OUR NETWORK

Ingin Mempertajam Daya Ingat Otak? Lakukan Tips Ini, Yuk!

Foto: pexels.com

Sama seperti bagian tubuh lainnya, otak juga perlu dilatih dan dirawat karena organ kita ini memiliki peran penting bagi tubuh. Banyak manfaat yang diperoleh jika kita melatih otak, salah satunya untuk meningkatkan fokus serta mempertajam daya ingat. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan untuk mempertajam daya ingat otak?

Cara Mempertajam Daya Ingat Otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempertajam daya ingat otak, apalagi dengan seiring bertambahnya usia. Berikut beberapa cara mempertajam daya ingat otak yang bisa kamu terapkan nih, Ladies!

1. Bermain Puzzle

Foto: pexels.com

Bermain teka-teki gambar atau puzzle adalah salah satu cara mempertajam daya ingat otak nih, Ladies. Menurut penelitian, bermain puzzle dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan mencegah penuaan kognitif visuospasial. Saat bermain puzzle, Kamu akan mencari bentuk dan gambar yang cocok. Ini tentu bagus untuk melatih otak.

2. Menambah Kosakata

Menambah kosakata juga dapat mempertajam daya ingat otak. Saat membaca sesuatu dan menemukan satu kata yang tidak dikenal, cobalah catat kata tersebut di buku catatan dan carilah definisinya. Gunakanlah kata tersebut pada hari berikutnya sebanyak 5 kali, misalnya.

3. Cobalah Berdansa atau Menari

Foto: pexels.com

Menurut Center for Disease Prevention (CDC) Amerika Serikat, mempelajari gerakan dansa baru dapat meningkatkan memori di otak. Artinya, melalui menari, kamu juga bisa mempertajam daya ingat. Oleh karena itu, yuk mulai sekarang ikut kelas menari atau zumba.

4. Mendengarkan Musik

Apakah Kamu ingin meningkatkan kreativitas? Cobalah mendengarkan musik, Ladies. Menurut penelitian pada 2017, mendengarkan musik yang bahagia dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi daripada mereka yang tidak. Selain itu, musik juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kekuatan otak.

5. Belajarlah Bahasa Baru

Foto: pexels.com

Menurut ulasan penelitian pada 2012, ada berbagai manfaat yang didapat dari mempelajari bahasa baru atau bisa berkomunikasi dengan lebih dari satu bahasa. Yup, mempelajari bahasa baru diyakini dapat mempertajam daya ingat, meningkatkan kemampuan visual-spasial, dan kreativitas.

Nah, kalau kamu ingin mempertajam daya ingat otak, jangan lupa untuk melakukan kelima tips di atas ya Ladies! Atau ada salah satu tips yang sudah kamu lakukan?

 

Sumber: Healthline

Comments

Loading...