OUR NETWORK

Manfaat Cuka Apel untuk Perawatan Rambut

Manfaat Cuka Apel untuk Perawatan Rambut
Foto: kompas.com

Buat kamu yang gemar memanfaatkan bahan makanan untuk membantu perawatan tubuh tentunya sudah tidak asing dengan apple cider vinegar atau cuka apel. Yup, bahan yang satu ini umumnya digunakan untuk membantu melawan jerawat atau menurunkan berat badan.

Baca juga: Sudah Tahu 9 Manfaat Cuka Apel Ini?

Kandungan asam asetat, sitrat, laktat dan suksinatnya diketahui dapat membantu membunuh bakteri jerawat dan membantu penyerapan protein dalam tubuh. Kandungan pectin, polimer heterosakarida di dalamnya juga dapat membuat tubuh menjadi cepat kenyang, sehingga bagus untuk diet. Tapi, apakah kalian tahu, cuka apel ini juga memberikan manfaat yang sangat baik untuk rambut? Untuk tahu lebih detailnya, berikut ini terdapat beberapa informasi yang dikutip dari AllWomensTalk.com mengenai manfaat cuka apel untuk rambut yang penting untuk kamu ketahui, Ladies!

Manfaat Cuka Apel untuk Perawatan Rambut
Foto: hellosehat.com

Dengan berbagai kandungan asam yang ada dalam cuka apel, seringkali membuat cuka apel dihindari ketika berkaitan dengan perawatan rambut.

Pasalnya, sebagian orang takut rambutnya akan rusak setelah menerima kadar asam yang tinggi dari cuka apel tersebut. Padahal, perlu kamu ketahui, Ladies, kadar pH dari cuka apel itu mirip dengan kandungan pH yang ada di dalam rambut, loh! So, cuka apel tidak akan mengubah bahkan merusak keseimbangan pH alami di rambutmu sebagaimana yang ditakuti sebagian besar orang itu. Justru, berdasarkan studi yang tercatat dalam International Journal of Trichology, keasaman cuka apel ini mampu melawan pH basa yang berisiko merusak kutikula, kusut, dan membuat kulit kepala kering serta iritasi, menjadikannya lebih sehat.

Dalam hal ini, cuka apel bekerja sebagai pelembap untuk rambut. Dikutip dari WomanTalk, penata rambut selebriti, Netty Jordan, menyatakan cuka apel dapat membantu menghidrasi dan menyegel lapisan luar rambut. Ini berguna banget untuk Ladies para pemilik rambut kering dan keriting.

Manfaat Cuka Apel untuk Perawatan Rambut
Foto: pexels.com

Tidak hanya itu, kandungan pH dalam cuka apel juga dapat membantu mencegah kerontokan rambut. Sebagaimana dikatakan dokter kulit, Debra Jaliman, cuka apel dapat membantu menjaga kulit kepala terlindungi dari bakteri dan menjaga kadar pH tetap seimbang.

Selain itu, sifat anti-mikroba, anti-jamur, dan anti-ragi yang terdapat di dalam cuka apel, dapat membantu membersihkan bakteri dan organisme mikroskopis lainnya dari rambut serta kulit kepalamu.

Nggak hanya membersihkan residu dari produk dan kotoran, cuka apel juga membantu mencegah munculnya ketombe di kulit kepala. Kemampuan cuka apel yang juga dapat menghaluskan kutikula batang rambut dan membuatnya bersinar, membuat rambut tampak lebih sehat. Dengan kata lain, cuka apel sangat bagus digunakan untuk membilas rambutmu setelah keramas dan memberi conditioner. Cuka apel akan membantu rambutmu tampak lebih segar dan bersinar.

Baca juga: Jangan Wajah Saja, Yuk Lakukan Juga Scrub Pada Kulit Kepala!

Seiring dengan meningkatnya kesadaran akan manfaat besar dari cuka apel ini, memunculkan banyak produk perawatan rambut yang menjadikan cuka apel sebagai bahan aktif utamanya. Sebagaimana dilaporkan oleh Health.com, pencarian Wow Apple Cider Vinegar Shampoo meningkat sebesar 750%. Begitu pula What’s More, brand kondisioner yang pertumbuhannya meningkat lebih dari 5.000%. Selain dua merek ini, terdapat banyak merek lain yang juga menggunakan cuka apel sebagai bahan utamanya. Seperti Aveen, Luseta, Beauty and the Bees, Fekkai, Dance Hair, Natural Hair, dan John Masters Organics, yang memproduksi perawatan rambut seperti sampo, kondisioner, bilasan, dan perawatan rambut lainnya.

Nah, dengan kehadiran banyak produk berbahan cuka apel ini kamu dapat menikmati manfaat baiknya dengan lebih mudah. So, tunggu apalagi, Ladies. Selamat mencoba!

Sumber: allwomenstalk, womantalk

Comments