test
OUR NETWORK

6 Gaya Rambut yang Membuat Rambut Lebih Cepat Rontok Menurut Penata Gaya Rambut

Rambut rontok memang sangat membuat frustrasi, apa pun penyebabnya. Namun, sebenarnya ada beberapa hal yang mungkin kamu lakukan dalam rutinitas sehari-hari yang justru memperburuk kerontokan rambut, yaitu dengan menata rambut. Kamu memang bisa menata rambut dengan berbagai cara yang berbeda, tetapi ada beberapa gaya rambut yang sebaiknya tidak diterapkan karena dapat mengganggu akar rambut dan menyebabkan kerontokan. 

Apa sajakah gaya rambut yang bisa membuat rambut rontok lebih cepat? Simak ulasannya di bawah inI! 

1. Ponytail ketat

6 Gaya Rambut yang Membuat Rambut Lebih Cepat Rontok Menurut Penata Gaya Rambut
Foto: freepik

Ponytail atau kuncir kuda adalah gaya rambut yang ideal untuk berolahraga dan hari-hari musim panas. Namun, menarik rambut terlalu kencang dapat menyebabkan rambut terlepas dari kulit kepala, meningkatkan tingkat kerontokan dan merusak helai rambutmu, Ladies. 

Doris Day, seorang dokter kulit dan profesor dermatologi klinis di New York University Langone Medical Center yang berspesialisasi dalam rambut rontok memberi penjelasan kepada Allure. “Traction alopecia disebabkan oleh apa pun yang menarik rambut, yang pada akhirnya merusak akar dan dapat menyebabkan jaringan parut dan permanen. rambut rontok. Ini adalah proses yang biasanya memakan waktu bertahun-tahun. Penyebab utamanya bisa karena kepangan yang ketat, kuncir kuda yang ketat, atau bahkan sekedar menarik-narik rambut.” 

Jika kamu mulai melihat rambut menipis, cobalah untuk tidak menarik kuncir kuda terlalu kencang, atau gunakan ikat rambut dengan lebih longgar untuk mengurangi ketegangan pada kulit kepala.

2. Wet styling

Kamu mungkin tergoda untuk menyanggul atau menata rambut langsung setelah mandi untuk menghemat waktu menata rambut, tetapi hal ini sebenarnya dapat langsung menyebabkan kerusakan karena helaian rambut jauh lebih rapuh saat basah. 

Penata rambut dan tata rias selebriti Vibha Gusain mengatakan kepada Vogue, “Rambut basah itu lemah dan rapuh, dan menarik atau menyisirnya secara agresif dapat menyebabkan rambut rontok dan patah.” Jika kamu menginginkan tampilan basah, semprotan pengkilap akan membantu tanpa menyebabkan kerusakan.

3. Kepang ketat

6 Gaya Rambut yang Membuat Rambut Lebih Cepat Rontok Menurut Penata Gaya Rambut
Foto: freepik

Sama seperti kuncir kuda yang ketat, mengepang rambut mungkin memiliki efek penipisan yang sama, menyebabkan rambut rontok hingga ke akarnya. Jika kamu bersikeras mempertahankan gaya ini, pertahankan kepangan pada sisi yang lebih longgar dan paling tidak, pastikan rambutmu benar-benar kering sebelum mengepangnya karena rambut basah lebih mudah patah.

4. Messy bun 

6 Gaya Rambut yang Membuat Rambut Lebih Cepat Rontok Menurut Penata Gaya Rambut
Foto: freepik

Karena sifat sanggul yang acak-acakan, gaya ini dapat menarik akar dan menyebabkan kerusakan pada helai rambut, sehingga membuat rambut mudah tipis dan rontok. Terutama jika kamu tidur dengan rambut disanggul berantakan, kamu mungkin akan mengalami kerontokan rambut yang tidak perlu yang dapat dengan mudah dicegah dengan tidur dengan rambut tergerai atau dengan sanggul longgar.

5. Meluruskan rambut

6 Gaya Rambut yang Membuat Rambut Lebih Cepat Rontok Menurut Penata Gaya Rambut
Foto: freepik

Kerusakan akibat panas diketahui menyebabkan rambut patah, tidak terkecuali penggunaan pelurus rambut. Penata rambut selebriti Bianca Hillier memberi tahu Byrdie, “Menggunakan banyak aliran panas secara fisik mengubah struktur molekul bagian dalam rambut. Ini membuka lapisan kutikula paling luar dan masuk ke dalam untuk memutus ikatan rambut (atau kerangka rambut). Inilah bagaimana ujung rambut bercabang terbentuk.” 

Jika kamu harus meluruskan rambut, pastikan untuk menggunakan heat protector, tetapi jika kamu kesulitan mengatasi kerusakan yang berlebihan, sebaiknya singkirkan alat yang panas untuk sementara waktu.

6. Produk penataan rambut yang keras 

Terakhir, Dr. Dray menekankan bahwa bukan hanya kuncir kuda, kepang, dan sanggul yang ketat yang menyebabkan rambut rontok, tetapi juga produk penataan rambut yang kamu gunakan untuk membuat tatanan rambut yang disisir ke belakang. 

Secara khusus, dia menyebutkan gel rambut jangka panjang yang dibuat dengan banyak alkohol dan dapat mengeringkan rambut bayi di bagian ubun-ubun. Produk ini, jika dikombinasikan dengan gerakan penataan rambut yang kurang lembut seperti menyisir rambut ke belakang agar tetap di tempatnya. Kombinasi ini dapat menyebabkan tekanan pada akar dan menyebabkan lebih banyak rambut rontok.

Meskipun kamu menginginkan sanggul ketat yang elegan atau rambut super lurus, memberi jeda pada rambut di antara gaya-gaya. Hal ini dapat membantu meminimalkan kerusakan yang ditimbulkannya. Cobalah dan ubah gaya rambut dan hindari gaya yang terlalu ketat atau terlalu panas semampumu untuk mengistirahatkan rambut dan akar rambut. Selamat mencoba, Ladies!

 

Sumber: shefinds.com

Must Read

Related Articles