OUR NETWORK

Cara Membasmi Milia, Bintik-Bintik Putih di Wajah

Cara Membasmi Milia, Bintik-Bintik Putih di Wajah
Foto: orogoldschool.com

Apakah kamu pernah mengalami yang namanya milia, Ladies? Ini merupakan kondisi di mana terdapat bintik-bintik putih di wajah. Biasanya paling banyak ditemukan di sekitar area mata. Namun, bisa juga tumbuh di berbagai bagian, mulai dari hidung, pipi, sampai dengan dahi. Penyebab munculnya milia ini adalah terjebaknya keratin di kelenjar pilosebase kulit. Tenang saja Ladies, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengusir milia. 

Baca juga: Tips Mudah Menghilangkan Milia yang Mengganggu

Lakukan Eksfoliasi

Cara Membasmi Milia, Bintik-Bintik Putih di Wajah
Foto: sociolla.com

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menumpas milia adalah melakukan eksfoliasi. Sebagai informasi nih, banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari eksfoliasi, mulai dari meminimalisir hiperpigmentasi, mengurangi bekas jerawat, dan juga menumpas milia. Dr. Anjali Mahto, consultant dermatologist yang berbasis di UK menyarankan untuk melakukan eksfoliasi rutin. Selain milia berangsur-angsur hilang, wajah juga makin cerah berkat hilangnya sel-sel kulit mati.

Pakai Masker Madu

Cara Membasmi Milia, Bintik-Bintik Putih di Wajah
Foto: alive.com

Selain melakukan eksfoliasi, kamu juga disarankan untuk menggunakan masker madu. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam madu akan menghilangkan milia. Vitamin-vitamin yang terdapat di dalamnya juga menyegarkan kulit. Untuk itu, aplikasikan madu sebagai masker selama kurang lebih 15-20 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Lakukan masker dengan madu secara rutin, kamu akan melihat perbedaanya.

Gunakan Rose Water

Cara Membasmi Milia, Bintik-Bintik Putih di Wajah
Foto: medicalnewstoday.com

Cara mudah lainnya untuk mengusir milia adalah rutin mengenakan rose water. Kandungan di dalam rose water ini akan mengurangi inflamasi yang terjadi di kulit. Aplikasikan dua sampai tiga kali sehari rose water pada area yang terdapat milia. Namun, saat digunakan di area sekitar mata, kamu perlu berhati-hati agar mata tidak iritasi.

Gunakan Krim dengan Kandungan Retinol

Cara Membasmi Milia, Bintik-Bintik Putih di Wajah
Foto: makeupandbeauty.com

Beberapa ilmuwan menyarankan penggunaan produk yang memiliki kandungan retinol untuk membasmi milia. Krim dengan retinol terdapat kandungan vitamin A yang bagus untuk kesehatan kulit. Tapi jangan gunakan produk dengan retinol secara berlebihan, gunakan satu kali sehari saja. Aplikasikan ke wajah saat bersih dan kering. Jika kamu menggunakan krim dengan retinol, kamu juga perlu mengimbanginya dengan menggunakan sunscreen setiap hari.

Rutin Membersihkan Wajah

Cara Membasmi Milia, Bintik-Bintik Putih di Wajah
Foto: vineverareviews.com

Mencuci wajah memang perihal yang sangat sepele. Namun, jangan sampai kamu malas-malasan ya. Bisa-bisa akan banyak masalah yang terjadi di wajahmu. Kotoran, polusi dan lain-lain akan membuat wajah jadi mudah bermasalah. Jerawat, komedo, sampai dengan milia akan datang jika kamu malas mencuci wajah. Maka dari itulah, lakukan pencucian wajah dengan rutin, terutama setelah menggunakan makeup seharian.

Baca juga: Awas, Kesalahan Eksfoliasi Bisa Berdampak Buruk untuk Kulit Wajah

Akan selalu ada jalan untuk membasmi masalah yang terjadi pada kulit wajah, Ladies. Yuk lakukan cara-cara di atas supaya wajah bebas dari milia. 

Sumber: healthline, elle

Comments

Loading...