test
OUR NETWORK

4 Kesalahan Umum Perawatan Rambut yang Akan Membuat Kamu Terlihat Lebih Tua

Seiring bertambahnya usia, rambut sebagian besar mungkin akan menjadi lebih tipis, lemah, dan rata. Mencoba membalikkan atau mengatasi masalah ini bisa jadi sulit. Oleh karena itu penting bagimu untuk memeriksa kebiasaan sehari-hari dan merawat rambutmu sebaik-baiknya mulai dari sekarang, Ladies. Disadari atau tidak, banyak dari kamu yang mungkin melakukan kesalahan umum yang menyebabkan rambut rontok atau memperburuk penipisan rambut.

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang dapat menyebabkan atau memperburuk masalah rambutmu, simak informasi dan saran dari ahlinya. Mereka adalah dokter kulit bersertifikat Dr. Elaine F. Kung, M.D., FAAD, pendiri Future Bright Dermatology dan Dr. Deanne Mraz Robinson, Chief Medical Officer di Ideal Image dan salah satu pendiri Modern Dermatology PC. Ada juga Kerry Yates, ahli trikologi di Color Collective dan terakhir Jose Mier, pakar rambut dan pendiri Heliotherapy Research Institute. 

Dengan menghindari kesalahan-kesalahan dalam perawatan rambut, kamu akan mencegah rambut rusak dan terlihat lebih tua daripada usiamu

1. Sering menggunakan hair dryer panas 

4 Kesalahan Umum Perawatan Rambut yang Akan Membuat Kamu Terlihat Lebih Tua
Foto: freepik

Hair dryer atau pengering rambut memang nyaman dan praktis digunakan setelah keluar dari kamar mandi. Alat bisa membantumu mengeringkan rambut yang basah kuyup dengan cepat. Namun seperti yang dikatakan Kung, jika rambutmu sudah menipis, alat satu ini akan memberimu lebih banyak kekeurangan daripada kelebihannya. 

“Mengeringkan rambut tanpa hair dryer menghasilkan permukaan rambut yang relatif terlindungi dengan baik, sedangkan rambut yang dikeringkan menggunakan pengering rambut menunjukkan lebih banyak kerusakan pada permukaan rambut,” kata Kung tentang pengalamannya merawat pasien rambut rontok.

“Selain itu, permukaan rambut secara keseluruhan menunjukkan kecenderungan untuk menjadi lebih rusak seiring dengan meningkatnya suhu, dengan kerusakan permukaan paling parah terjadi setelah pengeringan dengan suhu tertinggi,” lanjutnya.

Pengeringan udara alami, tekanan Kung, atau paparan suhu lingkungan setelah mengeluarkan tetesan air secara perlahan dengan handuk. Hal ini biasanya dianggap jauh “lebih aman daripada menggunakan pengering rambut”. 

Saat menggunakan alat panas seperti pengering rambut, pelurus rambut, alat pengeriting rambut, dll., dia mencatat bahwa sangat penting untuk juga menggunakan heat protectant spray

2. Tidur dengan sarung bantal nonsutra

4 Kesalahan Umum Perawatan Rambut yang Akan Membuat Kamu Terlihat Lebih Tua
Foto: freepik

Sarung bantal sutra sangat terkenal di kalangan para ahli dan penata gaya karena bahannya yang lembut tidak akan memperparah atau menarik helaian rambut sebanyak bahan lainnya. 

Bagi Ladies yang memiliki rambut menipis, kata Robinson, ini adalah alternatif sarung bantal yang jauh lebih aman. “Saya sangat merekomendasikan sarung bantal sutra untuk semua orang, tetapi sarung bantal ini sangat penting terutama bagi orang-orang dengan rambut menipis atau patah,” kata Robinson.

Sutra, katanya, menyebabkan lebih sedikit gesekan— membantu menghindari tarikan atau putusnya helaian rambut saat bergerak saat tidur. 

“Saya juga merekomendasikan untuk mengikat rambut Anda menjadi simpul yang lembut dengan ikat rambut sutra untuk menghindari bahan kimia di wajah Anda di malam hari yang juga dapat membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan,” tambahnya (misalnya retinol & AHA).

Untuk alasan yang sama, Robinson mengatakan penting untuk menarik rambut ke belakang dengan lembut saat membersihkan wajah dan menerapkan rutinitas perawatan kulit malam hari yang “biasanya mengandung bahan aktif yang dapat bersifat agresif pada helai rambut halus yang membingkai wajah kita.”

3. Kebiasaan makan yang tidak konsisten 

4 Kesalahan Umum Perawatan Rambut yang Akan Membuat Kamu Terlihat Lebih Tua
Foto: freepik

Cara penting (jika bukan yang paling) untuk merawat rambut adalah mengonsumsi makanan seimbang yang mengandung vitamin seperti biotin, vitamin A, seng, zat besi, dll.

Oleh karena itu, melakukan diet yang sedang tren atau membuat pilihan diet yang tidak konsisten dapat berdampak besar pada rambut yang sudah menipis, kata Yates. “Seperti memulai pembersihan, diet ekstrem dapat merusak rambut Anda,” kata Yates. “

Ketika kamu melakukan perubahan drastis seperti itu, kamu pada akhirnya menghilangkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, sehingga berdampak negatif pada siklus hidup rambut Anda.” 

Mier pun setuju, dengan mengatakan “kurangnya vitamin dan mineral dalam makanan Anda adalah alasan utama mengapa rambut Anda yang menipis terlihat lebih buruk.”

Hal ini, katanya, karena “Anda tidak mendapatkan cukup nutrisi yang dibutuhkan” untuk kesehatan rambut. “Ini juga mempengaruhi sistem hormonal Anda, yang menyebabkan rambut rontok,” lanjutnya. “Jadi, Anda harus berkonsultasi dengan dokter tentang suplemen apa yang harus dikonsumsi.”

4. Gagal mencegah kerusakan akibat sinar matahari

4 Kesalahan Umum Perawatan Rambut yang Akan Membuat Kamu Terlihat Lebih Tua
Foto: freepik

Selain wajah dan tubuh, kulit kepala jika pun membutuhkan perlindungan dari sinar matahari yang merusak, Mier menekankan. Panas sendiri berbahaya bagi rambut, kata Mier, dan “paparan sinar matahari berlebihan tidak baik” untuk rambut tipis.

“Sinar matahari membuat rambut menjadi keriting dan menyebabkan ujung rambut bercabang—tampilan yang tidak cocok untuk rambut yang menipis—jadi jangan lupa untuk menutupi kepala jika terlalu lama berada di bawah sinar matahari,” tutupnya.

Siap merawat rambutmu dengan tepat mulai hari ini, Ladies?

 

Sumber: shefinds.com

Must Read

Related Articles