OUR NETWORK

Tips Menjaga Wajah dari Jerawat saat Olahraga

Tips Menjaga Wajah dari Jerawat saat Olahraga
Foto: abestfashion.com

Penyebab jerawat banyak sekali ragamnya, Ladies. Mulai dari lingkungan yang buruk, tidak rutin membersihkan wajah, karena bantal, dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan olahraga pun bisa menjadi penyebab munculnya jerawat jika tidak menjaganya secara baik-baik. Supaya Jangan sampai olahraga yang niatnya menjaga kesehatan dan kebugaran malah jadi penyebab timbulnya jerawat hebat. Makanya yuk, intip tips berikut ini!

Kuncir Rambut Jika Panjang

Tips Menjaga Wajah dari Jerawat saat Olahraga
Foto: popsugar.com

Dr. Susan Massick, seorang dermatologist yang berasal dari Ohio State University Wexner Medical Center mengungkapkan jika memiliki rambut panjang sebaiknya dikuncir dan jauhkan dari wajah. Minyak alami dari wajah dan produk-produk yang digunakan bisa saja beralih ke wajah. Rambut juga bisa membuat wajah kering. Bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan mendorong pertumbuhan jamur serta berkontribusi memunculkan jerawat.

Jangan Pakai Makeup

Jika terlanjur mengenakan makeup, Massick menyarankan untuk menghapusnya. Selama olahraga terjadi peningkatan aliran darah di kulit. Dan hal tersebut menyebabkan pori-pori terbuka. Makeup itu bisa masuk dan menjebak keringat serta bakteri, berangsur-angsur hal tersebut akan menimbulkan jerawat.

Baca juga: Pentingnya Membersihkan Makeup Sebelum Berolahraga

Bersihkan Semua Peralatan yang Mungkin Menyentuh Wajah

Tips Menjaga Wajah dari Jerawat saat Olahraga
Foto: glamour.com

Bersihkan alat-alat yang mungkin akan menyentuh wajah saat olahraga. Misalnya saja headphones, ponsel, dan lain-lain. Bahkan alat-alat seperti halnya kacamata, helm, juga perlu untuk disterilisasi. Membersihkan barang-barang tersebut akan membuat wajah aman dari kotoran, bakteri, bahkan minyak-minyak yang bisa menyebabkan breakout.

Hindari Menyentuh Wajah dengan Tangan

Selama olahraga, usahakan untuk meminimalisir menyentuh wajah. Bakteri, minyak, dan juga kotoran bisa saja berpindah ke kulit yang menyebabkan pori-pori jadi tersumbat. Akhirnya jika tidak dibersihkan jerawat bisa saja bermunculan.

Segera Ganti Baju Sehabis Olahraga

Tips Menjaga Wajah dari Jerawat saat Olahraga
Foto: stylecaster.com

Dr. Elizabeth M. Damstetter, FAAD, seorang asisten profesor dermatology di Rush University Medical Center menyarankan untuk segera mengganti pakaian setelah olahraga. Pastikan mencucinya terlebih dahulu sebelum dipakai kembali, jangan sampai jadi penyebab munculnya jerawat di punggung atau daerah lainnya.

Baca juga: Inilah Cara Olahraga Memengaruhi Kesehatan Kulitmu

Mandi Setelah Olahraga

Jika memungkinkan, mandi setelah keringat mengering. Itu bertujuan untuk menghilangkan keringat, minyak, kotoran, dan bakteri yang terakumulasi di tubuh. Ada baiknya untuk menggunakan sabun dengan kandungan benzoyl peroxide untuk kamu yang memiliki kulit yang mudah berjerawat. Jika dirasa bahan-bahan tersebut terlalu keras, bisa memanfaatkan yang lebih lembut. Misalnya saja micellar water dan cleanser.

Intinya, selalu jaga kebersihan dan segera membasuh diri setelah olahraga untuk menghindari munculnya jerawat mengganggu ya, Ladies!

 

 

Sumber: Healthline

Comments

Loading...