OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Apakah Essential Oil Bisa Diminum? Ini Dia Jawaban Dokter dan Aromatherapist

Essential oil terkenal dengan segudang manfaat. Ketika diuapkan, essential oil dapat memberi efek tenang maupun menambah semangat, tergantung dengan essential oil yang dipakai. Beberapa essential oil juga dikenal dapat membantu kesehatan dan kecantikan kulit sehingga menjadi salah satu bahan dalam skincare. Essential oil memang banyak manfaatnya ya Ladies tapi apakah aman untuk dikonsumsi langsung?

Proses pembuatan essential oil yakni dengan cara didistilasi untuk mengeluarkan komponen aromanya. Oleh karena itu manfaat essential oil seperti menenangkan didapatkan dengan cara menghirupnya. 

Apakah Essential Oil Bisa Diminum? Ini Dia Jawaban Dokter dan Aromatherapist
Foto: unsplash.com

Yufang Lin, MD, spesialis di Cleveland Clinic, mengatakan essential oil tidak aman untuk dikonsumsi, Ladies. Alasannya ialah essential oil dipakai sebagai aromaterapi, tidak untuk diminum secara langsung. Ketika diminum, essential oil akan bersifat racun dan membahayakan tubuh.

Gejala keracunan yang dapat terjadi saat menelan essential oil antara lain:

  1. Mengantuk, sulit bernafas/ nafas pendek
  2. Seizure / kejang
  3. Batuk terus menerus, tersedak, napas berbunyi
  4. Diare dan muntah
  5. Iritasi kulit (jika mengenai kulit juga)
  6. Mata merah dan iritasi (jika mengenai mata juga)

Pertolongan pertama saat essential oil tertelan

  1. Bilas mulut dengan air bersih
  2. Telepon unit rawat darurat
  3. Jangan dipaksa muntah

Jangan diberikan cairan atau minuman lain sampai paramedik aman. Hal ini untuk mencegah resiko muntah dan penyumbatan tenggorokan oleh cairan.

Pertolongan pertama saat terkena mata

Apakah Essential Oil Bisa Diminum? Ini Dia Jawaban Dokter dan Aromatherapist
Foto: unsplash.com

Balurkan air di bawah air mengalir. Biarkan air mengalir dari bagian dalam mata ke bagian terluar mata selama 15 menit. Jika gejala masih terasa, segera hubungi dokter.

Baca juga: Essential Oil di Masker? Amankah?

Pertolongan pertama saat terkena kulit

Hilangkan pakaian yang terkena essential oil dan bersihkan kulit yang terkenal oil dengan sabun dan air. Jika gejala berlanjut, segera hubungi dokter. 

Untuk pemakaian luar pun kamu mesti berhati-hati, Ladies. Pasalnya beberapa essential oil dapat menyebabkan iritasi dan rasa terbakar pada kulit sensitif sehingga perlu diencerkan terlebih dahulu dengan carrier oil. Beberapa orang juga mempunyai alergi pada essential oil tertentu sehingga perlu dilakukan tes alergi sebelum pemakaian. 

Jadi sudah tau ya, tidak aman untuk mengkonsumsi essential oil, Ladies. Cukup kamu pakai sebagai aromaterapi atau kandungan skincare kamu aja ya.

 

Sumber: Well and Good, Healthy WA

Must Read

Related Articles