OUR NETWORK

Keramas dengan Shampo Batang, Apa Bedanya?

Keramas dengan Shampo Batang, Apa Bedanya?
Foto: iprice.co.id

Bermunculannya berbagai jenis produk perawatan tubuh, memungkinkanmu memperoleh pengalaman mengenakan produk dengan bentuk yang tidak biasa dari apa yang kamu kenakan. Saking terbiasanya, pernah nggak kamu benar-benar mencari secara sengaja produk perawatan rambut dengan tekstur dan bentuk yang belum pernah kamu coba? Misalnya mencoba shampoo bar alias sampo berbentuk batangan?

Well, menarik memang mencoba hal yang baru. Namun, kamu tetap perlu memperhatikan efektivitas dari produk yang kamu kenakan tersebut, Ladies. Tidak hanya kandungannya, melainkan juga bentuk produknya. Karena ternyara akan memengaruhi juga ke hasil akhir yang kamu harapkan. Product formulator dari Ethique, Brianne West, menyetujui pendapat tersebut. Ia menyarankanmu untuk memastikan pula efek samping yang diberikan dari bentuk produk tersebut.

Baca juga: Manfaat dan Rekomendasi Clarifying Shampoo

“Shampo berbentuk padat harus melakukan sebaik yang dilakukan cairan. Yakni memberikan efek bersinar pada tubuh tanpa membuat rambut menjadi kering dan lebih banyak penumpukan kotoran,” jelasnya. Jadi, apa keramas menggunakan shampo berbentuk sabun batang baik untuk digunakan? Dilansir dari Stylecaster, yuk kita lihat pro dan kontranya!

Keramas dengan Shampo Batang, Apa Bedanya?
Foto: makelifeeasier123.blogspot.com

Sebagaimana yang diketahui, penggunaan shampo berbentuk batang lebih hemat dari shampo cair. Selain itu, shampo berbentuk batang juga dianggap dapat mengembalikan rambut pada kondisi semula, berkilau, dan bervolume. Di saat bersamaan ketika membersihkan rambut dari residu tersisa bahan kimia yang ada dalam pembersih rambut tradisional. Menyetujui hal ini, Creator dan Grand Mixtress dari Oyin Handmade, Jamyla Bennu, menyatakan bahwa sabun batang dapat membersihkan rambut secara lebih lembut dan menghindarkannya dari perusakan rambut sebagaimana yang dilakukan shampo berbasis detergen.

“Shampo batang tidak akan mengikis rambut dengan cara yang sama seperti shampo berbasis detergen. Dan kamu bisa melihat perbedaannya dari kondisi rambut basahmu ketika sudah selesai keramas,” jelasnya. Hal ini dikarenakan shampo batang tidak melibatkan beberapa kandungan aditif pada formulanya, seperti natrium lauril sulfat dan ammonium lauril sulfat. Pasalnya, dua kandungan inilah yang dinilai dapat menghilangkan kelembapan alami rambut dan kulit kepala. Formulanya yang dinilai aman dan teksturnya yang lembut ini membuat sebagian orang menganggap bahwa kondisioner tidak perlu digunakan setelah keramas dengan shampo berbentuk bar ini.

Keramas dengan Shampo Batang, Apa Bedanya?
Foto: easihairpro.com

Akan tetapi, di sisi lain, stylist yang berbasis di Chicago, Jon David, menyatakan, konsentrasi tinggi yang ada dalam shampo batang justru memiliki banyak kandungan lilin, sehingga dapat meninggalkan lapisan kotoran pada rambut.

“Ini terjadi karena sabun, yang terbuat dari minyak sponifikasi dan alkali, bereaksi dengan air ketika kamu menggunakannya, dan ini membentuk buih sabun,” jelas formulator dan creator Flourish Body Care, Kirsten Connor. Untuk menghindarinya, banyak pengguna shampo batang menggunakan cuka sari apel untuk menghilangkan lapisan tersebut saat membils. Ini berguna untuk membuat rambut mereka bersinar.

Senada dengan Connor, menurut Editor di NaturallyCurly.com, Susonnah G. Barklow, para pemilik rambut panjang, patah-patah, atau keriting akan memperoleh dampak negatif yang lebih banyak. Dalam hal ini, mereka akan mengalami rambut kering dan kusut, beserta rasa ‘terlapisi’ sesuatu pada rambutnya.

Baca juga: Memilih Sampo Terbaik untuk Masing-Masing Jenis Rambut

Nah, untuk mencegah hal-hal tidak diinginkan ini terjadi, ada langkah penting yang perlu kamu lakukan sebelum memutuskan menggunakan shampo batang pada rutinitas perawatan rambutmu sehari-hari. Kamu harus memastikan kandungan yang ada di dalamnya. Pertama, pastikan produk tersebut merupakan produk yang mengandung minyak alami, sehingga dapat membantu perawatan rambutmu. Kedua, pastikan ia mengandung pH yang seimbang, tentunya disesuaikan dengan pH rambutmu, ya, agar kerusakan rambut seperti kasar dan kusam dapat dihindari. Selain itu, ketika menggunakannya, ada baiknya kamu memotongnya kecil-kecil agar manfaat dari shampo tersebut dapat langsung terasa di kulit kepala dan hasilnya akan lebih maksimal.

Well, yang mana pun bentuk shampo yang akan kamu gunakan, pastikan kamu menyesuaikan kandungan produk dengan kondisi rambutmu, serta menggunakannya secara tepat, ya Ladies, agar hasil akhir yang diperoleh pun sesuai dengan yang kamu inginkan.

 

Sumber: Stylecaster

Comments

Loading...