OUR NETWORK

Pilih Ceramic atau Titanium Flat Irons? Kenali Perbedaannya, Yuk!

Pilih Ceramic atau Titanium Flat Irons? Kenali Perbedaannya, Yuk!
Foto: foreo.com

Untuk memperoleh rambut yang halus, lurus, dan berkilau memang bukanlah hal yang mudah. Proses pelurusan rambut yang diharapkan dapat menjadikan imajinasi tampilan menjadi nyata, tak jarang malah membuat rambut tampak sebaliknya. Mala menjadi kusam, lurus yang tidak alami, bahkan ada ikal membandel yang tertinggal. Kebanyakan orang kemudian meningkatkan suhu alat styling yang digunakan hingga 450 derajat. Alih-alih tampak cantik, rambutmu justru semakin rusak.

Well, menurut para ahli styling, bila hal ini terjadi, mungkin yang salah bukan kurangnya suhu yang diaplikasikan, melainkan, pelat alat yang digunakan. Biasanya, flat iron menggunakan ceramic atau titanium sebagai pelatnya. Keduanya memiliki perbedaan yang tampak pada proses hingga hasil akhirnya.

Perbedaan utama yang paling menonjol di antara keduanya ialah kecepatan dan metode yang diaplikasikan ketika memanaskan rambut.

Ceramic plates memanaskan rambut dari dalam ke luar. Sementara titanium memanaskan dari permukaan batang rambut. Ceramic plates memerlukan waktu lebih lama untuk memanas, meski begitu, jangka waktu ini justru baik untuk rambut. Sementara titanium menghasilkan api yang hampir seketika yang juga memberikan risiko kerusakan rambut lebih tinggi. Biasanya, titanium plates digunakan oleh para professional. Pasalnya, dengan keahlian para professional inilah yang bisa menghindarkan rambut dari kerusakan serius dan membuat hasil akhir rambut tampak halus dan merata pada seluruh area.

Pilih Ceramic atau Titanium Flat Irons? Kenali Perbedaannya, Yuk!
Foto: freepik.com

Selain itu, perbedaan lainnya ialah metode plates memanaskan rambut. Ceramic flat irons mengirimkan panas melalui teknologi inframerah, meluruskan rambut dari dalam ke luar. Alat ini memberikan hasil akhir rambut yang lebih lembut dan tekstur yang lebih halus. Sementara, titanium, memanaskan permukaan batang rambut.

Well, manapun plates yang kamu pilih, yang terpenting menurut para stylists ialah persiapannya.

Pastikan kamu telah menyiapkan dan memberi rambutmu perlindungan dengan benar sebelum di-styling. “Pastikan rambut terjaga dan terlindungi ketika proses straightening mulai dari saat mandi,” tekan celebrity hairstylist, dan ambassador Nature Lab Tokyo, Laura Polko, ketika diwawancara TZR. Dalam hal ini, pilih sampo dan conditioner yang melembapkan, jika diperlukan, aplikasikan juga masker untuk perawatan rambut yang dapat membantu memulihkan rambut dan menjaga kelembapan rambut untuk menghadapi suhu panas dari flat iron. Metode ini dapat membuat rambutmu lebih lembut dan halus, dan terhindar dari kerusakan yang seringkali terjadi pada rambut yang dipanaskan tanpa diberi perlindungan.

Baca juga: Tak Perlu Bingung, Ini Curling Iron Sesuai Tipe Rambut Kamu

Setelah itu, pada proses straightening, bila kamu mengharapkan hasil akhir rambut lurus secara keseluruhan, para ahli merekomendasikan untuk menggunakan titanium plates. Pasalnya, titanium plates dinilai lebih ringan dan mampu memberikan efek straightening yang menyeluruh. Namun, kamu perlu berhati-hati dalam menggunakannya. Mengingat, ia dapat memberikan efek lurus dengan cepat, ia perlu digunakan dengan benar dan tepat sehingga terhindar dari pengaplikasian panas yang berlebih yang dapat merusak rambut.

Pilih Ceramic atau Titanium Flat Irons? Kenali Perbedaannya, Yuk!
Foto: freepik.com

Sementara, untuk kamu yang ingin memperoleh hasil akhir lurus alami yang ditampilkan dengan sedikit ikal pada ujungnya, flat iron dengan ceramic plates lebih cocok untukmu.

Suhu panasnya yang dapat dikendalikan memberikan keamanan yang lebih dibandingkan flat iron dengan titanium plates. Selain itu juga tidak akan merusak pola ikal alami rambutmu. “Saya merekomendasikan untuk menggunakan ceramic and ionic duo flat iron. Karena flat iron ini mampu memasukkan kelembaban ke rambut saat meluruskannya,” jelas Editorial hairstylist, Cheryl Bergamy. Pengaturan suhu yang ditekankannya pun penting untuk menghindari potensi kerusakan elastisitas rambut seiring waktu penggunaannya. Senada dengan Bergamy, Polko juga menilai ceramic plates dapat memberikan hasil akhir rambut yang halus dan mudah diatur. Hal ini sangat membantu ketika kita akan membentuk gaya rambut apapun.

Dari ulasan di atas, dapat diketahui bahwa setiap flat iron memiliki keunikannya. Namun, Bergamy menyarankan untuk penggunaan non-profesional, lebih baik memilih flat iron dengan ceramic plates. “Semuanya tentang keamanan, terutama dalam hal menata rambut bertekstur,” ujarnya.

 

 

Sumber: The Zoe Report

Comments

Loading...