OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Tips Atasi Rambut Bercabang Secara Alami

Terpaan berbagai macam alat styling dan bahan kimia membuat rambut lelah, rusak, hingga bercabang. Meski banyak produk yang diperuntukkan untuk mengatasi masalah rambut yang satu ini, tapi dilihat dari faktor penyebabnya, rambut sebenarnya butuh istirahat juga dari bahan kimia, Ladies. Sebagai gantinya, kamu bisa mengatasi masalah rambut bercabang ini dengan cara alami, seperti berikut.

Alpukat dan Minyak Zaitun

Kedua bahan yang mudah ditemukan di dapur ini dapat diolah menjadi hair mask yang multifungsi, loh! Tidak hanya ampuh mengatasi rambut bercabang, masker ini juga membuat rambut lembut dan sangat alami. Cara membuatnya pun mudah, kamu tinggal mencampurkan setengah alpukat dan 2 sendok teh extra virgin olive oil dalam mangkuk. Aduk hingga teksturnya menjadi creamy, kemudian gunakan adonan sebagai step selanjutnya setelah keramas. Setelah mengaplikasikannya, tutupi rambutmu dengan shower cap dan diamkan selama 5-30 menit tergantung kondisi rambutmu. Lalu, bilas hingga bersih dan takjublah dengan kelembutan alami rambutmu, Ladies.

Trimming

Salah satu cara alami terpopuler dan tercepat dalam mengatasi rambut bercabang ialah dengan memotongnya. Tepatnya dengan metode trimming. Metode yang satu ini memang diperuntukkan untuk ‘membuang’ ujung rambut yang bercabang atau cenderung rusak. Menariknya, tak hanya menghilangkan ujung-ujung yang bercabang, dengan trimming secara rutin, kamu juga membuat kondisi rambutmu tampak lebih baik.

Tips Atasi Rambut Bercabang Secara Alami
Sumber: lookshairandbeauty.com.au

Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat luar biasa bagi rambut, termasuk dalam menghilangkan ujung rambut yang bercabang. Kamu bisa menggunakan bahan yang satu ini dalam berbagai cara, loh! Pertama, kamu bisa mengaplikasikannya langsung ke rambut sebagai masker sebelum keramas. Aplikasikan minyak ini pada ujung rambut yang bercabang, kemudian diamkan selama sekitar 15-30 menit, baru setelah itu bilas dan bersihkan dengan sampo. Kedua, kamu bisa mencampurkannya dengan kondisioner yang kamu gunakan, lalu aplikasikan pada rambut seperti biasa. Ketiga, kamu minyak kelapa ini bisa kamu gunakan sebagai sleeping mask hair. Aplikasikan minyak ini pada kulit kepala sambil dipijat serta seluruh batang rambut dari akar sampai ujungnya, lalu tutup dengan shower cap. Sesuai namanya, diamkan semalaman dan keramas pada pagi hari seperti biasanya. Cara ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang memiliki rambut bercabang sekaligus kering.

Madu

Madu tidak hanya dapat melembabkan kulit, loh, tetapi juga dapat mengunci kelembaban dan melembutkan ujung rambut. Dalam menggunakannya, kamu bisa mencampurkannya dengan bahan lain sebagai masker, atau mengaplikasikannya secara langsung, Ladies. Bila kamu ingin mengaplikasikannya langsung, kamu bisa mengencerkan madu terlebih dahulu dengan air hangat, kemudian oleskan langsung deh di ujung rambutmu. Setelah dibilas, kamu akan mendapatkan rambut yang super lembut dan bebas dari ujung bercabang, Ladies.

Baca juga: Kondisi Rambut Ternyata Menunjukkan Kondisi Kesehatan Seseorang, Cek Penjelasan Dokter Ini

Minyak Jojoba

Popularitas minyak jojoba pada perawatan kulit sangat tinggi, namun, siapa sangka ternyata minyak ini juga dapat digunakan untuk membuat rambut lembut dan bebas dari masalah bercabang, loh! Kamu hanya perlu menggunakan sedikit minyak jojoba di ujung rambut dan biarkan selama 20 menit, atau bahkan sepanjang malam. Pagi harinya, kamu akan mendapati ujung rambutmu halus dan menakjubkan.

Tapi tetap ingat, ya Ladies, semua cara ini tidak akan memberikan hasil yang instan. Dibutuhkan konsistensi dan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal. So, selamat mencoba!

Sumber: All Women’s Talk

Must Read

Related Articles