut jika kamu memiliki kulit kepala sensitif.

Selamat mencoba, Ladies!

 

Sumber: prevention.com

Must Read

Related Articles