OUR NETWORK

Apa Itu Maskne dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

Apa Itu Maskne dan Bagaimana Cara Mencegahnya?
Foto: health.clevelandandclinic.org

Sejak pandemi corona ini, muncul berbagai istilah baru, bahkan dalam kecantikan pun juga. Salah satunya yang cukup menarik perhatian adalah istilah “maskne” yang membuat banyak orang bertanya-tanya. Sebenarnya apakah itu maskne dan bagaimana cara mencegahnya supaya kita bisa terhindar? Yuk, ikuti ulasan lebih mendalam seperti berikut ini.

Penjelasan Istilah Maskne

Apa Itu Maskne dan Bagaimana Cara Mencegahnya?
Foto: nypost.com

Maskne atau singkatan dari mask acne merupakan munculnya jerawat yang disebabkan oleh penggunaan masker. Area yang ditutupi masker seperti halnya pipi bagian bawah, hidung, dan juga dagung sangat rentan sekali terkena maskne. Berdasarkan penjelasan dari Dr. Mona Gohara, Profesor Dermatologi Klinis Asosiasi di Yale School of Medicine, masker acne ini benar-benar ada. Bahkan Dr. Mona Gohara mengalami sendiri yang namanya maskne akibat penggunaan masker 3 lapis KN95 yang mirip dengan N95.

Bahkan berdasarkan sebuah penelitian terbaru yang diunggah di Journal of the American Academy of Dermatology, dilaporkan setidaknya 83 persen praktisi kesehatan yang bekerja di Hubei, China mengalanan masalah kulit di bagian wajah. Tidak hanya tenaga kesehatan saja, dokter juga melaporkan adanya peningkatan jerawat pada masyarakat umum.

Dilansir dari BBC.com, penyebab maskne ini menurut Angelina Yong, seorang spesialis kulit yang berbasis di Singapura menyebutkan jika sebenarnya penyebabnya adalah gesekan terus menerus yang terjadi antara kulit dan masker yang menimbulkan luka kecil. Akibatnya, bakteri dan kotoran tersebut mudah masuk ke dalam pori-pori akibat luka kecil tersebut.

Cara Mencegah Maskne

Apa Itu Maskne dan Bagaimana Cara Mencegahnya?
Foto: klikdokter.com

Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mencegah munculnya maskne. Berikut ini beberapa caranya.

1. Perhatikan Masker yang Kamu Kenakan

Karena penyebab utamanya adalah masker, perhatikannya bahan pembuatnya. Para ahli kulit menyarankan untuk menggunakan masker dengan 100 persen bahan yang terbuat dari kapas. Bahan tersebut akan membuat kulit bisa bernapas dan lebih lembut saat terjadi gesekan ke kulit. Selain itu, apabila memakai masker saat berkeringat selalu jaga kebersihan dari masker yang dipakai.

Dr. Candrice Heath, asisten profesor dermatology di Lewis Katz School of Medicine di Temple University menyarankan untuk sering mencuci masker yang dikenakan. Supaya minyak dan kotoran tidak berpindah ke wajah saat kamu menggunakannya kembali.

2. Sederhanakan Rangkaian Skincare

Dengan tujuan membuat kulit tetap sehat dan cantik, para wanita rela melakukan berbagai rangkaian skincare yang rumit. Sebenarnya ini tidak masalah jika tidak kondisi seperti sekarang ini. Namun, karena sekarang kondisinya berbeda, menuntut untuk banyak menggunakan masker, usahakan untuk menggunakan skincare secukupnya saja. Jika memungkinkan pangkas produk-produk yang tidak terlalu dibutuhkan.

3. Melakukan Puasa Skincare

Jika tidak terlalu penting, ada baiknya untuk mengurangi penggunaan makeup saat memakai masker. Jika keluar rumah, menggunakan moisturizer dan sunscreen saja sudah cukup. Jika berkeringat saat mengenakan masker, segera bersihkan dengan micellar water atau pembersih yang lembut. Mencuci muka dengan air dalam jangka waktu yang sering akan membuat wajah jadi kering, dan ini malah akan menjadi penyebab munculnya jerawat. Alternatif lainnya, setelah mencuci muka selalu gunakan moisturizer.

Hati-hati ya saat melakukan pembersihan wajah, jangan sampai kulit mengalami iritasi. Selalu perhatikan juga produk-produk yang akan yang digunakan.

 

Sumber: NY Times, BBC

Comments

Loading...