OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Manfaat Biotin bagi Kesehatan Rambut

Biotin atau vitamin B, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh salah satunya adalah membantu pertumbuhan rambut. Seiring bertambahnya usia, rambut kita kehilangan nutrisi alaminya. Diet yang seimbang, hidrasi yang cukup dan jadwal tidur yang konsisten menjadi cara untuk mengembalikan nutrisi pada rambut.

Namun, memakai produk yang mengandung vitamin dan pelembap bagi rambut juga dibutuhkan untuk membuat rambut sehat. Mengonsumsi atau memakai sampo yang mengandung biotin sangat penting untuk membuat rambut kita menjadi lebih sehat dan tebal. Kenapa sih biotin penting? Yuk, simak penjelasannya!

Manfaat biotin bagi rambut?

Manfaat Biotin bagi Kesehatan Rambut
Foto: istockphoto 

Biotin merupakan vitamin B7 yang memiliki banyak manfaat termasuk bagi kesehatan rambut, Ghanima Abdullah yang merupakan seorang ahli rambut dan kosmetologis di The Right Hairstyles mengatakan bahwa biotin membantu meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala, sehingga folikel rambut menghasilkan kualitas rambut yang lebih baik dan lebih banyak lagi. Vitamin B ini sering direkomendasikan untuk kesehatan rambut, karena kekurangan vitamin ini dapat dapat menyebabkan penipisan rambut dan kerontokan pada rambut.

Penyebab umum kerontokan rambut termasuk genetika, obat-obatan tertentu, serta kondisi mendasar seperti depresi dan stres. Namun, kekurangan vitamin ini juga menjadi salah satu faktor kerontokan rambut. Pentingnya vitamin B bagi kesehatan rambut, membuat banyaknya sampo dan kondisioner yang mengandung vitamin ini. 

Kandungan vitamin ini menjadi bahan wajib seperti yang dikatakan Abdullah, “Biotin adalah bahan yang harus dicari dalam sampo jika menginginkan rambut yang lebih tebal, lebih penuh, dan lebih sehat,”.

Menurut National Institutes of Health, menggunakan produk dengan vitamin tersebut dapat membantu memperkuat folikel rambut dan meningkatkan keratin kita yang membuat rambut kita menjadi tebal dan bervolume serta menghasilkan rambut yang lembut dan berkilau. 

Hal ini seperti yang dikatakan oleh Dr. Virginia Blackwell seorang ahli rambut dan kesehatan. “Biotin bertanggung jawab untuk produksi protein rambut yang disebut keratin yang merupakan sel halus dan komponen utama rambut yang memanjang untuk membentuk helai rambut yang membentuk rambut,” katanya.

Namun, untuk menjaga kesehatan rambut mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral yang sehat akan membantu kesehatan rambut secara keseluruhan. Selain untuk rambut, biotin juga memiliki manfaat lainnya, yaitu:

  1. Untuk kuku jari atau kuku kaki rapuh
  2. Mengobati diabetes
  3. Mengobati nyeri saraf diabetes
  4. Mengobati sklerosis ganda

Makanan mengandung biotin

Manfaat Biotin bagi Kesehatan Rambut
Foto: istockphoto 

Biotin atau vitamin B tersedia dalam bentuk pil atau tablet. Namun, dalam mengonsumsi ini disarankan hanya secukupnya dan tidak mengonsumsi terlalu banyak. Seperti yang lainnya, mengonsumsi suplemen ini dapat menimbulkan efek sampng seperti ruam kulit, gangguan pencernaan, masalah pelepasan insulin, dan masalah ginjal. 

Menurut National Institutes of Health, dalam mengonsumsi suplemen ini disarankan 30 mikrogram (mcg) adalah asupan harian yang cukup untuk orang dewasa berusia 19 tahun ke atas. Kabar baiknya vitamin B ini juga dapat ditemukan dalam makanan. sehingga tidak perlu khawatir untuk mengnsumsinya berlebihan. 

Vitamin B yang kita konsumsi dalam makanan membantu tubuh kita mengubah makanan (protein, karbohidrat, dan lemak) menjadi energi. Berikut beberapa makanan yang mengandung vitamin B, yaitu:

  1. Kuning telur matang 
  2. Bibit gandum
  3. Bayam 
  4. Keju, brie 
  5. Susu 
  6. Wortel
  7. apel 
  8. Tomat 
  9. Daging sapi
  10. Brokoli
  11. Jamur putih
  12. Pisang, dan masih banyak lagi.

Mengonsumsi biotin ini banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita loh Ladies. Namun, lebih baik untuk mengonsumsi langsung dari makanan-makanan yang sehat dan penuh nutrisi lainnya agar tubuh kita seimbang dan rambut kita menjadi lebih tebal dan tidak rontok.

 

Ditulis oleh Refani Dwi Wahyu Aji Caraka

 

Sumber: shefinds, webmd, verywellhealth

Must Read

Related Articles