OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Mencuci Daging Mentah Boleh atau Tidak? Begini Cara Atasinya!

Mencuci daging telah menjadi kebiasaan orang-orang sebelum memasak. Biasanya ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran dan darah yang ada di daging tersebut. Seperti saat kita mendapat daging kurban, sebelum dimasukkan ke kulkas tentunya kita akan membersihkan daging terlebih dahulu di bawah air mengalir. Namun, ternyata mencuci atau membilas daging adalah tindakan yang salah loh, Ladies.

Ketika kita membersihkannya dengan air, ini bisa menimbulkan bahaya bagi tubuh kita seperti keracunan makanan. Nah, untuk itu kita harus mengetahui apa saja bahaya yang ditimbulkan dari mencuci daging mentah ini supaya kamu lebih paham dan dapat mencegah bahaya yang ditimbulkannya. Yuk, kita simak penjelasannya Ladies!

Apakah boleh mencuci daging mentah?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), menemukan bahwa mencuci atau membilas daging dan unggas dapat meningkatkan risiko kontaminasi silang di dapur. Maksudnya adalah ketika kamu mencuci daging atau unggas di bawah air mengalir akan menimbulkan menimbulkan resiko penyebaran bakteri ke permukaan di dapur, seperti wastafel dan peralatan dapur lainnya.

Baca juga: Tips dan Trik Bikin Peralatan Dapur Bersih Seketika

Ini karena daging mentah mengandung banyak bakteri berbahaya seperti Salmonella, Listeria, Campylobacter, dan E. coli. Jadi, cipratan air saat mencuci daging akan membuat bakteri tersebut berpindah ke permukaan lain. Sehingga, risikonya bakteri yang terkena makanan dapat berbahaya apabila kita langsung konsumsi.

mencuci daging dapat mengontaminasi dapur
Sumber: pexels.com

Tidak hanya itu, Ladies, mencuci dan merendamnya dalam air ini juga bisa merusak kualitas dari daging tersebut loh. Kelembapan berlebih pada permukaan daging menggagalkan reaksi Maillard. Jadi ketika dimasak daging tersebut akan menyebabkan pertukaran antara karbohidrat dan asam amino yang menghasilkan ratusan bahan kimia yang berbeda. Ini dijelaskan Harold McGee dalam bukunya On Food and Cooking.

Walaupun daging mentah memiliki bakteri jahat, tapi kamu tetap bisa menyimpannya di freezer untuk disimpan. Ini karena ketika dalam keadaan beku, bakteri pada daging juga akan membeku. Namun, tetap saja kamu harus menyimpan daging dalam wadah yang bersih dan tertutup ya Ladies, agar makanan yang ada di freezer tidak terkontaminasi bakteri tersebut.

Bagaimana cara mengatasinya?

Nah, Ladies ada beberapa cara loh yang bisa kamu lakukan untuk mencuci daging tanpa khawatir bakteri akan menyebar. Seperti menggunakan larutan asam food grade untuk mencuci atau menyiapkan daging, karena membantu membunuh bakteri, menambah rasa, dan melunakkan daging. Larutan asam itu antara lain, cuka putih, perasan lemon atau jeruk nipis, dan natrium hidroksida (NaOH) food grade.

begini cara mencuci daging yang benar
Sumber: pexels.com

Selain itu, memasak dengan benar dapat membunuh bakteri jahat di dalam daging dan membuatnya aman untuk kita makan. Sehingga, memasak dengan suhu yang tepat sangat penting untuk kita ketahui Ladies. Menurut USDA, daging dan makanan laut aman dikonsumsi setelah mencapai suhu internal berikut:

  • Steak daging sapi, babi, dan domba: 62° C
  • Ikan dan makanan laut: 62° C
  • Daging sapi giling: 71° C 
  • Unggas: 73° C

Selain itu, sebelum kamu memasak, sangat disarankan untuk mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik untuk membersihkan bakteri yang menempel pada tangan kita. Lalu, untuk mencegah kontaminasi silang, ada baiknya peralatan dapur yang digunakan untuk daging mentah dicuci bersih dengan sabun dan air panas ya, Ladies. Pastikan semuanya bersih dari kontaminasi daging mentah.

Nah, itulah penjelasan yang bisa kamu pahami untuk mencegah dampak dari mencuci daging mentah ya Ladies. Dengan memahami ini, kamu sekarang bisa menyajikan masakan yang lebih sehat untuk kamu dan keluarga ya.

 

 

Sumber: fsis.usda.gov, greatist

Must Read

Related Articles