OUR NETWORK

Film Korea ‘Parasite’ Memenangkan Palme d’Or Festival Film Cannes 2019

Film Korea ‘Parasite’ Memenangkan Palme d’Or Festival Film Cannes 2019
Foto: hypebeast.com

Sabtu (25/5/2019), film Korea Selatan bertajuk Parasite didapuk menjadi yang terbaik di penutupan Festival Film Cannes 2019. Ini merupakan karya besutan sutradara kondang Korsel, Bong Joon Ho. Kemengangan film bergenre thriller sekaligus menjadi sejarah film Korea Selatan pertama yang meraih penghargaan tertinggi di Festival Film Cannes yang disebut dengan Palme d’Or.

Nama sutradara Bong Joon-ho sendiri sudah cukup kondang di Korea Selatan sebagai salah satu yang kerap menelurkan film yang apik. Karya-karya lainnya yang juga pantas untuk jadi tontonan akhir pekan adalah The Host, Okja, sampai dengan Snowpiercer.

Baca juga: Elle Fanning Jadi Juri Termuda di Festival Film Cannes 2019

Didapuk menerima Palme d’Or, Parasite bersaing ketat dengan banyak film dunia.

Sebut saja, film Young Ahmed besutan Jean-Pierre dan Luc Dardenne serta Pain & Glory garapan dari Pedro Alomodovar. Menerima penghargaan bergengsi ini, membuat para penonton tak sabar menantikan film satu ini. Di Korea Selatan sendiri, film ini akan segera tayang pada 30 Mei 2019 ini.

Film Parasite menceritakan keluarga miskin Ki Taek yang tinggal di sebuah ruang bawah tanah yang kumuh. Keluarga ini mengalami banyak kemalangan setelah putra mereka bekerja di keluarga kaya. Dikemas dengan sangat baik dengan adegan-adegan yang menegangkan, film satu ini memang pantas sekali untuk dinanti-nanti oleh para pecinta film.

Film Korea ‘Parasite’ Memenangkan Palme d’Or Festival Film Cannes 2019
Foto: festival-cannes.com

Tidak hanya Bong Joon-ho saja yang pertama memenangkan penghargaan bergengsi ini. Ada juga seorang sutradara perempuan kulit hitam pertama yang meraih penghargaan Grand Prix. Adalah Mati Diop, sutradara perempuan blastrean Prancis-Senegal yang menang dengan film Atlantics dengan drama imigran muda dan dunia lewat perpolitikan.

Sementara itu, sutradara bersaudara asal Belgia Jean-Pierrse dan Luc Dardenne berhasil menyabet Best Director untuk film mereka yang berjudul Young Ahmed. Sementara itu Best Actor dimenangkan oleh Antonio Banderas yang melakukan peran apiknya di Pain & Glory.

Buat kamu penggemar film Korea dan juga penyuka film thriller, film Parasite ini sepertinya pantas sekali untuk dinantikan, bukan? Semoga tayang di bioskop Indonesia juga yah.

 

Sumber: BBC, The Guardian

Comments