OUR NETWORK

7 Kebiasaan Buruk yang Bikin Dompet Tipis

7 Kebiasaan Buruk yang Bikin Dompet Tipis
Foto: shutterstock.com

Ladies, pernahkah kamu merasa uang yang kamu telah kumpulkan dengan kerja keras, tiba-tiba hilang begitu saja setiap bulan? Padahal kamu tidak membeli banyak barang yang bisa membuat dompetmu tipis. Jika ini tengah terjadi padamu, kamu perlu melihat lebih teliti lagi pada kegiatan sehari-harimu, Ladies. Pasalnya, seringkali penyebab kemiskinan tiba-tiba yang kamu alami setiap bulan itu disebabkan oleh pengeluaran sia-sia dalam keseharianmu. Untuk lebih jelasnya, yuk kita intip beberapa kebiasaan buruk yang bisa bikin dompet atau ATM-mu kosong di bawah ini.

Menggunakan ATM yang Tidak Sesuai dengan Bankmu

Ketika kamu sedang terburu-buru membutuhkan uang dan ATM terdekat bukanlah bank yang kamu miliki, tak jarang membuatmu akhirnya mengambil uang di sana. Meski, biaya adminnya tidak besar, namun, jika dilakukan berkali-kali, hal ini bisa memberatkan keuanganmu, loh! Bayangin, setiap tarik tunai di ATM lain kena biaya Rp7.500. Dua kali ambil aja Rp14.000 sudah melayang untuk biaya admin. Padahal kan lumayan tuh buat beli bakso. Hehe. So, sebaiknya, cari ATM yang cocok dengan bankmu, Ladies.

Menyia-nyiakan Makanan

Berdasarkan data statistik, Amerika Serikat membuang sebanyak 1.249 kalori per kapita per hari. Besaran kalori ini lebih dari 100 miliar pound makanan per tahun yang bernilai 160 juta dolar. Itu baru di Amerika Serikat aja ya, Ladies. Mengutip TRT World, orang Indonesia membuang 300 kilogram makanan per orang setiap tahunnya. Duh… Itulah yang kemungkinan tengah terjadi pada keuanganmu, Ladies. Jadi, sebaiknya belilah makanan segar yang pasti kamu konsumsi, serta awasi tanggal kadaluwarsa sebuah makanan, untuk menghindari pembuangan makanan secara sia-sia. Dan yang paling penting, jangan laper mata! Kamu harus belajar mengendalikan diri. Apakah benar-benar lapar dan sanggup menghabiskan yang kamu ambil?

Keterlambatan Pembayaran Angsuran

Denda atas keterlambatan dalam membayar sesuatu, seperti pajak atau kredit dapat berdampak sangat buruk pada keuanganmu! Catat tanggal pembayaran atas produk atau jasa tertentu untuk menghindari adanya biaya tambahan yang dapat merusak rencana keuanganmu, ya Ladies.

Biaya Keanggotaan Komunitas yang Sia-sia

Keanggotaan yang seringkali terlewat penggunaannya, salah satunya ialah keanggotaan gym. Berawal dari niat ingin sehat dengan berolahraga, jadwal keseharianmu yang sudah padat akhirnya melewatkan jadwal gym yang harusnya kamu ikuti karena sudah membayar untuk itu. Tentunya, ini akan menjadi pengeluaranmu yang sia-sia, Ladies. Untuk itu, sebelum memutuskan mengeluarkan biaya untuk gym, sebaiknya pertimbangkan waktu, energi, dan kemungkinan olahraga lain yang bisa kamu ikuti dengan biaya yang sedikit bahkan mungkin tanpa pengeluaran sepeser pun.

Membeli Produk Brand Mahal

Tak jarang orang membeli suatu produk karena kepopuleran brand-nya, meski harganya selangit. Kepopuleran dari sebuah brand membuat orang mudah percaya bahkan taken for granted pada klaim yang dinyatakan produk tersebut. Padahal, bisa jadi produk generik juga sebenarnya mengandung bahan yang sama dengan brand tersebut. Untuk itu, dalam membeli produk, penting untuk lebih memperhatikan kandungan di dalam produk itu yang kamu butuhkan, bukan karena brandnya, Ladies.

Baca juga: Tips Berhemat di Tengah Godaan Holiday Sale

Air Minum Kemasan

Air minum kemasan memang dibandrol dengan harga yang murah. Namun, mengingat kebutuhan tubuhmu yang banyak akan air setiap harinya, lama kelamaan dapat memberatkan keuanganmu jika terus menerus membeli air minum kemasan, Ladies. Ada baiknya, kamu membawa botol sendiri dari rumah yang telah terisi. Hal ini tidak hanya baik untuk keuanganmu, tetapi juga ramah lingkungan.

Membeli Kopi Mewah

Banyak diantara kita tidak sadar bahwa gaya hidup nongkrong di café terlalu sering dapat membuat keuangan kita sangat boros. Survey yang dilakukan oleh Accounting Principals pada tahun 2013 menemukan, rata-rata orang Amerika menghabiskan lebih dari $21 per minggu untuk mengonsumsi kopi di café. Berkumpul dengan teman lama, bertemu klien, dan lainnya sering kali dijadikan alasan untuk membeli kopi mewah di café. Ini dapat membahayakan keuanganmu, Ladies. So, dengan mengurangi kebiasaan meminum kopi di café dapat membantu menyelamatkan keuanganmu, loh!

Baca juga: 5 Hal yang Bikin Anak Muda Jadi Boros

Dengan mengurangi bahkan menghindari tujuh kebiasaan buruk ini, kamu akan merasakan dampak yang besar pada keuanganmu, loh Ladies. Tunggu apalagi, selamat mencoba!

 

Sumber: apartmenttheraphy  Foto cover: shutterstock

Comments

Loading...