OUR NETWORK

Kuku 101: Membuat Kuku Tumbuh Lebih Cepat, Bisakah?

Kuku 101: Membuat Kuku Tumbuh Lebih Cepat, Bisakah?

Fungsi kuku bukanlah sekadar untuk dihias dengan aneka warna cat kuku loh Ladies. Secara medis, kuku berfungsi untuk melindungi jari, membantu saat menggenggam atau menggunakan suatu objek, juga menjadi alat sempurna untuk menggaruk bagian yang gatal. Oleh sebab itulah Ladies disarankan untuk memiliki kuku yang tidak terlalu pendek.

Lalu bagaimana nih apabila Ladies terlanjur memotong kuku padahal beberapa hari kemudian harus menggunakan kuku untuk memainkan alat musik, atau Ladies harus memanjangkan kuku karena ingin menggunakan cat kuku cantik tetapi tidak ingin menggunakan kuku palsu? Ladies pasti segera mencari cara untuk membuat kuku tumbuh lebih cepat di Google, bukan? Nah, sayang seribu sayang, nail growth remedies yang saat ini tersebar di internet ternyata tidak membuat kuku tumbuh lebih cepat. Perawatan tersebut hanya akan membuat kuku lebih sehat dan tumbuh lebih panjang saja.

Sebelum membahas lebih jauh, yuk kita kenali dulu beberapa fakta mengenai kuku.

  1. Kuku tumbuh rata-rata 3,5 milimeter pe rbulan.
  2. Pertumbuhan kuku dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kesehatan, nutrisi, dan jenis perawatan kuku.
  3. Tidak ada lotion atau cat kuku spesial yang dapat membuat kuku tumbuh lebih panjang.
  4. Kuku terbagi menjadi dua, yaitu nail plate dan nail bed. Nail plate adalah bagian keras dari kuku, atau yang lazim dianggap kuku, yang terbuat dari keratin. Nail bed tidak terbuat dari jaringan hidup, jadi kondisi dan kesehatan nail bed tidak dapat diperbaiki. Meskipun demikian, kerusakan pada nail bed sangat mungkin dicegah dengan cara memerhatikan kondisi nail bed.
  5. Nail bed adalah jaringan yang berada di bawah nail plate. Nail bed adalah jaringan hidup yang memengaruhi kondisi serta kesehatan kuku.

Mitos mengenai pertumbuhan kuku.

Kuku 101: Membuat Kuku Tumbuh Lebih Cepat, Bisakah?
Foto: medicalnewstoday.com

Yup, pertumbuhan kuku pun dilingkupi mitos loh, Ladies. Setidaknya ada dua mitos yang dipercaya secara luas oleh masyarakat, apakah Ladies memercayainya juga?

  1. Pengaplikasian vitamin langsung di permukaan kuku akan membantu kuku tumbuh lebih cepat. Vitamin tidak akan membuat kuku tumbuh lebih cepat, melainkan hanya menguatkan dan mencegah kerapuhan kuku.
  2. Tidak ada cat kuku, gel, atau produk apapun yang bisa menunjang kesehatan kuku. Beberapa produk tersebut justru sulit dihapus sehingga dapat merusak permukaan kuku. Apabila Ladies sering menggunakan nail polish remover berbahan aseton, maka sebaiknya dihentikan dan cari alternatif lain karena zat tersebut dapat membuat kuku menjadi rusak.

Makanan penunjang kesehatan kuku.

Kuku 101: Membuat Kuku Tumbuh Lebih Cepat, Bisakah?
Foto: medicalnewstoday.com

Seperti bagian tubuh lainnya, kuku pun membutuhkan asupan gizi agar tetap sehat, antarai lain protein, air, buah-buahan, sayur-sayuran, serta berbagai vitamin dan mineral. Kuku biasanya memberikan peringatan secara jelas dan cepat apabila tubuh kekurangan nutrisi. Misalnya, orang yang kekurangan zat besi akan memiliki kuku yang raput ataupun penyok, atau orang yang kekurangan protein akan memiliki kuku yang bergelombang. Beberapa nutrisi yang dapat membantu menjaga kesehatan kuku antara lain:

1. Kalsium.

Kalsium bukan saja dapat memperkuat tulang, tetapi juga kuku. Penelitian menemukan bahwa para wanita menopause yang menderita osteoporosis ternyata mengalami perubahan kondisi kuku. Namun peneliti masih belum dapat memastikan apakah kalsium benar-benar dapat memperbaiki kesehatan kuku. Meskipun demikian, Ladies tetap harus mengonsumsi cukup kalsium untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Protein.

Berhubung protein adalah zat pembentuk kuku, maka wajar apabila orang-orang berpikir bahwa kekurangan protein akan berefek buruk pada kuku. Untuk menambah asupan protein, Ladies bisa mengonsumsi daging tanpa lemak, seperti ayam dan ikan. Sementara untuk para vegetarian, protein bisa didapatkan dari kacang-kacangan dan produk susu, yaitu susu dan keju.

3. Biotin.

Biotin adalah vitamin B kompleks yang dapat menunjang kesehatan rambut dan pertumbuhan kuku. Biotin memang diyakini dapat menguatkan kuku, tetapi sampai saat ini belum ada bukti khasiatnya untuk membuat kuku tumbuh lebih cepat.

Perawatan di rumah.

Tidak perlu repot-repot ke salon untuk mendapatkan kuku yang sehat, Ladies bisa melakukannya di rumah loh. Beberapa perawatan kuku di bawah ini mungkin tidak akan membuat kuku tumbuh lebih cepat, tetapi akan menunjang kesehatan kuku dan membuat kuku tumbuh secara maksimal.

1. Mencegah dan mengatasi kulit kering.

Kuku 101: Membuat Kuku Tumbuh Lebih Cepat, Bisakah?
Foto: medicalnewstoday.com

Kulit kering = kuku kering. Kulit yang sangat kering berisiko untuk pecah-pecah dan berdarah, dan akhirnya membuat kulit serta kuku mudah terinfeksi bakteri dan jamur. Ladies dapat mencegah kulit kering dengan selalu mengaplikasikan hand cream setiap kali selesai mencuci tangan. Bingung memiliki hand cream? Baca artikel Mera Muda sebelumnya, Rekomendasi Hand Cream dengan Harga Terjangkau

2. Pastikan kuku selalu kering.

Air dapat membuat kuku menjadi lemah dan rapuh. Jagalah agar kuku tetap kering dengan mengeringkan tangan setiap kali selesai beraktivitas dengan air. Saat menggunakan produk kimia, seperti sabun cuci piring dan detergen, usahakan gunakan sarung tangan untuk mencegah air dan zat kimia terpapar langsung pada kuku.

3. Memotong kuku.

Dengan rutin memotong kuku, risiko kuku untuk tersangkut dan rusak pun lebih kecil. Usahakan bentuk kuku dengan betnuk natural, seperti ujung membulat atau kotak.

4. Pemijatan.

Penyakit seperti diabetes dapat mengganggu peredaran darah ke kuku sehingga membuat kuku menjadi lemah. Kondisi ini biasanya lebih mungkin menyerang kuku kaki daripada kuku tangan. Untuk mencegahnya cukup lakukan pemijatan kaki secara lembut dan rutin.

5. Merawat kutikula.

Kutikula adalah lapisan tipis kulit yang melindung bagian matriks kuku. Apabila kutikula dipotong terlalu pendek, maka bagian nail bed akan terekspos dan membuatnya rentan terinfeksi. Oleh sebab itu, alih-alih memotong kutikula, lebih baik Ladies melembapkannya dengan menggunakan hand cream.

6. Hati-hati saat memanikur kuku.

Infeksi yang diakibatkan oleh perawatan kecantikan kuku di salon sangatlah lazim terjadi. Hal tersebut bisa diakibatkan oleh teknik manikur yang terlalu agresif, seperti pemotongan kutikula yang terlalu pendek, sehingga membuat bakteri mudah masuk ke kuku. Untuk mencegahnya, selalu bawa peralatan manikur pribadi ke salon, dan cek reputasi salon dengan melihat review di website atau Google, atau menanyakan pada teman. Saat melakukan manikur, apabila terasa sakit, segeralah minta untuk berhenti. Ingat, manikur seharusnya tidak menyebabkan rasa sakit.

7. Hindari nail polish remover berbahaya.

Nail polish remover berbahan aseton dapat merenggut kelembapan kuku sehingga membuatnya kering dan lemah. Hindari penggunaan aseton juga produk cat kuku yang membutuhkan aseton untuk membersihkannya. Namun apabila Ladies tidak punya pilihan selain aseton, maka gunakan teknik pengusapan untuk menghapus cat kuku, jangan menggunakan teknik merendam kuku dalam aseton. Setelah itu, segeralah cuci tangan, keringkan, dan lembapkan tangan dengan hand cream.

8. Konsultasi ke dokter.

Apabila Ladies memiliki penyakit seperti diabetes atau psoriasis yang dapat memengaruhi kulit dan kuku, segeralah konsultasi pada dokter. Jangan tunggu hingga kondisi kulit dan kuku menjadi parah, juga sebaiknya jangan mengandalkan salon untuk merawat kondisi tersebut.

Perlu Ladies ketahui bahwa kuku sangat bisa menjadi pemberi tanda bagi kondisi tubuh, seperti kekurangan nutrisi atau diabetes. Apabila perawatan rumah di atas tidak juga memperbaiki kondisi kuku, maka segeralah datangi dokter untuk mengetahui akar masalah kuku. Perawatan secara medis mungkin adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah kuku yang Ladies alami.

Sumber: Medical News Today, Foto cover: saga.co.uk

Comments

Loading...