OUR NETWORK

Apa itu Selulit? Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Apa itu Selulit? Penyebab dan Cara Menghilangkannya
Foto: unsplash.com

Sering mendengar istilah selulit? Biasanya selulit berupa gumpalan berbentuk garis-garis di kulit yang bisa mengurangi kecantikan kulit kamu. Buat kamu yang belum tau apa itu selulit, penyebab serta cara menghilangkannya, simak berikut ini ya.

1. Penyebab Selulit

Saat masih muda, elastisitas kulit kita masih bagus Ladies jadi kulit terlihat mulus dan halus. Nah, momen seperti puberty hit, peningkatan hormon drastis, serta pertambahan usia menurunkan kekuatan jaringan. Akibatnya bermunculan deh gumpalan-gumpalan lemak yang gagal diikat oleh jaringan tersebut. Gumpalan lemak ini yang kamu kenal sebagai selulit. 

Diet yoyo atau diet dengan perubahan berat drastis berulang juga menurunkan elastisitas kulit dan meningkatkan resiko selulit terbentuk.

Apa itu Selulit? Penyebab dan Cara Menghilangkannya
Foto: unsplash.com

Selulit tidak memandang usia dan lebih banyak ditemukan di wanita. Selulit pada wanita lebih terlihat dibanding di pria karena kulit pria lebih tebal sehingga gumpalan lemak tidak mencuat dan nampak keluar. Jadi, gak cuman wanita, pria juga bisa mengalami selulit cuman lebih jarang keliatan, Ladies.

Baca juga: Trik Menghilangkan Selulit Tanpa Treatment Mahal

2. Treatment Selulit

Sekarang kita bahas nih cara menanggulangi selulit. Yang pertama, kamu harus hidup sehat. Kombinasi diet dan olahraga yang baik akan menurunkan lapisan lemak di kulit sehingga selulit yang terlihat menurun jumlahnya. Olahraga juga dapat melancarkan sirkulasi darah serta membentuk otot dibandingkan lemak. 

Jangan lupa juga untuk minum air yang cukup, minimal 2,5 liter sehari. Air adalah kunci untuk metabolisme sel di tubuh. Kalau tubuh kamu kekurangan air, metabolisme kamu pun terganggu dan meningkatkan kerusakan sel-sel di tubuh.

Apa itu Selulit? Penyebab dan Cara Menghilangkannya
Foto: unsplash.com

Jika kamu merokok, segera berhenti ya, Ladies. Rokok bersifat racun untuk tubuh. Tentu saat dikonsumsi rokok akan menyebabkan kerusakan jaringan dan mempercepat proses penuaan. Kalau kamu ingin kulit yang sehat, halus tanpa selulit, berhenti merokok ya.

Kamu perlu ingat Ladies bahwa letak dan tingkat keparahan selulit di tubuh sebagian besar dipengaruhi faktor hormon dan keturunan. Jadi, kalau memang kamu punya bakat untuk selulit dari orang tua kamu, jangan percaya deh sama obat-obat mahal yang bilang bisa menghilangkan selulit sepenuhnya. Nggak mau kan buang-buang uang untuk placebo aja? Hehehe.

 

 

Sumber: verywellhealth

Comments

Loading...