OUR NETWORK

Tips Merawat Diri untuk Kamu yang Super Sibuk

Tips Merawat Diri untuk Kamu yang Super Sibuk

Coba Ladies duduk sejenak dan renungkan: apakah Ladies adalah korban dari stress yang Ladies alami?

Baca juga: Anti Galau, Ini Hal-hal yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Jadi Korban PHP

Kegiatan Ladies pastilah menumpuk. Bagi Ladies yang bekerja, setumpuk pekerjaan menanti untuk diselesaikan. Anehnya, pekerjaan ini kok sepertinya tidak habis-habis ya meskipun Ladies sudah begadang setiap malam. Bagi Ladies yang berkuliah, setumpuk tugas dengan deadline yang berdekatan menguras tenaga dan tentu saja kewarasan Ladies. Apalagi apabila Ladies adalah mahasiswa tingkat akhir yang harus menuntaskan skripsi tepat waktu. Memang sih tidak ada jadwal kuliah yang padat, tetapi skripsi membutuhkan penelitian dan tentu menguras pikiran. Jangankan refreshing, makan dan tidur pun sulit. Lain lagi dengan Ladies yang baru punya anak. Tangisan bayi tengah malam dijamin mengganggu waktu tidur. Ah jangankan tidur, makan tiga kali sehari pun sudah untung.

Duh …. stress stress stress!

Ternyata semua orang sedang berjuang dengan hidupnya masing-masing ya Ladies. Nah, seringkali, akibat sibuk berjuang, Ladies jadi lupa merawat diri. Efeknya tentu saja tubuh, mental, dan asupan nutrisi Ladies jadi sangat terganggu. Lalu apa saja yang bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat meskipun super sibuk? Yuk, simak ulasannya di bawah ini Ladies.

Menjaga asupan nutrisi

Coba Ladies ingat-ingat, apakah Ladies menyempatkan diri untuk sarapan? Makan siang? Sekadar ngemil? Terkadang, Ladies tidak melakukan hal sederhana tetapi super penting seperti makan bukan karena sibuk-sibuk amat, tetapi karena malas. Kombinasi dari malas, lelah, dan tidak ada waktu ini membuat makan menjadi prioritas nomor sekian. Ciri dari gejala penyepelean makan ini adalah “Nanti aja ah makannya, aku belum lapar” atau “Nanti aja makannya, sekalian makan enak dan banyak”. Seringkali, “nanti” ini tidak diwujudkan alias tertunda terus-menerus.

Mengapa? Sebab Ladies memang tidak memprioritaskan diri untuk makan. Akhirnya, bagaimanapun kondisinya, meskipun Ladies senggang sekalipun, Ladies akan memilih melakukan kegiatan lain dibandingkan dengan makan. Alhasil, level gula darah akan drop, perut keroncongan, tubuh kelelahan, dan tentu saja emosi Ladies menjadi tidak beraturan. Ladies perhatikan deh, akibat sering melewatkan jam makan, Ladies akan cepat lelah, kulit menjadi kering, ngantuk terus-menerus, dan sulit berkonsentrasi. Duh …

Oleh sebab itu, satu-satunya solusi adalah dengan memaksakan diri untuk sarapan. Menurut penelitian dari Departemen Nutrisi Harvard School of Public Health, kualitas makanan jauh lebih penting daripada jumlah kalori yang kita konsumsi. Meskipun Ladies tetap harus mengontrol porsi makan, Ladies diperbolehkan loh untuk makan biji-bijian dan kacang-kacangan, buah-buahan, dan lemak sehat sebanyak-banyaknya. Ingat, jangan pernah skip makan siang sesibuk apapun. Jadikan waktu makan sebagai waktu istirahat agar pikiran kembali segar sebelum melanjutkan aktivitas.

Aktivitas fisik

Berolahraga ternyata efektif menjadi cara melepaskan stress. Jika Ladies tidak sempat melakukan olahraga di luar ruangan, seperti lari dan bersepeda. Ladies bisa setidaknya melakukan olahraga ringan, seperti push up, sit up, lompat, di dalam ruangan. Di akhir pekan, baru deh Ladies melakukan refreshing dengan berjalan-jalan atau jogging di pagi hari.

Baca juga: Olahraga Ringan di Kantor untuk yang Super Sibuk

Mencari cara untuk menghilangkan stres

Seringkali Ladies merasa self-care itu tidak penting. Eits, Ladies salah besar! Kalimat berikut memang mirip slogan dari brand kecantikan, tapi memang benar adanya: Anda begitu berharga, Ladies. Oleh sebab itu angan ragu untuk mundur sejenak dari stress dan melakukan aktivitas yang Ladies senangi alias me time gitu deh Ladies. Tidak perlu yang ribet-ribet, cukup yang simple tetapi efektif. Misalnya, membeli atau membuat makanan favorit, maskeran, berendam di air hangat, ngobrol dengan teman, membaca buku atau komik favorit. Apa saja deh yang penting Ladies merasa rileks. Lawan rasa lelah, karena sedikit waktu bersantai untuk melakukan yang kamu sukai ini akan sangat berharga untuk tubuh dan pikiranmu, Ladies.

Baca juga: 7 Cara Sederhana dan Efektif untuk Mengatasi Stres

Ternyata, merawat diri di kala stres melanda itu cukup mudah ya Ladies. Kuncinya hanya satu, yaitu niat yang kuat. Siap untuk mencoba, Ladies?

Sumber: spoonuniversity, Foto cover: dailymail.com

Comments

Loading...