OUR NETWORK

Lawan Bekas Jerawat dengan Bahan-Bahan Alami Ini

Jerawat menjadi musuh utama para perempuan karena selain menimbulkan bengkak yang menyakitkan, bekas jerawat yang tertinggal di wajah sangat mengganggu keindahan. Ladies pasti melakukan berbagai cara agar mencegah tumbuhnya jerawat, tetapi kalau jerawat sudah tumbuh, ladies tidak punya pilihan lain selain menyembuhkannya. Jangan terlalu panik jika jerawat akhirnya meninggalkan totol-totol hitam. Bahan-bahan yang biasa ada di rumah ini ternyata bisa membantu menghilangkan bekas jerawat loh.

1. Es batu

Es batu adalah bahan yang paling umum ditemukan dalam rumah. Selain dapat menyegarkan minuman, es batu memiliki efek menenangkan kulit dan mengurangi peradangan. Dua efek itu lah yang membuat es batu cukup ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat.

es-batu
Via google.com
  1. Pastikan ladies menggunakan air matang dan cetakan yang bersih untuk membuat es batu. Air putih dapat diganti dengan air rendaman teh hijau yang memiliki efek mengurangi radang yang lebih baik.
  2. Bungkus es batu secukupnya dengan kain bersih (handuk, waslap).
  3. Oleskan atau diamkan pada noda jerawat selama beberapa detik secara berulang.
  4. Lakukan perawatan ini hingga tiga kali sehari.

2. Lemon

Lemon terkenal dengan khasiatnya untuk mencerahkan kulit wajah, dan juga menghilangkan noda jerawat. Lemon juga dapat mempercepat produksi kolagen pada kulit dan merangsang terbentuknya sel kulit baru.

lemon
Via realfood.tesco.com
  1. Siapkan satu buah lemon, lalu gelinding-gelinding sambil ditekan dengan tangan. Trik ini dapat membantu cairan lemon keluar mudah ketika diperas.
  2. Potong lemon menjadi dua, lalu peras.
  3. Oleskan cairan lemon pada bekas jerawat.
  4. Diamkan selama 15-20 menit.
  5. Bilas dengan air dingin, dan keringkan dengan handuk. Tekan-tekan handuk ke wajah, dan jangan menggosok wajah.
  6. Gunakan pelembap agar kulit terhidrasi. Lemon dapat membuat kulit menjadi kering.
  7. Lakukan perawatan ini rutin satu kali dalam sehari.

 3. Bawang Putih

Bawang putih dikenal sebagai bahan antiseptik alami yang ampun menangkal bakteri penyebab jerawat. Juga, kandungan senyawa thiacremonon sulfur yang dimilikinya memiliki efek mengeringkan jerawat. Selain itu, bawang putih juga dapat mengangkat sel kulit mati, membuat kulit lebih lembut, dan menghilangkan lapisan atas jaringan bekas luka.

bawang-putih
Via bawangputih.org
  1. Parut satu siung bawang putih, lalu peras-peras hingga keluar sari-sarinya. Sarinya ini lah yang akan digunakan. Hal ini dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadinya radang akibat panas bawang putih.
  2. Oleskan pada bekas jerawat.
  3. Diamkan selama kurang lebih 5 menit. Jangan didiamkan terlalu lama di atas kulit agar tidak terjadi peradangan.

Namun ladies harus memperhatikan satu hal, penggunaan bawang putih di wajah tidak disarankan bagi pemilik kulit sensitif. Sebelum mengaplikasikan ke wajah, sebaiknya ladies coba dulu ke tangan atau telinga. Hal ini dapat mengecek apakah kulit ladies sensitif pada bawang putih atau tidak.

4. Mentimun

Mentimun memiliki kandungan astringent yang dapat mengurangi kemerahan pada kulit dan mencegah bekas jerawat. Selain itu, mentimun juga mengandung vitamin E yang merupakan antioksidan penangkal efek radikal bebas.

timun

Parut mentimun, lalu campur dengan madu. Takaran mentimun dan madunya dapat disesuaikan sesuai selera.Ada dua acara penggunakan mentimun ini. Cara pertama, cukup iris mentimum dan letakkan irisannya langsung di atas bagian wajah yang memiliki bekas jerawat. Sementara cara kedua adalah membuat masker mentimun.

  1. Oleskan campuran tersebut pada noda bekas jerawat, atau bisa juga ke seluruh wajah.
  2. Diamkan selama 15-30 menit.
  3. Bilas dengan air hangat, lalu keringkan dengan handuk.
  4. Lakukan perawatan ini dua kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

5. Pepaya

Enzim papain dalam papaya memiliki efek mengikis sel kulit mati. Selain itu kandungan antioksidan serta vitaminnya dapat mengatasi kulit kemerahan akibat jerawat sekaligus memudarkan bekas jerawat.

pepaya

  1. Bersihkan, kupas, dan potong papaya menjadi beberapa bagian.
  2. Haluskan papaya, lalu oleskan sebagai masker pada wajah.
  3. Diamkan maksimal 15 menit agar tidak menimbulkan kemerahan pada kulit.
  4. Bilas dengan air hangat.
  5. Lakukan perawatan ini sekali dalam sehari.

6. Kulit jeruk

Via sikeke.com

Bukan hanya jeruk lemonnya, ternyata kulit jeruk juga bisa kamu manfaatkan, Ladies. Kulit jeruk menganduk kadar vitamin C dan asam alpha hidroksi yang cukup tinggi. Kandungan ini bisa membantu membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat oleh debu dan kotoran. Oh iya, senyawa ini juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati. Dan kalau digunakan secara rutin, dapat membantu menghilangkan bekas jerawat, Ladies. Caranya gini…

  1. Keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Proses ini bisa memakan waktu selama beberapa hari.
  2. Haluskan kulit jeruk sampai menjadi bubuk.
  3. Tambahkan air pada bubuk kulit jeruk dan aduk hingga menjadi pasta.
  4. Oleskan pasta pada wajah yang berjerawat dan diamkan selama beberapa menit.
  5. Bilas dengan air hangat.

7. Cuka sari apel

Via kobster.com

Cuka sari apel alias apple cider vinegar ternyata juga bisa masuk ke daftar ini, Ladies. Udah banyak juga ditemui di supermarket ataupun toko online. Cara menggunakannya juga gampang banget. Campurkan 5 ml cuka sari apel dengan 95 ml air. Oles ke bekas jerawat menggunakan kapas selama 10-20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Tapi kalau mau lebih efektif lagi, kamu bisa melakukannya sebelum tidur dan biarkan semalaman. Wah, sepertinya campuran ini bisa jadi stok untuk dipakai tiap hari ya, Ladies. Hehe…

8. Lidah buaya

Tanaman yang satu ini memang luar biasa. Dari sekian banyak manfaatnya, lidah buaya juga bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam luka. Termasuk luka bekas jerawat. Amazing kaaan… Caranya, kamu tinggal mengupas bagian tajam dari lidah buaya, dan oleskan langsung gel lidah buaya ke kulit wajah atau bekas jerawat. Diamkan sekitar 15 menit dan bilas dengan air hangat. Jangan lupa untuk melakukan perawatan ini beberapa kali selama sebulan.

9. Masker alpukat dan madu

Via healthforallwomen.com

Ternyata nutrisi yang terkandung dalam alpukat bisa melindungi kulit dari radiasi sinar matahari yang dapat memperparah noda bekas jerawat. Sementara madu adalah bahan alami yang dapat meningkatkan proses regenerasi kulit dan mengurangi peradangan. Perpaduan yang tepat! Caranya gampaaang… Ambil daging alpukat, haluskan, campur madu (tambah perasan lemon juga boleh), oleskan ke wajah, dan diamkan selama 15 menit. Terus bilas dan keringkan deh. Pakai masker ini sebanyak 2-3 kali tiap minggunya untuk mendapatkan hasil maksimal ya, Ladies.

10. Baking soda

Ini muka apa kue, kok dipakein baking soda? Eits, tenang Ladies… Baking soda itu adalah adalah salah satu agen eksfolian kulit yang dapat mengikis sel kulit mati dan menghilangkan bekas jerawat. Baking soda juga mampu meningkatkan pH kulit dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, Propionibacterium acnes pada wajah. Gini, caranya…

  1. Buat pasta dengan mencampur satu sendok teh baking soda dengan dua sendok teh air.
  2. Oleskan pada wajah dan pijat selama dua menit
  3. Bilas dengan air hangat dan keringkan
  4. Pasta baking soda tersebut juga langsung dapat diaplikasikan pada area bekas jerawat. Cukup oleskan pada noda bekas jerawat dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Lalu bilas hingga bersih.

Demikianlah bahan alami rumahan yang dapat membantu ladies menghilangkan bekas jerawat. Apakah ladies memiliki rekomendasi bahan rumahan lain selain yang telah disebutkan di atas?

Comments

Loading...