OUR NETWORK

Kuku 101: Membuat Kuku Tumbuh Lebih Cepat, Bisakah?

Kuku 101: Membuat Kuku Tumbuh Lebih Cepat, Bisakah?

Fungsi kuku bukanlah sekadar untuk dihias dengan aneka warna cat kuku loh Ladies. Secara medis, kuku berfungsi untuk melindungi jari, membantu saat menggenggam atau menggunakan suatu objek, juga menjadi alat sempurna untuk menggaruk bagian yang gatal. Oleh sebab itulah Ladies disarankan untuk memiliki kuku yang tidak terlalu pendek.

Lalu bagaimana nih apabila Ladies terlanjur memotong kuku padahal beberapa hari kemudian harus menggunakan kuku untuk memainkan alat musik, atau Ladies harus memanjangkan kuku karena ingin menggunakan cat kuku cantik tetapi tidak ingin menggunakan kuku palsu? Ladies pasti segera mencari cara untuk membuat kuku tumbuh lebih cepat di Google, bukan? Nah, sayang seribu sayang, nail growth remedies yang saat ini tersebar di internet ternyata tidak membuat kuku tumbuh lebih cepat. Perawatan tersebut hanya akan membuat kuku lebih sehat dan tumbuh lebih panjang saja.

Sebelum membahas lebih jauh, yuk kita kenali dulu beberapa fakta mengenai kuku.

  1. Kuku tumbuh rata-rata 3,5 milimeter pe rbulan.
  2. Pertumbuhan kuku dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kesehatan, nutrisi, dan jenis perawatan kuku.
  3. Tidak ada lotion atau cat kuku spesial yang dapat membuat kuku tumbuh lebih panjang.
  4. Kuku terbagi menjadi dua, yaitu nail plate dan nail bed. Nail plate adalah bagian keras dari kuku, atau yang lazim dianggap kuku, yang terbuat dari keratin. Nail bed tidak terbuat dari jaringan hidup, jadi kondisi dan kesehatan nail bed tidak dapat diperbaiki. Meskipun demikian, kerusakan pada nail bed sangat mungkin dicegah dengan cara memerhatikan kondisi nail bed.
  5. Nail bed adalah jaringan yang berada di bawah nail plate. Nail bed adalah jaringan hidup yang memengaruhi kondisi serta kesehatan kuku.

Mitos mengenai pertumbuhan kuku.

Kuku 101: Membuat Kuku Tumbuh Lebih Cepat, Bisakah?
Foto: medicalnewstoday.com

Yup, pertumbuhan kuku pun dilingkupi mitos loh, Ladies. Setidaknya ada dua mitos yang dipercaya secara luas oleh masyarakat, apakah Ladies memercayainya juga?

  1. Pengaplikasian vitamin langsung di permukaan kuku akan membantu kuku tumbuh lebih cepat. Vitamin tidak akan membuat kuku tumbuh lebih cepat, melainkan hanya menguatkan dan mencegah kerapuhan kuku.
  2. Tidak ada cat kuku, gel, atau produk apapun yang bisa menunjang kesehatan kuku. Beberapa produk tersebut justru sulit dihapus sehingga dapat merusak permukaan kuku. Apabila Ladies sering menggunakan nail polish remover berbahan aseton, maka sebaiknya dihentikan dan cari alternatif lain karena zat tersebut dapat membuat kuku menjadi rusak.

Makanan penunjang kesehatan kuku.

Kuku 101: Membuat Kuku Tumbuh Lebih Cepat, Bisakah?
Foto: medicalnewstoday.com

Seperti bagian tubuh lainnya, kuku pun membutuhkan asupan gizi agar tetap sehat, antarai lain protein, air, buah-buahan, sayur-sayuran, serta berbagai vitamin dan mineral. Kuku biasanya memberikan peringatan secara jelas dan cepat apabila tubuh kekurangan nutrisi. Misalnya, orang yang kekurangan zat besi akan memiliki kuku yang raput ataupun penyok, atau orang yang kekurangan protein akan memiliki kuku yang bergelombang. Beberapa nutrisi yang dapat membantu menjaga kesehatan kuku antara lain:

Comments

Loading...