OUR NETWORK

‘Parasite’ Menjadi Film Asing Pertama yang Bawa Pulang Best Ensemble di SAG Awards 2020

'Parasite' Menjadi Film Asing Pertama yang Bawa Pulang Best Ensemble di SAG Awards 2020
Foto: NEON

Parasite kembali mencetak pretasi. Kali ini bukan sembarang prestasi. Film dari Korea Selatan tersebut membawa pulang penghargaan utama di 2020 Screen Actors Guild Awards. Tak hanya menjadi film asing pertama yang berhasil mendapatkan penghargaan Best Ensemble, film ini pun mengalahkan sederet box office lain.

Screen Actors Guild Awards tahun 2020 memberikan kejutan tak terduga di tahun ini. Parasite membawa pulang penghargaan utama Best Cast – Film. Mengalahkan sederet film box office lain yang menjadi nominasi seperti The IrishmanJojo RabbitBombshell dan Once Upon a Time… in Hollywood.

Pencapaian ini tentu saja hal yang luar biasa. Terutama Parasite menjadi film asing pertama yang meraih penghargaan bergengsi tersebut di SAG Awards 2020.

Berbicara melalui penerjemah, aktor Kang-Ho Song berterima kasih kepada penonton, menyebut kemenangan itu “sebuah kehormatan besar.”

“Meskipun judulnya adalah Parasite, ceritanya tentang koeksistensi dan bagaimana kita semua bisa hidup bersama,” katanya. “Tapi untuk merasa terhormat dengan penghargaan ansambel terbaik, terpikir olehku bahwa mungkin kita belum membuat film yang buruk.”

Ia melanjutkan bahwa ini adalah suatu kehormatan baginya. “Saya merasa sangat terhormat menerima penghargaan ini di depan begitu banyak aktor yang saya kagumi,” katanya. “Aku tidak akan pernah melupakan malam yang indah ini.”

'Parasite' Menjadi Film Asing Pertama yang Bawa Pulang Best Ensemble di SAG Awards 2020
Foto: Rich Fury/Getty Images

“Saya pikir film ini beresonansi dengan banyak orang. Karena saya pikir di masyarakat mana pun saat ini Anda memiliki yang kaya dan yang tidak memiliki. Anda memiliki mereka yang membutuhkan dan mereka yang kaya dan, setiap masyarakat di mana Anda memiliki kelompok-kelompok yang selalu ada bersama satu sama lain,” Song memberi tahu orang-orang di belakang panggung setelah kemenangan. “Saya pikir itu sebabnya film ini mendapat banyak simpati dari orang-orang di seluruh dunia.”

Baca juga: Film ‘Parasite’ Merajai Box Office Korea Selatan

“Aku agak malu merasa seperti kita adalah parasit Hollywood sekarang,” Lee Sun Gyun menambahkan kepada wartawan. “Semoga, dengan kesempatan ini dan dengan keberhasilan Parasite, berbagai industri di seluruh dunia dapat hidup berdampingan dan hidup bersama.”

“Untuk menambahkan itu, tahun lalu adalah peringatan seratus tahun sinema Korea,” Choi Woo-Shik menimpali. “Itu adalah tahun di mana kami masuk dan itulah sejarah yang kami buat. Tapi hari ini, kami baru saja membuat sejarah baru bahwa 20 tahun setelah Life is Beautiful, pemain asing memenangkan penghargaan besar ini. Saya pikir ketika kita berbicara sekarang, kita sedang membuat sejarah baru.”

Sutradara Bong Joon-Ho mengatakan kepada wartawan bahwa ia senang para cast-nya mendapat penghargaan dari sesama aktor.

“Memang benar bahwa momentum sedang dibangun [untuk Oscar], dan kami adalah bagian dari perlombaan penghargaan dan kampanye. Tetapi saya pikir hari ini yang benar-benar penting adalah bahwa para aktor ini diakui oleh teman sebaya, diakui sebagai pemain ansambel terbaik tahun ini. Dan itulah kegembiraan terbesar malam ini. Sehubungan dengan Oscar, siapa yang tahu. Tidak ada yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi.”

Sebelumnya Parasite juga mencetak rekor sebagai film berbahasa asing kedua yang mendapatkan nominasi di Screen Actors Guild Awards. Sebelumnya Life Is Beautifulfilm dari Italia meraih nominasi yang sama pada 1997.

Film tersebut mengikuti kisah keluarga miskin dan keluarga kaya saat mereka menjadi terjerat luar biasa. Dibintangi oleh Song Kang-ho, Cho Yeo-jeong, Park So-dam, Choi Woo-shik, Chang Hyae-Jin, Jung Hyeon-Jun, Jung Ziso, Lee Jung-eun, Lee Sun-kyun dan Park Myung-hoon.

Selamat, Parasite!

 

Sumber: people.com

Comments

Loading...