OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Tanaman Multifungsi, Begini Ragam Tips Penggunaan Mint untuk Segarkan Rumah

Ladies, apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar tanaman mint? Yup, benar, tanaman mint banyak digunakan untuk beragam hal, seperti aromaterapi, minuman, sampo, skincare, dan lainnya. Tak hanya itu, tanaman yang satu ini sangat multifungsi untuk keperluan rumah tangga, loh, seperti pada ulasan berikut.

Pembersih rumah DIY

Mint memiliki aroma yang segar dan bersih sehingga mampu menyegarkan ruangan. Tapi tak hanya itu, tanaman ini juga merupakan pestisida alami, loh! Cobalah tambahkan beberapa tetes mint essential oil ke dalam pembersih buatan sendiri atau pembersih tanpa pewangi yang dibeli di toko. Buat kamu yang ingin membersihkan lantai kayu, beton, atau ubin, kamu bisa mencoba resep campuran secangkir cuka putih dengan satu gallon air, di tambah tiga hingga lima tetes mint essential oil untuk memperoleh aroma yang segar. Resep dari Mother Earth Living ini akan menjadikan tiap ruang rumahmu segar dan bersih, Ladies.

Aromatic therapy

Campurkan mint essential oil ke dalam essential oil diffuser untuk menjadikan tanaman ini sebagai aromaterapi. Tak hanya memperindah, aromanya juga akan menyegarkan ruanganmu dengan cepat. Kabar baiknya lagi, tubuhmu saat di ruangan tersebut secara bersamaan juga akan memperoleh manfaat dari tanaman ini, loh! Mint sebagai aromaterapi memiliki beragam kemampuan, seperti menghilangkan stres, membantu relaksasi otot tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meringankan sakit kepala.

Tanaman Multifungsi, Begini Ragam Tips Penggunaan Mint untuk Segarkan Rumah
Sumber: healthline.com

Pengusir Semut

Menyebalkan bukan melihat kerumunan semut di sejumlah area rumahmu. Untuk mengatasinya, buatlah campuran mint essential oil dengan air secukupnya. Lalu semprotkan di sejumlah area rumah sebagai pengusir semut. Kemampuannya dapat berfungsi efektif selama seminggu, sebelum penyemprotan lanjutan. Tapi, hati-hati ya Ladies, jangan lakukan ini di area di mana hewan peliharaanmu berada.

Dekorasi

Bentuk daun mint yang cantik akan terlihat bagus untuk dipajang di sejumlah area di rumahmu. Di tambah lagi, daun mint juga merupakan rempah yang baik bagi masakan. So, memiliki tanaman ini di sekitarmu, bukan ide yang buruk, bukan?

Pengharum ruangan

Sebagaimana yang kamu tahu, aroma tanaman yang satu ini sangat segar dan ringan. Tentu menjadikannya pengharum ruangan merupakan ide yang bagus. Alih-alih mencari produk di sejumlah toko, kamu bisa kok membuatnya sendiri. Caranya, campurkan 10 tetes peppermint essential oil, lima tetes lemon essential oil, lima tetes orange essential oil, dan dua sendok makan orange flower water. Lalu, semprotkan dan voila ruanganmu langsung menjadi segar. Tapi, hindari menggunakan mint sebagai pengharum ruangan bila kamu memiliki hewan peliharaan di rumah, ya.

Baca juga: Tips Mudah Membuat Ruagan Senantiasa Memiliki Aroma Harum

Sebagai pemberi aroma segar di bawah tong sampah

Tambahkan sedikit peppermint essential oil ke tempat sampahmu. Ini akan memberikan efek yang serupa seperti menggunakan kantong sampah beraroma mint. Tapi tidak langsung tetes begitu saja, ya Ladies. Gunakan kapas yang sudah dituangkan peppermint essential oil, letakkan di bawah kantong sampah untuk membantu menutupi bau yang dikeluarkannya.

Di samping untuk keperluan rumah, tanaman berdaun hijau nan mungil ini juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Jadi, buat kamu yang telah memiliki tanaman ini, yuk segera manfaatkan kemampuannya untuk kebutuhan hidupmu. Buat kamu yang belum memilikinya, belum terlambat kok untuk menjadikannya sahabat terbaik di rumahmu.

Sumber: Apartment Therapy

Must Read

Related Articles