OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Daur Ulang kreatif dari Sisa Sabun Batang

Sabun batang merupakan jenis sabun mandi yang telah ada sejak lama. Sabun ini sangat populer sebelum adanya sabun cair. Selain harganya yang lebih murah, sabun ini juga tidak mengandung pewangi sehingga aman bagi yang memiliki alergi dengan pewangi dalam sabun.

Namun, terkadang sabun mandi ini menimbulkan limbah akibat sisa-sisa sabun. Ukurannya yang semakin mengecil kerap kali dibuang dan menjadi limbah di lingkungan, beberda halnya dengan sabun cair yang tidak meninggalkan sisa. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan sisa-sisa sabun batang agar mengurangi limbah pada lingkungan. Simak penjelasan berikut ya, Ladies.

Kreasi dari sisa sabun batang

Daur Ulang kreatif dari Sisa Sabun Batang
Foto:pexels

Sebagian besar sabun batangan ini menjadi limbah rumah tangga akibat sisa-sisa sabun. Ukurannya semakin lama semakin mengecil kerap kali dibuang begitu saja sehingga menjadi limbah pada lingkungan.

Bahkan di hotel, banyaknya sabun yang tidak dipakai dibuang begitu saja sehingga menimbulkan penumpukan limbah sabun. Padahal sisa-sisa sabun itu dapat diolah kembali dan dimanfaatkan sehingga tidak meninggalkan limbah.

Untuk mengurangi limbah pada lingkungan dan tidak menjadikan sisa sabaun batang mubadzir kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai hal kreatif yang dapat dimanfaatkan. Kreasi-kreasi dari sisa sabun batang yaitu:

Daur Ulang kreatif dari Sisa Sabun Batang
Foto: pexels

1. Pembersih brush makeup

Dalam akun TikTok @brightly.eco terdapat video tutorial membuat pembersih brush makeup dari remahan sabun. Kamu bisa melelehkan remahan-remahan tersebut di dalam panci yang berisi air, lalu ditambahkan dengan minyak zaitun. Setelah semuanya tercampur, kamu bisa memasukkannya pada toples kaca dan biarkan mengeras.

Setelah mengeras kamu bisa menggunakannya dengan dibasahi permukaannya dan bersihkan brush dengan menggosoknya pada permukaan sabun tersebut. Brush kamu akan menjadi bersih dan kandungan minyak zaitun di dalamnya akan membuatnya tetap lembut dan halus untuk waktu yang lama.

2. Sebagai sabun cuci tangan atau loofah buatan sendiri

Untuk menjadikannya sabun cuci tangan, kamu bisa menaruh sisa-sisa sabun ke dalam kantung anyaman dan dapat digunakan saat kamu ingin mencuci tangan di wastafel ataupun menjadi Loofah buatan sendiri. Kombinasi sabun dan tas jaring tersebut sangat sempurna untuk mengeksfoliasi kulit kamu. 

Baca juga: Keramas dengan Shampo Batang, Apa Bedanya?

3. Dijadikan sebagai cabun cair

Remahan-remahan sisa sabun biasanya langsung dibuang begitu saja karena ukurannya yang kecil sulit untuk digunakan. Kamu bisa mendaur ulang remahan tersebut menjadi sabun cair dengan cara memblendernya dengan air sampai mendapatkan kekentalan yang pas. Selanjutnya kamu bisa memasukkannya pada wadah botol dan sabun olahan tersebut siap digunakan.

4. Bola sabun dekoratif pengharum ruangan

Daur Ulang kreatif dari Sisa Sabun Batang
Foto: pexels

Sisa-sisa sabun ini bisa kamu jadikan sebagai perharum ruangan yang cantik dengan memarutnya, lalu menambahkan air hangat sampai lunak. Selanjutnya kamu bisa mencetaknya berbentuk bulat dan biarkan hingga benar-benar kering. kamu bisa mendapatkan pengharum ruangan dengan bentuk yang aestethic dan terlihat sangat cantik karena perpaduan berbagai warna sisa sabun.

5. Menyegarkan pakaian yang disimpan

Biasanya untuk meyegarkan pakaian di dalam lemari kita seringkali menggunakan kamper. Sisa-sisa sabun ini kamu juga bisa dijadikan sebagai penyegar pakaian di dalam lemari. Kamu bisa mengeringkan sisa-sisa sabun, lalu memasukkannya ke dalam lemari atau laci. Pakaian di dalam lemari akan menjadi segar dan tidak apek.

6. Kapur penjahit

Sisa-sisa sabun dapat kamu manfaatkan menjadi kapur saat akan menjahit. Kapur dari sabun ini mudah luntur sehingga tidak meninggalkan bekas pada pakaian kamu. selain itu, sisa-sisa sabun tersebut dapat menjadi bantalan bagi jarum kamu agar terlumasi dengan baik dan tidak berkarat.

Selain beberapa contoh di atas, masih banyak lagi kreasi-kreasi yang dapat kamu buat dari sisa-sisa sabun batang. Kamu bisa membuat membuat beragam olahan menarik karya kamu sendiri dan kamu bisa membantu untuk mengurangi limbah dari sisa-sisa sabun. Selamat berkreasi ya, Ladies.

 

Ditulis oleh Refani Dwi Wahyu Aji Caraka

 

Sumber: hunker, goodhousekeeping

Must Read

Related Articles