OUR NETWORK

Tips Berhemat di Tengah Godaan Holiday Sale

Tips Berhemat di Tengah Godaan Holiday Sale
Foto: pexels.com

Sudah menjadi hal yang umum ketika musim-musim liburan sekolah, libur akhir atau awal tahun ataupun perayaan besar seperti Natal, Idul Fitri, holiday sale akan hadir. Tentunya dengan diskon-diskon yang begitu menggiurkan. Jika tidak bijak, uang yang seharunys disimpan ataupun digunakan investasi jangka panjang akan raib dan tidak tahu kemana habisnya. Maka dari itulah, MeraMuda akan memberikan tips berhemat di tengah godaan holiday sale. Yuk ikuti terus ulasan di bawah ini.

Baca juga: 5 Kota Surga Belanja di Indonesia

Matikan Semua Notifikasi Online Shopping

Tips Berhemat di Tengah Godaan Holiday Sale
Foto: nypost.com

Karena sekarang ini memang zamannya online shopping, belanja memang dimudahkan. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi jika mengikuti social media suatu brand atau e-commerce. Baik itu melalui social media, email, apalagi aplikasi e-commerce, matikan semua notifikasinya. Jika kamu tidak tahu, kemungkinan untuk mengintip dan akhirnya belanja akan semakin sedikit. Untuk sementara waktu unsubscribe ya Ladies. Supaya uang tetap hemat.

Buatlah Daftar Belanja dan Patuhi yang Sudah Dibuat

Tips Berhemat di Tengah Godaan Holiday Sale
Foto: makeshoppinglist.weebly.com

Tips selanjutnya adalah membuat daftar belanja barang apa saja yang dibuat. Prioritaskan barang-barang kebutuhan. Jangan apa yang sedang diinginkan ya, Ladies. Setelah membuat list kebutuhan barang yang akan dibeli, patuhi semua yang telah kamu catat sebelumnya. Jangan sampai kamu kalap belanja barang-barang yang tidak perlu. Sebagi hadiah untuk dirimu sendiri, kamu bisa sesekali membeli yang kamu inginkan. Namun, tetapkan budget maksimal agar pengeluarannya tidak membengkak.

Daripada Membeli Barang Remeh ada Baiknya Lebih Bermanfaat

Tips Berhemat di Tengah Godaan Holiday Sale
Foto: money.id

Dibandingkan membeli barang-abarang yang tidak perlu, membeli dengan alasan murah, ada baiknya melihat barang-barang yang essensial. Maksudnya, lihat di rumah apakah sekiranya ada barang-barang kebutuhan penting di rumah yang perlu untuk diperbarui. Misalnya saja blender, perabot, atau lain-lain. Karena tidak jarang diskonan ini sampai tidak masuk akal, dan ini waktu yang tepat untuk ganti perabot rumah.

Batasi dengan Siapa Kamu Bergaul Sementara Waktu

Tips Berhemat di Tengah Godaan Holiday Sale
Foto: womensecret.info

Semua orang memiliki prioritas yang berbeda, ada mereka yang memiliki uang melimpah bisa membeli apa saja. Ada pula mereka yang akan menghujanimu dengan informasi berbagai diskon yang sedang merajalela di luaran sana. Jadi, untuk sementara waktu batasi dengan siapa saja kamu bergaul ya, Ladies. Nggak masalah berteman dengan teman yang suka belanja dan berbagi info diskon. Kamu memberikan pengertian kepadanya bahwa kamu sedang berhemat. Demi kenyamanmu sendiri. Jangan sampai menghamburkan uang hanya untuk gengsi semata.

Baca juga: Tips Berhemat dengan Mengurangi yang Nggak Perlu

Ingat ya Ladies, kurang-kurangi juga browsing saat musim diskon besar-besaran jika tidak mau pengeluaranmu membengkak. Soalnya biasanya kaaan dari mata jatuh ke hati, tahu-tahu ingin beli dan memiliki. Ditambah lagi, ingat satu hal selalu buat prioritas barang-barang yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan. Sekali-kali membeli barang yang diingikan benar-benar tidak ada masalah, tapi jangan sampai keterusan dan bikin pengeluaran jadi makin boros.

Sumber: Refinery29

Comments

Loading...