OUR NETWORK

Pentingnya Membersihkan Makeup Sebelum Berolahraga

Pentingnya Membersihkan Makeup Sebelum Berolahraga
Foto: shemazing.net

Ladies, apakah kamu salah satu orang yang jadwal workout nya setelah jam kantor? Apakah kamu terbiasa makeup an ketika berolahraga? Entah karena memang ada orang yang sedang kamu taksir di gym tersebut atau memang malas saja membersihkan makeup yang udah on sejak pagi di kantor.

Ternyata membiarkan mukamu terlapisi makeup ketika berolahraga nggak baik loh, Ladies. Kenapa? Ini saya berikan 3 alasan kenapa kamu harus membersihkan mukamu terlebih dahulu sebelum kamu berolahraga.

1. Kulit itu adalah tempat perkembangbiakan bakteri

Fakta ilmiahnya begini: kalau kamu pernah melakukan percobaan untuk mengetahui seberapa banyak bakteri yang ada di kulitmu, hasilnya mengerikan. Tapi jangan takut Ladies, karena hal ini bukan berita buruk. Bakteri yang ada di kulit itu memang secara natural terjadi, seperti usus yang selalu mengeluarkan kotoran dari dalam perut. Bakteri tersebut memakan kulit mati dan sebum kita, dan ada peningkatan penelitian yang mencari tahu kenapa menjaga keseimbangan bakteri tersebut baik untuk kulit.

Nah, ketika berolahraga kita pasti keringetan dong, Ladies. Keringat dan sebum yang berlebihan tersebut menjadi serangan penyebaran bakteri, dan dapat merusak keseimbangan kesehatan pada kulit. Apalagi ketika kondisi wajahmu masih berlapiskan makeup, bisa memerangkap debu dan kotoran dan yang lainnya yang buruk buat kulitmu.

Jadi sebaiknya, bersihkan dahulu makeup kamu supaya kulit bisa bernapas dengan baik. Supaya keringatmu lebih cepat menguap dari permukaan sehingga  membuatmu tenang dan mencegah bakteri jahat untuk berkembang.

Baca juga: Inilah Cara Olahraga Memengaruhi Kesehatan Kulitmu

2. Kelenjar keringat dan pori-pori terbuka

Keringat adalah cara tubuh untuk mendinginkan suhu, karena ketika berolahraga tubuh menjadi panas.  Pori-pori dan kelenjar keringat terbuka untuk mengeluarkan keringat. Maka, jika ada lapisan makeup yang menghalangi pori-pori untuk bebas bernapas maka pori-pori tersebut akan tersumbat. Efeknya? Jerawatan, komedo, dan iritasi kulit.

3. Walaupun makeup anti keringat yang digunakan tidak berada di kelenjar keringat, seperti maskara, namun tetap akan menghambat pori-pori

Yang dimaksud makeup anti keringat adalah makeup yang akan tetap ada di situ ketika kamu berkeringat, yang mana sangat mungkin sekali lebih buruk daripada makeup yang tidak anti keringat. Dan akibatnya bisa lebih menyumbat pori-pori karena kemampuan si makeup itu untuk tetap di area tersebut.

Baca juga: Tidak Mau Pori-Pori Tersumbat? Stop 6 Kebiasaan Ini!

Bahkan maskara saja harus dihapus. Walaupun formulanya waterproof dan secara teknis nggak nggak kena pori-pori, kamu bisa aja secara tidak sengaja mengucek-ngucek matamu ketika sedang nge-gym. maskaranya mungkin akan mengenai kelopak matamu dan membuat bintik-bintik milia  di sekitar mata kamu.

Jadi sebaiknya Ladies, selalu bersihkan mukamu dari makeup dan selalu bawa makeup remover ketika kamu berencana berolahraga sehabis kerja. Supaya tubuh sehat kulit tetap flawless. Lagian kan ribet juga olahraga dan keringetan tapi tetap mempertahankan makeup. Hehe…

Sumber: shape.com

Comments