OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Rambut Rontok? Coba Gunakan Essential Oil dari Rosemary untuk Mengatasinya

Rambut yang rontok kerap menjadi masalah yang mengganggu. Beberapa masalah kesehatan bisa menjadi penyebabnya, seperti stress, hingga kekurangan zat besi dan protein. Untuk mengatasinya, sudah coba gunakan minyak esensial?

Essential oil adalah ekstrak dari sebuah jenis tumbuhan tertentu dalam bentuk minyak alami. Biasanya, minyak ekstrak ini diperoleh dari buah-buahan, daun, batang, bunga hingga akar sebuah tanaman.

Secara umum, minyak esensial bisa membantu mengatasi beragam masalah rambut. Untuk rambut yang lepek, misalnya, kamu bisa coba minyak peppermint. Gunakan tea tree oil agar ketombe di kulit kepalamu hilang. Adapun untuk rambut bercabang, coba gunakan minyak mawar.

Sementara minyak lemon disebut cocok untuk mengatasi kulit kepala yang kering serta mengelupas. Jika rambutmu terlampau tipis, maka minyak lavender bisa menjadi jalan keluar. Dan untuk kamu yang rambutnya sering rontok, yuk coba gunakan minyak rosemary sebagai solusi.

Rosemary untuk Perawatan Rambut Rontok

Rambut Rontok? Coba Gunakan Essential Oil dari Rosemary untuk Mengatasinya
Foto: Pixabay/Martin Slavoljubovski

Bagaimana minyak esensial rosemary dapat bermanfaat bagi rambut? Berdasarkan berbagai studi, ekstrak rosemary sanggup memperbaiki sel sehingga dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Selain itu, rambut bahkan bisa jadi lebih tebal dan indah jika kamu rutin menggunakan rosemary.

Tak banyak yang tahu bahwa rosemary mampu meningkatkan suplai darah pada kulit kepala. Rosemary juga dapat membantu proses pemulihan jaringan kulit kepala lebih cepat dari biasanya.

Baca juga: Fakta di Balik Mitos Rambut Rontok Menurut Dermatologis

Untuk hasil nyata, campurkan 3-5 tetes minyak esensial rosemary dengan minyak kelapa atau zaitun. Kemudian oleskan merata ke kulit kepala dan rambut. Diamkan sekitar 10 menit kemudian keramas dan bilas seperti biasa.

Opsi lainnya, kamu juga bisa mencampurkan minyak esensial rosemary langsung ke dalam shampo atau conditioner yang biasa digunakan. Namun kunci utamanya adalah konsistensi. Gunakan sebanyak 2-3 kali seminggu dan buktikan sendiri khasiatnya.

Meski begitu, perhatikan, Ladies. Penggunaan minyak esensial rosemary tidak dianjurkan bagi mereka yang hidup dengan epilepsi. Selain itu, jangan juga gunakan essential oil rosemary pada bayi atau anak yang umurnya masih di bawah lima tahun. Sebaiknya, biarkan saja rambut mereka tumbuh secara alami dengan sendirinya.

 

 

Sumber: Well and Good

Must Read

Related Articles