OUR NETWORK

Inilah Cara Olahraga Memengaruhi Kesehatan Kulitmu

Inilah Cara Olahraga Memengaruhi Kesehatan Kulitmu

Selama ini jika kita berbicara mengenai olahraga, kebanyakan memanfaatkannya untuk menurunkan berat badan. Namun, ternyata aktivitas fisik ini juga sangat bagus untuk kesehatan kulit. Dan sudah banyak yang membuktikan jika olahraga ini benar-benar bisa membuat kulit jadi lebih sehat, kenyal, dan awet muda. Pertanyaanya, bagaimana olahraga bisa memengaruhi kesehatan kulitmu dan kecantikannya sampai segitunya? Maka dari itulah, mari kita bahas lebih mendalam mengenai cara olahraga membuat kulit jadi lebih cantik.

Baca juga: Mencegah Jerawat dengan Olahraga, Begini Caranya

Kulit Lebih Bercahaya Setelah Olahraga

Inilah Cara Olahraga Memengaruhi Kesehatan Kulitmu
Foto: mettaskincare.com

Ketika jantungmu berdetak lebih cepat, pembuluh darah akan melebar atau mengalami yang namanya vasolidasi dan memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh. “Ketika Anda berolahraga, darah akan memompa lebih banyak dan meningkatkan sirkulasi oksigen dan menyebarkan nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk kulit dan akan membuatnya lebih cerah dan bercahaya usai olahraga,” papar dokter kulit Yoon-Soo Cindey Bae, M.D. Dan efeknya akan bertahan sekitaran satu jam. Ini dikenal dengan post-workout glow.

Tapi Terlalu Banyak Olahraga Bisa Membuat Kulit Buruk

Rajani Katta, M.D., clinical professor of dermatology di University of Texas Houston McGovern Medical School menyebutkan jika terlalu ‘panas’ dan terlalu banyak berkeringat selama olahraga, iritasi bisa timbul bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Buat mereka yang memiliki kulit sensitif berupa rosacea ataupun juga eczema perlu jauh-jauh dari yang namanya keringat. Contohnya saja olahraga di dalam ruangan yang ada pendingin ataupun juga selalu membawa handuk kecil untuk membersihkan keringat.

Jika Punya Kulit Sensitif Sebisa Mungkin Langsung Mandi Usai Olahraga

Inilah Cara Olahraga Memengaruhi Kesehatan Kulitmu
Foto: wellandgood.com

Berkeringat saat memakai makeup, duduk terlalu lama di mobil setelah olahraga tanpa mandi, dan tetap menggunakan sporty bra beberapa jam usai olahraga bisa menyebabkan breakout, ataupun juga membuat kulit tidak nyaman. Lebih baik segera basuh keringat dan kotoran-kotoran yag menempel di kulit. Jika tidak ingin mandi, bisa dibersihkan dengan tisu basah supaya kulitmu tetap higienis.

Olahraga Bisa Menimbulkan Masalah Kulit Jika…

Bukan olahraganya yang menyebabkan kulit jadi buruk, melainkan kebiasan-kebiasaan buruknya. Kebiasan buruk bisa menyebabkan jerawat. Misalnya saja mengenakan makeup berlebihan saat olahraga atau memakai pakaian yang kotor. Nah, untuk menyiasatinya tinggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang selama ini dilakukan. Mulai untuk menghapus makeup sebelum olahraga atau memakai makeup yang non-comedogenic dan tidak akan menyumbat pori-pori.

Keringat di Kulit Kepala yang Sering Bisa Sebabkan Ketombe

Inilah Cara Olahraga Memengaruhi Kesehatan Kulitmu
Foto: healthambition.com

Setelah olahraga, rambut akan sering basah. Enaknya sih langsung mandi dan keramas setelah olahraga ya. Namun kadang keadannya tidak memungkinkan. Memang sih untuk sementara waktu kamu bisa menggunakan dry shampoo. Eits, tapi perlu diingat, rambut berkeringat dan tidak dibasuh bisa menyebabkan ketombe yang lebih parah. Jangan abaikan perawatan pada kulit kepala, Ladies.

Baca juga: Tips Mengatasi Rambut Rontok dan Berketombe

Olahraga memang sangat baik untuk kulit dan membuatnya bercahaya serta sehat. Tapi, tentu saja jangan mempertahankan kebiasaan-kebiasaan buruk yang membuat kulit makin tidak sehat. Yuk, mulai olahraga, supaya badan dan pikiran jadi lebih sehat.

Sumber: Self, Foto: Intothegloss.com

Comments

Loading...