OUR NETWORK
From Korea With Love Concert

Tips Mudah Membuat Rumah Senantiasa Memiliki Aroma Harum

Memiliki rumah yang setiap hari memiliki aroma yang sedap dan harum sangat menyenangkan ya. Namun memang karena berbagai aktivitas yang dilakukan di rumah, seperti memasak, belum membuang sampah yang menumpuk, membuat aroma jadi kurang sedap. Apalagi sekarang ini banyak sekali orang yang melakukan work from home, jika tidak diurus dengan baik, rumah tidak akan nyaman untuk ditinggali.

Nah, bagi kamu yang menginginkan rumah, atau setidaknya bagian kamar selalu harum. Ada banyak tips yang bisa kamu lakukan lho. Apa saja?

Bersihkan Karpet dari Kotoran dan Serangga

Tips Mudah Membuat Rumah Senantiasa Memiliki Aroma Harum
Foto: dogtas.com

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membersihkan karpet dari kotoran dan juga serangga. Jika kotoran di karpet terlalu kotor, bisa menggunakan jasa laundry. Namun jika masih bisa dibersihkan sendiri tidak masalah. Bersihkan karpet, apalagi yang terkena tumpahan makanan atau minuman.

Bubuhkan soda kue ke bagian karpet yang kotor atau seluruhnya. Diamkan selama beberapa jam, lalu bersihkan dengan bantuan penyedot debu. Ini bisa dilakukan untuk tempat tidur, baik untuk diri sendiri atau hewan peliharaan.

Bersihkan Tempat Sampah

Karena memang seringkali banyak hal yang perlu dikerjakan, tempat sampah tidak dibuang. Jadinya menggunung dan menyebabkan aroma tidak sedap merebak ke semua bagian rumah. Maka dari itulah, bersihkan semua spot yang ada tempat sampahnya di rumah. Semprotkan desinfektan, karbol atau apa untuk membersihkan tempat sampah. Untuk menghilangkan aromanya, isa menggunakan kulit jeruk nipis.

Nyalakan Lilin Beraroma

Tips Mudah Membuat Rumah Senantiasa Memiliki Aroma Harum
Foto: freepik.com

Tips lain yang bisa kamu lakukan adalah menyalakan lilin aroma yang sesuai dengan favorit masing-masing. Nah, untuk lebih efektif lagi letakkan lilin, tanpa perlu dinyalakan, ke berbagai tempat yang sekiranya mengundang baru. Misalnya saja di dalam lemari, sudut kamar, dan lain-lain.

Baca juga: 4 Tips Beberes Rumah yang Tidak Perlu Dilakukan Menurut Para Pakar

Rebus Bahan Herbal atau Buah

Rhobin DelaCruz, seorang desain interior menyebutkan ada tips lain untuk membuat seisi rumah jadi harum. Rebuslah bahan-bahan herbal atau rempah, bisa juga buah-buahan seperti irisan jeruk. Bahan-bahan herbal yang disarankan antara lain lavender, mint, dan lain sebagainya. Nah, panas dari rebusan tersebut akan mudah menyebar ke seluruh area rumah.

Masukkan Beberapa Tanaman Hias ke Dalam Rumah

Tips Mudah Membuat Rumah Senantiasa Memiliki Aroma Harum
Foto: lushome.com

Selain bisa mempercantik ruangan, tanaman hias juga mampu menyerap aroma karbondioksida. Udara jadi lebih sejuk. Apalagi yang dipilih tanaman hias yang memiliki aroma semerbak, seperti halnya melati, mawar, dan lain sebagainya. Namun perlu perawatan yang ekstra ya. Jangan malah membuatnya mati.

Buka Jendela atau Ventilasi Udara Lalu Semprotkan Wewangian

Tips lainnya adalah ganti udara di dalam ruangan dengan membuka ventilasi udara. Kemudian jika sudah, semprotkan berbagai wangian yang diinginkan. Gampang sekali, bukan?

Itulah cara-cara atau tips mudah membuat rumah atau ruangan tetap memiliki aroma yang menyegarkan. Jangan malas membersihkan dan merawat rumah ya.

 

 

Sumber: Good Housekeeping

Must Read

Related Articles