OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Tips Merawat Rambut Keriting

Namanya juga manusia ya, Ladies. Yang rambutnya lurus, mau punya rambut keriting. Begitu juga sebaliknya. Pemilik rambut ikal atau keriting menilai rambut lurus lebih mudah untuk diatur. Tapi kamu tahu nggak sih kalau rambut keriting juga sebenarnya mudah diatur jika kamu mengetahui caranya. Nah, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa lakukan untuk merawat rambutmu yang keriting.

1. Gunakan conditioner atau vitamin rambut

Conditioner dan vitamin dipercaya mampu memberikan nutrisi pada rambut yang kering. Kondisi rambut yang kering seringkali ditemui pada orang yang memiliki rambut keriting. Tekstur conditioner dan vitamin rambut yang berbentuk gel akan memudahkan rambut yang keriting untuk diatur dan disisir.

2. Gunakan sisir bergigi jarang

via GIPHY

Jika kamu memiliki rambut yang kering hindari menggunakan sisir yang bergigi rapat. Hal itu akan membuat rambut keritingmu kusut dan semakin susah untuk disisir. Untuk menyiasatinya kamu bisa menggunakan sisir bergigi jarang supaya rambut keritingmu bisa diatur dengan baik.

3. Usapkan minyak zaitun

Penggunaan minyak zaitun pada rambut dipercaya mampu memberikan nutrisi yang cukup untuk rambut kering. Kebanyakan orang yang memiliki rambut keriting biasanya juga memiliki permasalahan rambut kering sehingga semakin menyusahkan mereka untuk menata dan menyisir. Mengusapkan minyak zaitun sebagai salah satu treatment untuk rambut keriting juga menjadi pilihan yang tepat sekali.

4. Menggunakan minyak kelapa

Selain minyak zaitun, minyak kelapa bisa menjadi pilihanmu untuk mengurangi tingkat kekusutan. Rambutmu jadi semakin mudah ditata dan lembap.

5. Sisir rambut saat basah

Tak ada yang salah dengan menerapkan metode ini. Seringkali banyak orang yang membiarkan rambutnya mengering sebelum disisir, padahal untuk si rambut keriting menyisir rambut dalam keadaan basah malah lebih mudah sehingga mengurangi resiko rambut menjadi kusut.

6. Hairdo yang simpel

via GIPHY

Untuk kamu yang berambut keriting menerapkan hairdo yang simple sangat direkomendasikan. Mengingat si rambut keriting seringkali mengalami kondisi rambut yang mengembang disarankan untuk tidak banyak melakukan hairdo yang ribet seperti melakukan sasak pada rambut. Tenang saja, kamu bisa menyiasatinya dengan menguncir satu rambutmu atau dengan membuat cepolan pada rambutmu. Membuat kepang banyak dengan ukuran yang kecil-kecil juga terlihat keren saat diaplikasikan pada rambut keritingmu.

7. Jangan berkeramas dengan air hangat

Walaupun mandi dengan air hangat terasa sangat nyaman dan dapat membuat tubuh rileks, tapi kamu tahu nggak sih kalau berkeramas dengan air hangat akan membuat kutikula rambutmu terbuka? Dan hal itu akan membuat rambutmu menjadi rapuh sekali yang nantinya akan membuat rambutmu rusak. Ada baiknya supaya kamu keramas dengan air dingin (suhu normal, maksudnya ya, Ladies, bukan air es hehe). Kalaupun harus keramas dengan air hangat, usahakan menggunakan air biasa di bilasan terakhir.

Nah, sudah tahu kan apa saja tips merawat rambut keriting? Perlu kamu ketahui bahwa rambut keriting tidaklah selalu buruk. Bagi kamu yang memiliki rambut keriting ataupun ikal, hal itu bisa menjadi anugerah tersendiri karena kamu tidak perlu repot-repot mencari ide untuk membuat rambutmu lebih bervolume. Asalkan dengan perawatan yang pas, rambut keritingmu pasti nggak akan ngerepotin kamu. Malah bisa jadi si rambut keritingmu memberikan pesona tersendiri terhadap penampilanmu.

via GIPHY

 

Foto cover: Pinterest

Must Read

Related Articles