OUR NETWORK

Tingkatkan Mood dan Produktivitas dengan Rekomendasi Essential Oil Terbaik Berikut Ini

Tingkatkan Mood dan Produktivitas dengan Rekomendasi Essential Oil Terbaik Berikut Ini
Foto: planttherapy.com

Alih-alih menjadi ringan, pengalihan dari work from office (WFO) menjadi work from home (WFH) seringkali justru memberikan beban dan stres lebih tinggi daripada sebelumnya. Alhasil, meski kamu berada di rumah, kamu merasa energimu sangat terkuras lebih dari biasanya hingga tubuh lemas dan mood berantakan. Well, bila kamu sudah berada dalam situasi tersebut, ini saatnya kamu mulai menyapa teman baik bernama essential oil.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa wewangian yang keluar dari essential oil mampu memperbaiki mood-mu dalam sekejap. Misalnya, aroma citrus yang tidak pernah gagal memberi kesegaran segera setelah menciumnya. Tapi ternyata, selain aroma yang telah beredar saat ini, ada beberapa aroma terbaik yang memiliki efek luar biasa tapi kurang dikenal, loh! Penasaran, kan, apa saja aroma yang dimaksud? So, simak ulasan berikut ini, yuk!

Tingkatkan Mood dan Produktivitas dengan Rekomendasi Essential Oil Terbaik Berikut Ini
Foto: healthline.com

1. Citrus oils

Essential oil pertama yang tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam meningkatkan mood ialah aroma citrus. Penulis, guru, sekaligus pendiri sekolah aromaterapi pertama di New York, Medvedich dan Amy Galper, menyatakan bahwa citrus oil mengandung senyawa aktif yang dinilai mampu meningkatkan energi, membersihkan, mendetoksifikasi, dan menyegarkan tubuhmu saat menghirupnya. Ada tiga pilihan citrus oil yang direkomendasikan, diantaranya sweet orange, bergamot, dan  jeruk bali. Tak hanya mood, aroma ketiga buah ini juga dapat membantu menyeimbangkan pencernaan dan meredakan ketegangan saraf. Khususnya paduan sweet orange dan grapefruit essential oil bersama lemon, dapat mengurangi kecemasan karena kandungan limonene yang tinggi di dalamnya.

Baca juga: Segarkan Tubuh dan Pikiran dengan DIY Sabun Beraroma Jeruk

Senada dengan Medvedich, Galper berpendapat bahwa essential oil ini dapat bekerja dengan lebih efektif ketika dipadukan dengan produk perawatanmu. Misalnya, dengan menambahkannya pada unscented skin care bases, seperti sabun cair tanpa pewangi. Penting untuk memastikan essential oil tercampur dengan produk skincare yang melembabkan jika kamu ingin mengaplikasikannya pada kulit. Hal ini dikarenakan, senyawa aktif pada essential oil dapat menyebabkan kulit lebih sensitif di bawah matahari. So, berhati-hati, ya Ladies!

2. Palmarosa

Selain dapat membantu membuat tidur lebih nyenyak dan menyeimbangkan mood, ternyata palmarosa juga memiliki efek menenangkan dan membangkitkan semangat yang baik untuk jantung dan pikiranmu, loh! Untuk memperoleh efek ini, Levine menyarankanmu untuk mengoleskannya pada kulit secara merata setelah dicampur dengan produk skincare atau memasukkannya dalam diffuser.

3. Peppermint

Yuhuu, siapa yang tidak tahu aroma peppermint? Salah satu aroma terfavorit ini sangat efektif dalam menyegarkan dan membersihkan tubuhmu. Menurut Panton, aroma ini dapat membuatmu segar dan fokus kembali saat di sore hari setelah bekerja keras dari pagi hingga siang. Pada penggunaannya, selain dipadukan dengan skincare, essential oil peppermint sangat baik digunakan dalam diffuser atau ditambahkan pada carrier oil yang kemudian kamu aplikasikan menggunakan roller ball.

Tingkatkan Mood dan Produktivitas dengan Rekomendasi Essential Oil Terbaik Berikut Ini
Foto: medicalnewstoday.com

4. Coriander (ketumbar)

Seperti peppermint, ketumbar juga memiliki aroma yang menyegarkan. Aroma yang sangat disarankan untuk kamu yang ingin meningkatkan mood. Aroma yang segar dianggap dapat menjernihkan pikiran dan perasaanmu, seperti perasaan ragu, lelah, dan sensitif. Kamu bisa menggunakannya dengan cara mencampurkan essential oil ini dengan produk skincare lain atau menggunakan diffuser.

5. Black Spruce

Sejak zaman dahulu, black spruce atau pohon cemara hitam sering digunakan dalam ritual meditasi. Hal ini dikarenakan black spruce dapat merangsang efek segar dan termotivasi dari dalam tubuh. Alhasil, ketika dijadikan essential oil, aroma ini dapat membuat tubuhmu yang lesu kembali menjadi segar dan membantu memicu produktivitasmu pada sisa hari.

6. Balsam Fir

Tidak hanya meningkatkan mood, aroma dari essential oil yang satu ini juga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan pada dirimu, loh! Dengan menghirup aroma atau mengoleskannya secara topikal, ia juga dapat membantu meredakan hidung tersumbat dan sakit kepala yang kamu alami, Ladies. Wow, cukup multifungsi, bukan?

Dari ulasan di atas, dapat dikatakan bahwa untuk memicu peningkatan mood, para ahli cenderung merekomendasikan essential oil yang cenderung memiliki efek menyegarkan. Diakui juga oleh salah satu pendiri Vitruvi, Sara Panton, yang menyarankanmu untuk menghindari wewangian yang berkebalikan dari itu seperti aroma yang bersifat sedatif, seperti lavender atau chamomile. Senada dengan Panton, pendiri Linne Botanicals, Jenna Levine, menyatakan, wewangian ini tidak bisa digunakan untuk kamu yang memerlukan peningkatan mood dalam waktu singkat agar bisa melanjutkan produktivitasmu. Beda halnya bila kamu ingin menginvestasikan aroma ini semalaman dan terbangun dengan mood yang bagus, maka, kamu perlu membiarkan aroma yang menghipnotis ini menyelimutimu sepanjang malam.

 

 

Sumber: The Zoe Report

Comments

Loading...