OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

List Lengkap Essential Oil Untuk Anxiety dan Depresi

Essential oil sudah dikenal baik dapat membantu meditasi dengan meningkatkan perasaan rileks dan rasa tenang di diri. Karena itu essential oil juga bisa dipakai untuk membantu mengurangi anxiety dan depresi. Berikut essential oil yang direkomendasikan untuk anxiety dan depresi ya, Ladies!

1. Bergamot

Essential oil ini diekstrak dari kulit buah citrus. Bergamot memiliki aroma yang menenangkan, meningkatkan mood dan membantu mengurangi susah tidur.

2. Chamomile

Tidak hanya untuk diminum sebagai herbal tea, chamomile juga bermanfaat dalam bentuk essential oil. Chamomile memiliki manfaat membantu menurunkan stress, mengurangi gejala depresi dan anxiety karena efek relaksasinya tersebut. 

3. Clary sage

List Lengkap Essential Oil Untuk Anxiety dan Depresi
Foto: panax-med.gr

Herbal satu ini dipercaya memiliki kekuatan magis dan banyak terdapat di dalam ramuan jaman dahulu. Clary sage memiliki wangi mirip kacang-kacangan dan sering digunakan untuk menurunkan depresi.

4. Frankincense

Essential oil Frankincense sering dipakai dalam meditasi karena efeknya yang membuat rileks dan earthy aroma yang membuat kita dekat dengan alam.

5. Lavender

Herbal satu ini terkenal banget dan pasti pernah kamu lihat dimana-mana entah itu produk sabun, lotion, parfum, dan tentunya essential oil. Lavender populer karena efeknya yang membuat rileks, mengurangi anxiety dan menambah nyenyak tidur di malam hari. Lavender juga berfungsi dengan baik bagi orang dewasa dan juga anak-anak.

6. Lemon

Biasanya lemon dikenal sebagai salah satu bahan membersihkan rumah ya, Ladies. Nah aroma lemon juga terbukti meningkatkan mood dan membantu mengurangi gejala social anxiety.

7. Neroli

List Lengkap Essential Oil Untuk Anxiety dan Depresi
Foto: airscent.com

Neroli oil terkenal dapat menstabilkan mood dan mengurangi stress.

8. Rose

Rose oil terutama dari Rosa centifolia L. dan Rosa damascena Mill diketahui membantu meningkatkan kualitas tidur dengan meningkatkan perasaan tenang dan rileks.

9. Sandalwood

Sandalwood atau kayu cendana oil juga banyak dipakai dalam meditasi karena meningkatkan perasaan tenang dan harmonis di tubuh.

10. Sweet marjoram

Tidak hanya memberikan efek relaksasi dan tenang, sweet marjoram juga mengurangi rasa lelah dan gejala depresi.

11. Ylang ylang

List Lengkap Essential Oil Untuk Anxiety dan Depresi
Foto: canstockphoto.com

Herbal berbentuk bunga ini memiliki efek menenangkan, meningkatkan modd, juga mengurangi perasaan negatif.

Cara aman memakai essential oil

Secara umum, essential oil aman dipakai sehari-hari. Namun agar lebih aman, kamu bisa mengikuti tips berikut ini, Ladies:

  1. Gunakan diffuser agar essential oil terdistribusi dengan baik di ruangan kamu. Gunakan selama 30 – 60 menit diikuti dengan 30 menit istirahat.
  2. Jangan pernah diminum! Essential oil digunakan dengan cara dihirup, bukannya diminum langsung. 
  3. Perhatikan reaksi yang terjadi. Jika terjadi reaksi alergi pada kulit kamu, segera hentikan pemakaian.
  4. Baca label baik-baik. 

Selain itu anak-anak dan ibu mengandung harus ekstra hati-hati saat menggunakan essential oil. Konsultasikan dulu ke dokter sebelum memakai essential oil ya agar lebih amannya. Selamat mencoba, Ladies!

 

Sumber: US News

Must Read

Related Articles