OUR NETWORK

Alasan Ceramide Penting untuk Kesehatan Kulit Menurut Para Ahli

Alasan Ceramide Penting untuk kesehatan Kulit Menurut Para Ahli
Foto: unsplash.com

Ceramide adalah salah satu senyawa yang banyak digunakan dalam produk skincare untuk kulit kering. Belum kenal dengan ceramide, Ladies? Simpelnya, ceramide adalah salah satu tipe lemak atau lipid yang berfungsi menyatukan antar sel di epidermis kulit. Secara alami kulit kita memang memproduksi ceramide. Lantas, apakah perlu skincare kita juga mengandung ceramide? 

Hampir 50% dari kulit terdiri dari ceramide jadi senyawa ini penting keberadaannya, Ladies. Tanpa ceramide, lapisan kulit terluar kamu akan kering dan rusak karena tidak mampu menahan air. 

Alasan Ceramide Penting untuk kesehatan Kulit Menurut Para Ahli
Foto: unsplash.com

Nah, seiring dengan waktu, kemampuan tubuh kita untuk memproduksi lipid juga menurun, Ladies.

Sedangkan keadaan saat kulit kekurangan ceramide cukup sering lho. Terutama buat kamu yang kulitnya kering, eczema, ataupun berjerawat. Huhu sedih ya. Jadi, direkomendasikan untuk memakai skincare dengan kandungan ceramide.

Selain memakai produk skincare dengan kandungan ceramide, ada beberapa hal juga yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi hilangnya ceramide dari kulit kamu, yaitu:

  1. Jangan mandi lebih dari 10 menit. Gunakan juga air hangat kuku, sabun atau cleanser yang lembut di kulit.
  2. Jangan menggosok kulit kamu, cukup tekan perlahan untuk menghindari iritasi.
  3. Gunakan moisturizer setelah kamu mandi dan keadaan kulit masih lembap. Lotion akan membantu menahan kelembapan tersebut di kulit.
  4. Gunakan humidifier di rumah untuk membuat udara lembap.
  5. Tambahkan moisturizer dengan kandungan ceramide di skincare kamu, terutama jika kulit kamu sensitif.
Alasan Ceramide Penting untuk kesehatan Kulit Menurut Para Ahli
Foto: unsplash.com

Ceramide sendiri ada 9 jenis lho Ladies tapi secara garis besar mereka memiliki kegunaan yang sama. Tidak ada perbedaan struktur yang berarti juga antara ceramide yang diproduksi secara alami di tubuh dengan ceramide sintetik yang ada di produk skincare.  

Baca juga: Mengenal Ceramide, Primadona di Dunia Skincare

Nah, satu lagi nih yang perlu kamu tahu. Bagaimana kalau ceramide dikonsumsi dalam bentuk suplemen? Menurut Dr. Frank, Ceramide diproduksi tubuh pada kulit bagian luar di bagian internal selnya. Belum ada penelitian tentang pengaruh konsumsi ceramide pada kesehatan kulit. Jadi lebih baik gunakan skincare yang mengandung ceramide aja ya, Ladies.

Jadi, siapa aja nih yang direkomendasikan untuk memakai skincare dengan ceramide? Secara umum, ceramide aman dipakai untuk semua jenis kulit. Kamu bisa menggunakannya bersamaan dengan senyawa seperti retinoid, hydroxy acids, dan bahan exfoliants untuk meminimalisir iritasi yang mungkin terjadi.

 

 

Sumber: Good Housekeeping

Comments

Loading...