OUR NETWORK

Tips Menghemat Budget Saat Musim Pernikahan Tiba

Tips Menghemat Budget Saat Musim Pernikahan Tiba
Foto: elitedaily.com

Pada bulan-bulan tertentu, apalagi berkaitan dengan tanggal yang cantik, akan ada banyak orang yang mengadakan pernikahan. Kamu, sebagai salah satu orang terdekat dari teman-temanmu tersebut, akhirnya mendapatkan banyak undangan hingga tak jarang kelimpungan sendiri. Lokasi pernikahan yang jauh, hadiah pernikahan yang cukup banyak untuk disiapkan, dan lainnya, tak hanya menguras energi tetapi juga isi dompetmu, Ladies. Tentunya, kamu tidak ingin hari bahagia teman kesayanganmu berubah menjadi hari terburuk bagi keuanganmu, bukan? So, dilansir dari All Women’s Talk, berikut ini ada tips and trick terbaik untuk tetap hemat di musim pernikahan yang bisa kamu aplikasikan, Ladies.

1. Tidak menunda mempersiapkan wedding gift

Banyak teman-temanmu kemudian mengirimkan undangan pernikahan mereka kepadamu dalam berbagai bentuk, ada yang secara fisik maupun link online. Nah, alih-alih kamu menunda membeli kado saat mendekati hari pernikahan mereka yang bisa jadi berdekatan, ada baiknya kamu mencicil membelinya satu per satu, Ladies. Selain kamu bisa mempertimbangkan jenis barang yang dibutuhkan masing-masing pasangan, kamu juga bisa survey dahulu harganya dan memilih yang paling terjangkau dengan budget. So, isi dompetmu tidak akan tiba-tiba hilang seluruhnya, Ladies, hihi.

2. Berpikir kreatif

Setelah menyiapkan hadiah utama, tak jarang kamu ingin memberikan hadiah mini untuk teman kesayanganmu bersama pasangannya. Alih-alih memberikan hadiah yang mahal, pada hadiah mini ini sebaiknya sesuatu yang membuat mereka menciptakan momen yang spesial dengan menggunakannya. Seperti misalnya, belikan sebotol wine baru, yang tentunya dibandrol dengan harga murah, berilah kemasan yang cantik dengan pita dan catatan untuk diminum ketika sudah tua dan matang untuk merayakan ulang tahun pernikahan yang ke sekian tahun. Well, hadiah yang tetap sentimental, bukan?

Tips Menghemat Budget Saat Musim Pernikahan Tiba
Foto: wisebread.com

3. Dapatkan tiket transportasi murah

Bila kamu harus menghadiri pernikahan teman kesayanganmu yang berada di luar negeri, biasanya kamu akan membutuhkan banyak perencanaan. Tentunya, undangan ini akan datang jauh-jauh hari sebelum hari-H. Sejak datang undangan ini, segeralah bergerak mencari harga penerbangan dengan harga yang paling sesuai dengan budget. Buat survey di segala pelayanan penerbangan, begitu menemukan harga yang tepat, segera pesan, sebelum harga penerbangan tersebut naik kembali dan membuatmu kesulitan untuk menghadiri pernikahan temanmu.

4. Bernegosiasi dengan pilihan penginapan

Selain tiket penerbangan, akomodasi menjadi hal yang perlu diperhatikan berikutnya ketika menghadiri pernikahan teman di luar negeri. Alih-alih memesan kamar hotel yang mahal, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memesan hotel secara online yang sesuai dengan budget dan kenyamananmu, serta mempertimbangkan untuk berbagi kamar dengan wisatawan lain. Selain bisa menghadiri pernikahan teman, kamu juga bisa bertemu orang baru sekaligus menghemat budget, Ladies.

Baca juga: Sedang Mempersiapkan Pernikahan? Inilah Tips Memilih Wedding Organizer yang Tepat

5. Mix and match pakaian undangan pernikahan

Biasanya, kebanyakan orang akan menggunakan pakaian yang berbeda pada setiap undangan pernikahan. Namun, bagaimana jika kamu mendapatkan banyak undangan dengan tanggal yang berdekatan? Jika menggunakan baju yang sama, tentunya akan aneh saat didokumentasikan terlihat kamu memakai baju yang sama di semua pernikahan. Tapi, membeli banyak baju untuk setiap undangan, bukan pula langkah yang baik untuk menghemat pengeluaranmu, Ladies. So, alih-alih membeli satu pakaian khusus hanya untuk satu undangan, belilah pakaian dasar yang bisa kamu mix and match dengan pakaian yang telah kamu miliki. Langkah ini akan membuatmu seakan-akan memakai baju yang berbeda di setiap undangan.

Tips Menghemat Budget Saat Musim Pernikahan Tiba
Foto: bussinessinsider.com

6. Ciptakan kreasi dengan pakaian bridesmaid

Kebanyakan pakaian bridesmaids tidak pernah terpakai lagi setelah pernikahan itu selesai. Tentunya hal ini sangat disayangkan, bukan? So, bila kamu memperoleh kain untuk membuat seragam bridesmaids, buatlah desain pakaian yang dapat kamu gunakan dalam segala acara, tidak hanya pernikahan, tetapi acara formal lainnya. Alangkah lebih baik bila dibuat dalam dua pieces yang keduanya bisa di mix and match dengan pakaian lainnya. Dengan begini, umur pakaian bridesmaidsmu jadi lebih panjang, bukan?

7. Jangan ragu lakukan penjelajahan

Nah, satu lagi hal yang dapat kamu manfaatkan ketika menghadiri pernikahan temanmu di tempat yang jauh ialah merencanakan trip, Ladies. Yup, mumpung kamu sudah mengeluarkan ongkos untuk pergi ke suatu negara, tidak ada salahnya untuk menjelajah sebentar di negara tersebut. Agar budget tetap terkendali dan perjalanan tetap terasa menyenangkan, alih-alih solo traveling, cobalah mengatur transportasi secara berkelompok. Kelola penyewaan transportasi, bahan bakar, dan hitung rinci jarak serta biaya yang diperlukan selama perjalanan. Dengan begini, pengeluaran tetap terkendali di tengah menikmati penjelajahan. Kabar yang baik, bukan?

Nah, dengan menjalankan beberapa tips pada ulasan di atas, kamu tidak perlu khawatir mengalami kebangkrutan ketika musim pernikahan tiba. Alih-alih merugi, kamu justru bisa memanfaatkan momen bahagia temanmu ini untuk memperoleh kesenangan dengan perjalanan yang seru dan terjangkau untukmu sendiri. So, selamat mencoba, Ladies!

 

 

Sumber: All Women’s Talk

Comments

Loading...