OUR NETWORK

Berfantasi Mengenai Sebuah Hubungan Bisa Menyabotase Kehidupan Asmara Lho, Kenapa?

Berfantasi Mengenai Sebuah Hubungan Bisa Menyabotase Kehidupan Asmara Lho, Kenapa?
Foto: thelist.com

Pada awal-awal hubungan asmara, bisa dibilang ini merupakan masa yang paling menggairahkan untuk pasangan. Bunga-bunga asmara merekah dengan hebatnya, sehingga tidak jarang janji-janji manis akan terucap. Minggu dan bulan-bulan awal hubungan juga merupakan waktu yang sangat penting karena dalam jangka ini hubungan bisa semakin kuat atau malah berakhir dengan kata ‘putus’. Nyatanya, beberapa kebiasaan yang tampaknya tidak berbahaya bisa menyabotase hubungan asmaramu bahkan sebelum dimulai. Salah satunya adalah berfantasi mengenai sebuah hubungan itu sendiri.

Baca juga: Hati-hati Ladies, 8 Kebiasaan Ini Dapat Menghancurkan Hubunganmu

Tina Konkin, relationship coach dan pendiri dari Couple Retreat and Relationship Lifeline menjelaskan, “Berkencan atau pacaran seharusnya menjadi waktu penemuan, namun tergantung pula dengan kehidupan masa lalu, baik itu buruk atau pun baik. Berkencan bisa mengarah ke hubungan jangka panjang dan pernikahan yang bahagia, atau sebaliknya yang menunjukkan jika kamu bukan pasangan yang cocok.”

Namun, sayangnya menurut Konkin, banyak orang dewasa yang berkencan dengan membawa semua kenangan, baik ataupun buruk dar masa lalu yang kerap kali menciptakan momen canggung, atau lainnya yang mengarah pada sabotase diri.

Misalnya saja pada kencan kedua kamu mengetahui pria yang sedang dekat denganmu memiliki kebiasaan mengunyah makanan seperti ayahmu, dan selama ini ayahmu merupakan sosok pelaku kekerasan. Yup, tentu saja hubunganmu akan cepat berakhir. Hubunganmu berakhir bahkan sebelum dimulai karena pikiranmu yang terlanjur negatif.

Nikki Lewis, co-founder dari The Bevy menyebutkan meski hal positif seperti halnya membayangkan sebuah hubungan yang sempurna juga bisa menjadi masalah tersendiri. “Jangan pernah berandai-andai sudah memetakan semua hubunganmu dengan seseorang di awal-awal.” Karena menurutnya, hal ini bisa menyebabkan ekspektasi yang salah yang bisa mengacu pada kekecewaan, kemungkinan-kemungkinan yang tak terpenuhi. Dan ini semua bisa mengarah ke berakhirnya hubungan kalian.

Semua orang memang membuat kesalahan. Namun, jangan sampai kesalahan ini membuat hubungan jadi hambar. Untuk membuat hubunganmu berhasil, Konkin dan Nikki memberikan saran beberapa kebiasaan berkencan yang perlu dihilangkan. Simak sama-sama ya, Ladies!

Mengabaikan Sumber Masalah

Hal pertama yang sangat perlu untuk kamu lakukan adalah hilangkan kebiasaan mengabaikan masalah. Jika kamu merasa ada tindakan yang membuatmu tidak nyaman atau berdampak negatif, perlu untuk diperbincangkan. Komunikasikan segala hal yang dirasa kurang jelas, dan bicarakan hal-hal yang membuatmu tidak nyaman. Jangan hanya diam saja dan hal tersebut akan menjadi masalah yang besar di kemudian hari.

Menanyakan Hal Terlalu Jauh

Baru menjalin hubungan asmara beberapa hari kamu sudah menanyakan tentang pernikahan dan anak. Pertanyaan-pertanyaan seperti ini sah-sah saja dilakukan ya, Ladies. Namun, jangan sampai kamu asumsikan itu denganmu. Untuk mengetahui hal tersebut, kenali lebih dalam teman kencanmu. Ini bisa menciptakan tekanan di awal hubungan. 

Meremehkan Mantan

Hal lainnya yang perlu untuk diperhatikan adalah membahas mengenai mantan. Ada baiknya untuk tidak mengungkit-ungkit keburukan mantan dan juga tidak tepat membawa ke sekarang ini. Saat ditanya penyebab putus hubunganmu, kamu bisa menjawabnya dengan satu atau dua kalimat saja. Jangan menghabiskan waktu kencan dengan selalu membahas mantan. Karena hal ini akan membuatmu terlihat belum bisa move on dan masih terjebak di masa lalu.

Tidak Menjadi Diri Sendiri

Saat kencan-kencan awal, jangan sampai kamu tidak menjadi dirimu sendiri ya. Berbohong mengenai latar belakang pendidikan, keluarga, dan lain-lain. Gunakan pakaian yang sehari-hari dikenakan, berbicara seperti biasanya, dan lain-lain. Jangan sampai karena salah memberikan informasi mengenai dirimu saat awal-awal kencan, dia tidak mencintai dirimu yang sebenarnya dan bisa menyebabkan patah hati pada akhirnya.

Baca juga: 7 Tanda Kamu Terobsesi dengan Gebetanmu dan Cara Menghentikannya

Jalani saja hubungan asmaramu seperti adanya. Jangan berandai-andai mengenai hal-hal indah yang kamu lihat di drama atau film, tetap realistis supaya hubungan yang berusaha kerasa pertahankan bisa sampai ke tahap yang diinginkan.

 

Sumber: The Zoe Report

Comments

Loading...