OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

5 Aktivitas Sehari-hari Ini Bisa Bikin Metabolisme Tubuh Melambat

Kalau Ladies merasa lemas, itu bisa jadi karena metabolisme tubuhmu mulai melambat. Ini karena, ketika metabolisme tengah bekerja, biasanya tubuh akan terasa berenergi hingga kamu merasa mampu mengerjakan apapun. Usut punya usut, ternyata cepat atau lambatnya bisa dipengaruhi dari aktivitas yang kita lakukan sehari-hari, lho! Seperti beberapa aktivitas berikut ini, nih, yang bisa memperlambat metabolisme tubuhmu.

Kurang tidur

Salah satu aktivitas utama yang dapat memperlambatnya ialah kurang tidur. Para pakar merekomendasikan untuk mulai membiasakan diri pada pola tidur teratur dari 7-8 jam untuk mengatur metabolisme yang sehat.

Diet tanpa produk susu

Tidak mengonsumsi produk susu bisa menjadi salah satu alasan metabolismemu sedikit melambat. Pasalnya, semua bentuk susu kaya akan protein whey dan kasein. Kedua kandungan ini sangat baik dalam membangun otot yang akan membantu meningkatkan metabolismemu.

Olahraga malam

Banyak pakar menyatakan bahwa berolahraga di bawah paparan sinar matahari pagi sangat baik untuk mendukung metabolismemu. Sementara, berolahraga pada malam hari akan berdampak sebaliknya.

5 Aktivitas Sehari-hari Ini Bisa Bikin Metabolisme Tubuh Melambat
Sumber: freepik.com

Melewatkan sarapan

Metabolisme tubuh dapat melambat saat tidur dan baru akan menjadi cepat lagi ketika kamu memakan sesuatu. Jadi, sarapan sedikit saja dapat berpengaruh besar pada kondisi tubuhmu sepanjang hari!

Olahraga angkat beban dengan gerakan yang terlalu cepat

Berolahraga memang baik untuk meningkatkan metabolisme. Tapi jika kamu mengandalkan olahraga angkat beban, hingga cenderung melakukannya secara berlebihan, ini justru akan membuat tubuhmu mengalami dampak sebaliknya. Pastikan kamu melakukannya dengan hati-hati, karena setiap gerakan yang dilakukan akan berefek pada pembentukan otot yang membantu metabolismemu bekerja lebih baik secara keseluruhan.

Baca juga: Dua Kesalahan Makan Pagi yang Harus Dihindari, Kurang Baik untuk Metabolisme Tubuh!

Suhu rumah terlalu hangat

Banyak ahli berpendapat bahwa tinggal di lingkungan yang lebih dingin membuat metabolismemu bekerja lebih baik dibandingkan berada di lingkungan dengan suhu yang terlalu panas. Cobalah untuk mengandalkan AC atau kipas bila kamu berada di kondisi ini, ya Ladies.

Mengetahui beberapa penyebab metabolisme melambat, bisa membantumu untuk mencegah bahkan mencari cara meningkatkannya di tubuhmu. Selain menghindari sejumlah aktivitas ini, Ladies juga bisa meningkatkan metabolisme dengan memperbaiki gaya hidup, asupan sehat, istirahat yang cukup, dan jangan lupa untuk aktif menggerakkan tubuhmu. Selamat mencoba!

 

Sumber: All Women’s Talk

Must Read

Related Articles