OUR NETWORK
From Korea With Love Concert

Tanda-Tanda Rambut Kekurangan Protein

Tak hanya bagian dalam tubuh, rambut juga perlu protein, lho! Apalagi kalau Ladies gemar bleaching, mewarnai, meluruskan, dan blowdry rambut. Bahkan, kebiasaan kecil mengikat rambut, menyisir, dan mencucinya dengan salah juga bisa membuat rambut tegang hingga rusak. Ditambah dengan udara kering serta sinar UV, rambut pun akhirnya akan menjadi rapuh, kusam, tak lagi bercahaya. Kalau kamu merasakan beberapa atau bahkan semua tanda ini, bisa jadi rambutmu tengah kekurangan protein, Ladies!

Meski begitu, kamu tak perlu khawatir, Ladies. Kabar baiknya, kamu bisa meningkatkan kadar protein rambutmu dengan mudah di rumah! Tapi, sebelum itu, pastikan terlebih dahulu apakah rambutmu benar-benar kekurangan nutrisi ini, ya.

Biasanya, rambut yang kekurangan protein akan tampak lemas, rata dan tak bernyawa.

Jika kamu memiliki rambut yang keriting alami, kondisi ini akan diperlihatkan dengan pola ikal yang menurun dan melemah. Cara terbaik untuk mengujinya ialah dengan melakukan ‘tes regangan’. Pasalnya, rambut yang kekurangan nutrisi ini akan kehilangan elastisitasnya. Dengan kata lain, tidak dapat meregang atau memantul kembali ke panjang aslinya.

rambut
Sumber: Freepik.com

Adapun, untuk mengujinya, kamu bisa ambil sehelai rambut dan basahi. Kemudian, regangkan rambut dan amati, apakah rambut memantul kembali ke panjang aslinya. Jika rambut tidak memantul kembali, terlihat lemas, ini saatnya kamu perlu menambahkan beberapa protein pada rambut.

Baca juga: Kekurangan Protein? Inilah yang akan Terjadi pada Kulitmu

Di samping kekurangan, rambutmu juga berpotensi mengandung protein terlalu banyak.

Kondisi itu pun tidak memberikan dampak baik bagi rambut. Terlalu banyak kandungan nutrisi ini juga dapat menyebabkan elastisitas melemah – membebani rambut hingga menyebabkan kerusakan lebih lanjut. 

Kabar baiknya, kelebihan protein tidak permanen, lho! Yup, ia bersifat sementara. Kamu bisa mengurangi nutrisi ini di dalam rambut dengan mengurangi atau menunda perawatan sementara waktu. Beri jeda rambutmu untuk kembali sehat secara alami. Selain itu, untuk mencegah terlalu banyaknya kandungannya pada rambut, gunakanlah perawatan protein sekitar sekali atau dua kali dalam seminggu. Hindari penggunaan berlebih, karena seperti yang pernah dikatakan banyak orang, hal yang berlebihan tidak akan memberikan hasil yang baik.

 

Sumber: Women’s Health Magazine

Must Read

Related Articles