OUR NETWORK

Awas, Kesalahan Eksfoliasi Bisa Berdampak Buruk untuk Kulit Wajah

Awas, Kesalahan Eksfoliasi Bisa Berdampak Buruk untuk Kulit Wajah

Membersihkan kulit tak cukup hanya dengan bantuan susu pembersih dan facial foam saja. Agar sisa make up yang menempel serta kulit mati yang lama bersarang di pori-pori bisa terhempas, dibutuhkan cara khusus yakni dengan eksfoliasi. Beberapa waktu belakangan, cara membersihkan pori-pori kulit yang satu ini sudah banyak dilakukan, mulai dari paket perawatan di klinik kecantikan hingga eksfoliasi yang dilakukan sendiri di rumah dengan produk tertentu. Untuk Ladies yang biasa melakukan sendiri eksfoliasi di rumah, ada hal penting yang harus diketahui sebelum memulainya. Menurut pakar dermatologi, Laura F. Sandoval, DO, melakukan eksfoliasi yang tidak tepat bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Dan memang ada beberapa kesalahan eksfoliasi yang umum dilakukan. So, you better do it right, or you will regret it later, Ladies.

Yuk, sama-sama simak apa saja hal yang tak seharusnya Ladies lakukan berikut ini!

1. Terlalu Sering Melakukan Eksfoliasi

Segala sesuatu yang berlebihan tak baik untuk tubuh kita, tak terkecuali dengan eksfoliasi. Tak hanya untuk wajah, eksfoliasi juga tak boleh terlalu sering dilakukan pada kulit tubuh. Ini akan menyebabkan terjadinya dehidrasi pada kulit dan bisa menghilangkan kelembaban alami kulit. Hal tersebut akan memicu terjadinya peradangan yang bisa meningkatkan risiko hiperpigmentasi serta munculnya tanda penuaan seperti garis halus. Jika kulit terasa menyengat dan muncul kemerahan setelah eksfoliasi, itu tandanya Ladies terlalu sering melakukannya.

2. Tidak Mengganti Produk saat Cuaca atau Kondisi Kulit Berubah

Sama dengan kehidupan, kulit juga mengalami perubahan. Entah karena faktor usia, makanan, atau faktor luar seperti cuaca, semua bisa memengaruhinya. Untuk itu, Ladies yang tak ingin timbul masalah akibat eksfoliasi, baiknya juga tanggap dengan perubahan yang terjadi. Eksfoliator yang biasa dipakai saat kondisi panas berbeda dengan ketika suasana mendung. Atau, jika tak ada perubahan signifikan yang terjadi dan kulit malah makin terlihat kusam, cobalah beralih ke produk yang lebih kuat. Namun, jika reaksi yang ditunjukkan kulit kemerahan dan iritasi, segeralah beralih ke produk dengan kekuatan lebih rendah.

3. Kurang Melakukan Eksfoliasi

Sesuatu yang berlebihan sungguh tak baik bagi tubuh, begit pula sebaliknya. Kekurangan sesuatu juga bisa menyebabkan timbulnya masalah baru. Eksfoliasi kulit berguna untuk mengangkat sel kulit yang mati sehingga tak sampai membuat sumbatan yang memicu timbulnya jerawat. Kurang eksfoliasi juga menyebabkan kusamnya kulit wajah. Wajah pun akan terlihat menggelap dan tak bercahaya. Jika terlalu lama dibiarkan, akan membuat kulit jadi kering dan bersisik.

4. Melakukan Eksfoliasi saat Kulit Berjerawat

Jika tipe kulit wajah kamu termasuk jenis kulit berjerawat atau memang sedang berjerawat, sebaiknya hindari dulu eksfoliasi. Eksfoliasi pada kulit berjerawat menyebabkan jerawat akan makin meradang. Alhasil, jerawat pun akan beranak-pinak dan merusak penampilan dan kesehatan kulit kamu. Ini berlaku bagi Ladies yang menggunakan produk scrub untuk eksfoliasi ya. Untuk gantinya, Ladies bisa melakukan eksfoliasi cukup dengan kain bersih yang dibasahi dengan sedikit air. Lakukan ini secara teratur.

Eksfoliasi memang perlu. Tapi, kamu juga perlu menyesuaikannya dengan kondisi kulitmu, Ladies.

Sumber: The Zoe Report, Foto cover: Fimela

Comments

Loading...