OUR NETWORK

Manfaat Virgin Coconut Oil Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil mungkin belum sepopuler minyak zaitun, padahal manfaatnya sama besarnya loh. Virgin coconut oil (VCO) merupakan minyak alami berkualitas tinggi yang diperoleh dari santan kelapa segar. VCO mengandung asam lemak, terutama asam laurat dan oleat memiliki fungsi melembutkan dan melembabkan kulit, serta mempercepat penyembuhan pada kulit. VCO pun aman digunakan pada kulit karena tidak akan mengakibatkan iritasi. Masih ada loh yang belum bisa membedakan VCO dengan minyak kelapa biasa.

VCO berbeda dari minyak kelapa biasa atau yang sering disebut sebagai minyak klentik. Perbedaan proses pengolahan membuat minyak klentik memiliki kadar air dan asam lemak bebas yang cukup tinggi yang cukup berefek buruk pada kesehatan. Warnanya pun kecokelatan dan cepat berbau tengik. Sementara VCO memiliki warna bening, dan memiliki aroma harum yang lembut.

Apa saja sih manfaat VCO bagi kesehatan dan kecantikan tubuh? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Rambut

Khasiat VCO sebagai kondisioner alami telah dikenal sejak dahulu kala. VCO mengandung berbagai suplemen rambut, seperti kalsium, magnesium, dan kalium yang penting untuk memperkuat akar rambut, dan melembabkan dan mengilaukan rambut. VCO juga dapat dijadikan kondisioner alami untuk rambut, bahkan merawat kulit kepala dari gangguan semacam kulit kepala gatal, kering, dan berminyak.

2. Wajah dan kulit

VCO memiliki antioksidan yang cukup tinggi mampu merawat kelembutan dan kehalusan kulit serta bibir, mencerahkan kulit, memperlambat proses penuaan seperti garis halus, kulit kendur, dan bintik hitam. Selain itu, minyak kelapa mengandung agen mikroba yang mampu membunuh bakteri tanpa merusak kulit sehingga cocok dijadikan obat dan pencegah jerawat. VCO pun bisa menjadi alternatif makeup remover apabila ladies memiliki kulit sensitif. Minyak kelapa akan mengangkat makeup di wajah ladies tanpa menimbulkan efek samping.

Selain merawat kecantikan tubuh, minyak kelapa juga dapat digunakan sebagai pereda masalah kulit seperti stretchmark, kaligata, eksim, dan dermatitis. VCO bekerja cukup cepat sehingga masalah kulit akan lekas hilang dan tidak meninggalkan bekas. Fungsi lain dari VCO adalah sebagai pelembab sebelum melakukan shaving. VCO akan mencegah terjadinya iritasi dan infeksi dari pisau cukur.

3. Mulut

Kandungan antibakteri dan antikuman dalam kelapa mampu menghilangkan masalah mulut seperti bau tidak sedap. Berkumur dengan satu sendok makan VCO selama 20 menit setiap pagi, dilanjutkan dengan membilas mulut dengan air garam, lalu diakhiri dengan gosok gigi dapat membantu merawat kesehatan mulut seperti menjaga nafas tetap segar, gigi lebih putih, dan gusi lebih sehat. Tidak hanya itu, terapi berkumur dengan minyak kelapa ini membantu kulit terjaga kesehatan dan kelembapannya, serta terhindar dari jerawat loh ladies.

4. Diet

VCO dapat digunakan sebagai pengganti minyak kelapa sawit, atau sebagai dressing salad. VCO yang tersiri dari asam lemak rantai sedang mudah diserap oleh tubuh sehingga tidak mudah berubah menjadi cadangan lemak. Selain itu, VCO diyakini dapat membantu menstimulasi metabolisme. Namun tetap harus diimbangi dengan olahraga dan pola makan yang seimbang. Model internasional Miranda Kerr memasukkan VCO ke dalam menu dietnya dan hasilnya 4 bulan setelah melahirkan, tubuhnya kembali seperti semula. Diimbangi dengan olahraga tentunya ya, ladies.

5. Tubuh

Secara umum, VCO membantu tubuh mengatasi infeksi bakteri, membunuh jamur yang menyebabkan keputihan, membantu meredakan gejala-gejala dan mengurangi resiko kesehatan yang berkaitan dengan diabetes mellitus, serta membantu dalam pencegahan sakit jantung, stroke, dan artherosclerosis.

Banyak sekali ya manfaat VCO bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Bagaimana, apakah ladies berminat memasukkan VCO ke dalam rangkaian perawatan kecantikan dan kesehatan ladies?

Sumber: Wolipop, Alodokter

Comments

Loading...