OUR NETWORK

Cara Mudah Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Cara Mudah Menghilangkan Noda Bekas Jerawat
Foto: cannabismd.com

Noda bekas jerawat menjadi masalah tersendiri yang perlu diatasi. Dari noda kemerahan sampai kehitaman, memang akan membuat kepercayaan diri berkurang. Namun, tenang saja, noda bekas jerawat ini sebenarnya tidak permanen dan bisa hilang. Hanya saja proses hilangnya ini memerlukan waktu yang berbeda setiap orang. Untuk segera meminimalisir noda bekas jerawat, berikut ini adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan. Here we go!

1. Eksfoliasi Wajah Setiap Hari dengan Toner

Cara Mudah Menghilangkan Noda Bekas Jerawat
Foto: sociolla.com

Cara pertama yang sangat mudah untuk kamu lakukan adalah meng-eksfoliasi wajah, bekas jerawat dengan toner setiap hari. Pilih toner yang bebas alkohol untuk mengangkat sel-sel kulit mati, supaya wajah tampil lebih sehat dan segar. Semakin cepat kulit mati hilang atau terkelupas, maka akan membuat hiperpigmentasi setelah penyembuhan jerawat bisa ditangani.

2. Gunakan Asam Alfa-Hidroksi

Kemudian, kamu juga bisa menggunakan asam alfa-hidroksi. Bahan ini biasanya ada di apotek dan digunakan untuk menghilangkan lapisan atas kulit, dan memberikan tampilan lebih segar. Penggunaan asam alfa-hidroksi ini bisa menyebabkan pengelupasan kulit, meskipun biasanya memerlukan waktu yang sedikit. Nah, oleskan tipis-tipis bahan kimia satu ini, biarkan beberapa menit lalu dibilas.

3. Gunakan Air Lemon ke Kulit

Cara Mudah Menghilangkan Noda Bekas Jerawat
Foto: stylecraze.com

Jika takut memanfaatkan bahan kimia, kamu bisa menggunakan air lemon. Potong lemon segar kemudian oleskan airnya ke bekas jerawat. Ini akan memutihkan area-area bekas jerawat dan membuat warna kulit seperti sedia kala. Setelah beberapa saat, kamu bisa membilasnya. Hati-hati saat membilas wajah, karena kandungan citric acid yang terdapat di lemon bisa mengiritasi kulit.

4. Oil Free Moisturizer

Cara selanjutnya adalah menggunakan oil-free moisturizer setiap hari. Kamu bisa mengoleskan setiap pagi dan malam, oil-free moisturizer untuk menjaga kulit tetap sehat dan awet muda. Ini juga akan membantu ‘pengisian’ sel kulit yang tepat, dan merupakan kunci memudarnya peradangan yang disebabkan jerawat yang sebelumnya.

Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Terakhir, jika dirasa usaha yang kamu lakukan tidak membuahkan hasil, kamu perlu untuk segera ke dokter kulit. Supaya lebih cepat mendapatkan penangannya. Bukan, begitu?

Sumber: livestrong, wikihow

Comments