test
OUR NETWORK

Gliserin sebagai Pembersih Alami untuk Lantai Bersinar dan Bersih

Gliserin adalah salah satu pembersih alami yang mungkin Ladies sendiri baru pertama kali mendengarnya. Bahan tersebut mampu menghilangkan berbagai kotoran, baik itu di bagian lantai kayu, marmer, sampai berbagai material lain.

Dalam membersihkan lantai memang tidak boleh sembarangan, terkadang ada banyak noda yang menempel mulai dari makanan, sampai dengan lumpur akibat anak-anak dari luar masuk ke dalam tanpa cuci tangan dan kaki terlebih dulu di luar.

Sebenarnya, beberapa obat pembersih lantai di toko banyak. Mau dari segala jenis merk ada, beberapa ada yang berhasil tetapi lainnya hanya sebatas iklan, jika sudah lelah dengan berbagai merk tersebut dan hasilnya tidak bersih cobalah dengan gliserin.

Lantai Menjadi Bersih Sampai ke Akar

Gliserin sebagai Pembersih Alami untuk Lantai Bersinar dan Bersih
Sumber: Lottemart.com

Gliserin, juga dikenal sebagai gliserol, merupakan senyawa organik yang berasal dari minyak nabati dan lemak hewani. Zat ini sering digunakan dalam produk perawatan kulit karena efek melembabkannya.

Menariknya kandungan ini ternyata punya peran ganda, yaitu menjadi salah satu bahan pembersih. Tidak heran bila sering dijadikan sebagai deterjen untuk mencuci piring serta berbagai produk lainnya.

Bukan hanya bersih tetapi hasilnya cukup efektif sehingga memberikan rasa aman dan nyaman, mengapa bisa demikian? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

1. Bakteriostatik yang Efektif

Salah satu sifat dari Gliserin adalah memiliki sifat bakteriostatik yang memiliki konsentrasi sangat tinggi. Sifat tersebut punya manfaat besar yaitu mencegah bakteri untuk reproduksi sekaligus menyebar ke seluruhnya.

Dalam studi klinis yang diterbitkan dalam Advances in Wound Care menunjukkan bahwa bahan ini ketika diaplikasikan pada ubin lantai, dapat mensterilkannya dan menetralkan bakteri potensial. Ini membuat lantai tidak hanya bersih secara visual tetapi juga bersih secara mikrobiologis.

2. Efek Memoles dan Mengkilap

Selain sebagai pembersih, gliserin juga dikenal karena efeknya yang memoles dan mengkilap. Banyak produk perawatan lantai menggunakan bahan ini untuk menghilangkan debu dan melindungi pernis serta laminasi.

Menariknya lagi cara menggunakannya juga mudah. Ladies hanya perlu menambahkan dua atau tiga sendok makan ke dalam ember berisi air dan lap lantai secara menyeluruh, bila sudah terlihat kotor kami sarankan untuk mengganti air dan kandungannya dengan yang baru.

Mengapa Beralih ke Gliserin?

Gliserin sebagai Pembersih Alami untuk Lantai Bersinar dan Bersih
Sumber: kompas.com

Dalam era saat ini, banyak orang beralih dari produk pembersih yang dibeli di toko. dengan bahan ini. Bila melihat dari pernyataan di atas, rasanya wajar saja tetapi selain itu masih ada beberapa alasan yang mendukung perubahan ini, antara lain:

1. Biaya yang Lebih Terjangkau

Biaya produk pembersih umumnya cenderung meningkat, dan hal ini dapat menyebabkan pengeluaran yang tidak perlu. Gliserin sebagai alternatif alami memiliki biaya yang lebih terjangkau, membuatnya menjadi pilihan yang ekonomis terlebih dari segi hasil terlihat cukup bagus dan sangat terlihat perbedaannya.

2. Etika dan Kesehatan

Keprihatinan terkait etika produk pembersih umumnya dibeli di toko semakin meningkat. Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Occupational and Environmental Health menunjukkan bahwa banyak produk tersebut mengandung bahan kimia berbahaya.

Bahan kimia ini dapat merugikan kesehatan tubuh, rumah, dan lingkungan. American Lung Association juga menemukan bahwa bahan kimia yang dilepaskan dari pembersih toko dapat menyebabkan penyakit pernapasan dan reaksi alergi.

Jadi, jika Ladies belum mempertimbangkan perubahan, membuang produk pembersih konvensional yang biasa beli di toko dan beralih ke alternatif alami seperti gliserin adalah langkah yang bijaksana.

Bahan ini tidak hanya efektif membersihkan lantai tetapi juga memberikan kilau alami dan melindungi lapisan permukaan. Jika penasaran di mana bisa membelinya, untuk saat ini sudah tersedia di berbagai e-commerce dengan harga terjangkau.

 

Sumber: Housedigest

Must Read

Related Articles