test
OUR NETWORK

Makanan yang Boleh dan Tidak Saat Ladies Mengalami Gangguan Vertigo

Vertigo adalah keadaan kurang menyenangkan yang membuat Ladies tidak mampu melakukan apa-apa karena merasa pusing, berputar-putar dan mual. Faktornya memang banyak, sebaiknya segera mendapatkan penanganan secara intensif ke dokter.

Namun, kalau rasa sakit ini datang secara tiba-tiba, tidak ada salahnya untuk melakukan sesuatu demi meredakannya. Bisa dengan konsumsi beberapa makanan agar kondisinya sedikit membaik.

Makanan yang Wajib dan Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Vertigo

Vertigo menjadi gangguan yang membuat kondisi tubuh merasa kurang nyaman, maka dari itu kalian perlu tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi dulu.
Sumber: Tribunhealth.com

Gangguan ini memang dapat mempengaruhi kinerja termasuk menurunkan kemampuan Ladies untuk bisa beraktivitas. Maka dari itu, sangat penting memahami menu apa saja yang boleh dan tidak dikonsumsi ketika gangguan ini terasa.

Hal ini sebagai upaya pencegahan sekaligus penanganan tahap awal agar kesakitannya bisa mereda. Setelah itu bisa langsung dibawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Berikut beberapa makanan dan mungkin minuman yang boleh dan jangan dikonsumsi saat terserang vertigo

Hindari Makanan Manis

Ketika vertigo, disarankan untuk tidak menikmati menu makanan manis terlebih dulu. Fluktuasi gula darah yang besar dapat menyebabkan gejala seperti pusing dan lemah, yang dapat memperburuk rasa vertigo.

Konsumsi gula berlebihan dapat mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh, yang pada gilirannya dapat memengaruhi keseimbangan dan fungsi telinga dalam yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan.

Coba Konsumsi Nanas

Vertigo menjadi gangguan yang membuat kondisi tubuh merasa kurang nyaman, maka dari itu kalian perlu tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi dulu.
Sumber: alodokter.com

Konsumsi nanas dianggap baik saat mengalami vertigo karena buah ini mengandung enzim bromelain, yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bromelain dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan yang mungkin terjadi di dalam telinga dalam, yang dapat menjadi penyebab vertigo.

Selain itu, nanas juga mengandung vitamin C dan beberapa mineral yang penting untuk kesehatan sistem saraf dan keseimbangan cairan dalam tubuh, yang dapat membantu mengurangi gejala vertigo. Namun, penting untuk diingat bahwa efek nanas terhadap vertigo mungkin bervariasi antar individu, dan tidak semua orang akan merasakan manfaatnya.

Coba Konsumsi Ikan dan Kerang

Konsumsi ikan dan kerang dapat bermanfaat bagi orang yang mengalami vertigo karena keduanya merupakan sumber yang kaya akan nutrisi penting, terutama omega-3 dan selenium.

Asam lemak omega-3, terutama DHA (asam dokosaheksaenoat) dan EPA (asam eikosapentaenoat), ditemukan dalam jumlah tinggi dalam ikan seperti salmon, tuna, sarden, dan makarel. Omega-3 telah terbukti memiliki efek antiinflamasi dan dapat membantu mengurangi peradangan dalam telinga dalam, yang dapat berkontribusi pada vertigo.

Selain itu, omega-3 juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke telinga dalam, yang dapat membantu dalam mengatasi gejala vertigo. Selain itu, kerang adalah sumber yang kaya akan selenium, mineral esensial yang berperan penting dalam mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi sistem saraf.

Coba Konsumsi Telur

Vertigo menjadi gangguan yang membuat kondisi tubuh merasa kurang nyaman, maka dari itu kalian perlu tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi dulu.
Sumber: Alodokter.com

Makanan selanjutnya yang disarankan adalah telur, mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein, vitamin B12, riboflavin (vitamin B2), selenium, fosfor, dan zat besi. Nutrisi ini dapat membantu tubuh dalam proses pemulihan dari kondisi yang menyebabkan vertigo.

Telur juga merupakan sumber kolin, nutrisi yang penting untuk fungsi otak dan sistem saraf. Sebagian penelitian menunjukkan bahwa asupan kolin yang cukup dapat berperan dalam menjaga kesehatan otak dan sistem keseimbangan tubuh, yang mungkin dapat membantu mengurangi gejala vertigo.

Hindari Kafein Dulu

Kafein bisa mempengaruhi sirkulasi dan tekanan darah, yang dapat memperburuk gejala vertigo pada beberapa orang. Selain itu, minuman seperti ini juga bisa menyebabkan dehidrasi, yang dapat memperburuk kondisi penderita karena dehidrasi dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh.

Beberapa orang juga mengalami bahwa kafein bisa memicu atau meningkatkan rasa mual, yang seringkali menyertai vertigo. Oleh karena itu, dalam kasus vertigo, dokter biasanya menyarankan untuk menghindari atau membatasi konsumsi kafein untuk membantu mengurangi gejala yang mungkin dialami.

Kondisi Vertigo memang tidak menyenangkan sama sekali. Rasanya seperti sulit melakukan apa-apa dan tidak berdaya, dengan beberapa tips di atas setidaknya mampu mengurangi atau tidak membuatnya menjadi parah.

Must Read

Related Articles