OUR NETWORK

Amankah Menggunakan Pantyliner Setiap Hari?

Amankah Menggunakan Pantyliner Setiap Hari?
Foto: littlethings.com

Untuk menjaga agar area kewanitaan tetap nyaman dan tak lembap berlebihan, banyak wanita menggunakan pantyliner. Terlebih lagi saat traveling, pantyliner sangat bisa diandalkan buat menghemat underwear. Bagi Ladies yang belum terlalu familiar dengan pantyliner, ini bentuknya mirip pembalut namun ukurannya lebih kecil. Kalau dipakai sesekali mungkin tak ada hal yang perlu dipermasalahkan, tapi pertanyaanya, amankah menggunakan pantyliner setiap hari?

Menurut seorang spesialis kandungan dan kebidaan, dr. Jessica Sheperd, penggunaan pantyliner setiap hari boleh saja, dengan syarat Ladies harus rutin menggantinya 4 jam sekali. Tak hanya itu saja, untuk menjaga area kewanitaan tetap sehat kamu juga perlu memilih produk pantyliner yang tidak mengandung pewangi ataupun juga zat kimia berbahaya. Memang penggunaanya diperbolehkan, tapi jika Ladies memakai pantyliner dengan kurang bijak, bisa menimbulkan dampak negatif lho. Apa sajakah itu? Yuk lihat seperti berikut ini.

Iritasi

Dampak negatif pertama yang seringkali dirasakan para wanita adalah iritasi pada vulva atau bagian luar vagina. Pasalnya, selama ini sebagian besar bahan dasar pantyliner adalah katun yang apabila bergesakan dengan vulva bisa menyebabkan iritasi. Maka dari itulah, salah satu dokter dari tim Redaksi Klikdokter menyarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan pantyliner, apalagi menggunakannya setiap hari.

Bakteri dan Jamur Berkembangbiak dengan Pesat

Amankah Menggunakan Pantyliner Setiap Hari?
Foto: popbela.com

Penggunaan pantyliner dalam jangka waktu yang sangat sering, apalagi setiap hari bisa menghalangi sirkulasi udara pada area vagina. Berdasarkan keterangan direktur Midlife Health Center di University of Pittsburgh Medical Center’s Magee-Women’s Hospital, Mary Peterson, MD penggunaan pantyliner ini bisa menimbulkan jamur ataupun bakteri lantaran sirkulasi udara tidak berjalan baik. Penjelasannya, kulit tidak bisa bernafas dengan lega, dengan begini ditakutkan jamur akan berkembang biak dengan pesat dan menyebabkan penyakit atau gangguan yang tidak diinginkan.

Menyebabkan Alergi

Tak hanya menyebabkan iritasi, dr. Lauren Streicher, Ginekolog mengungkapkan bahaya wewangian yang ditimbulkan dari pantyliner. Bagi Ladies yang kurang cocok, wewangian dari pantyliner ini bisa menyebabkan alergi. Bagi kamu yang sekiranya merasakan dampak buruk setelah penggunaan pantyliner, segera hentikan pemakaian dan periksakan diri ke dokter.

Meskipun pantyliner aman, namun penggunaan setiap hari tidak terlalu disarankan ya, Ladies. Sesekali boleh lah ya, namun jangan menggunakannya setiap hari. Kalau memang harus menggunakannya, jangan lupa untuk menggantinya secara teratur seperti yang disarankan. Berikan juga area kewanitaan sedikit kebebasan untuk bernapas.

Sumber: Hello Sehat, Gadis.co.id, Foto cover: littlethings.com

Comments

Loading...