OUR NETWORK

Cara Ampuh Atasi Flu Pilek dalam Waktu 24 jam Menurut Para Ahli

Cara Ampuh Atasi Flu Pilek dalam Waktu 24 jam Menurut Para Ahli
Foto: pexels.com

Merasa pusing? Demam? Badan sakit-sakit? Tenggorokan kering? Wah, bisa jadi kamu terkena flu pilek nih. Kok sindrom nya sama dengan Covid-19 ya? Memang Covid-19 memiliki gejala yang sama dengan common cold atau flu pilek. Perbedaannya adalah flu pilek berlangsung biasanya hanya 7-10 hari aja, Ladies.

Tapi kan gak enak ya kalau sakit seminggu. Mau makan, tenggorokan sakit. Mau beraktivitas pun susah karena saluran napas terhambat. Kamu jadi gampang engap deh. Pingin sakit kamu hilang dalam waktu 24 jam saja? Cek tipsnya dari ahli nutrisi Sarah Flower berikut, Ladies!

1. Minum Air Putih

Cara Ampuh Atasi Flu Pilek dalam Waktu 24 jam Menurut Para Ahli
Foto: pexels.com

Kamu harus tetap terhidrasi apalagi saat sedang sakit. Jauhi minuman manis dan mengandung susu. Keduanya menyebabkan saluran pernapasan kamu makin terhambat. Jika kamu mau variasi lain selain air putih, pilih minuman hangat seperti herbal tea dengan tambahan jahe, lemon, atau camomile yang membantu melegakan hidung dan tenggorokan.

2. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C terkenal membantu saat tubuh tengah melawan infeksi yang merupakan tahap awal flu pilek. Berbagai buah dan sayur seperti beri-berian, jeruk, pepaya, brokoli, dan paprika merah adalah contoh makanan tinggi vitamin C yang bisa kamu konsumsi.

Baca juga: Ragam Multivitamin Wanita Supaya Tetap Sehat dan Terawat

3. Makan Sop Tulang

Cara Ampuh Atasi Flu Pilek dalam Waktu 24 jam Menurut Para Ahli
Foto: pexels.com

Tulang hewan mengandung berbagai macam nutrisi seperti gelatin, kolagen, dan berbagai vitamin serta mineral yang membantu proses penyembuhan tubuh kamu. Direkomendasikan banget nih untuk merebus tulang dan menjadikannya sup untuk dikonsumsi. 

Baca juga: 10 Makanan Sehat yang Ampuh Melawan Flu dan Pilek

Tambahkan juga bawang putih yang terbukti mengandung zat anti bakterial dan anti viral. Tambahkan juga cabai sebagai zat dekongestan yang dapat melegakan saluran pernapasan. Kunyit, kayu manis, serta jahe juga direkomendasikan untuk ditambah dalam sup kamu untuk mempercepat metabolisme.

4. Berjemur

Vitamin D berperan penting ketika flu dan pilek menyerang. Vitamin D diproduksi tubuh saat tubuh kamu terkena sinar matahari UVB. Luangkan waktu sekitar 15 menit sehari untuk berjemur di luar ya agar kamu tidak defisit vitamin D tersebut. Terdapat juga suplemen vitamin D berbentuk D3 jika kamu berminat, Ladies.

5. Konsumsi Makanan Mengandung Zinc

Zinc memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Salah satu manfaat zinc yakni meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, serta mempercepat penyembuhan luka. Konsumsi bahan tinggi zinc seperti biji labu, bayam, daging merah, dan kakao dalam menu makanan kamu. Kamu juga bisa mengkonsumsi suplemen Zinc yang bisa dikonsumsi harian juga.

6. Istirahat, take it easy!

Cara Ampuh Atasi Flu Pilek dalam Waktu 24 jam Menurut Para Ahli
Foto: pexels.com

Jangan memaksakan diri untuk beraktivitas jika kamu sedang sakit. Ingat, kamu bukan Wonder Woman ya, Ladies kamu pun butuh istirahat saat tidak dalam kondisi fit. Matikan handphone, ambil selimut, berbaring lalu istirahatkan badanmu.

7. Tidur

Tidur ketika sakit membantu mempercepat penyembuhan dan proses restorasi akibat infeksi virus flu pilek. Jadi kalau kamu lagi sakit, mending tidur aja dulu untuk memulihkan kesehatan kamu, Ladies.

8. Pasang Humidifier

Kondisi udara rumah yang kering dapat menyebabkan tenggorokan kamu ikut kering, Ladies. Disarankan untuk memasang humidifier di rumah untuk membuat udara lembap. Udara yang lembap juga membantu membuka saluran pernapasan kamu yang tertutup oleh cairan sehingga mempermudah kamu bernapas.

Semoga cepat sembuh ya Ladies dan segera beraktifitas normal lagiii…

 

 

Sumber: Hello Magazine

Comments

Loading...