test
OUR NETWORK

4 Tips Profesional Menghilangkan Noda Cat Kuku pada Kain

Kecelakaan bisa saja terjadi, dan cat kuku pada kain dan karpet adalah salah satu noda yang paling ditakuti. Namun, ada banyak cara untuk membersihkan kain pelapis dan menghilangkan tumpahan cat kuku dari kain. 

Mengetahui cara menghilangkan noda cat kuku dari kain tanpa menyebabkan kerusakan lebih lanjut sangatlah bermanfaat. Dengan tips ini, kamu akan bisa memulihkan pakaianmu tanpa perlu membeli yang baru atau membiarkan noda mengganggumu, Ladies! 

Yuk, simak cara menghilangkan noda cat kuku pada kain di bawah ini!

1. Bertindak cepat 

Jika kamu ingin menghilangkan cat kuku dari kain, bertindak cepat harus menjadi prioritas nomor satumu. “Tindakan segera sangat penting dalam pedoman ahli rumahan,” kata Angela Rubin, pemilik Helllamaid. “Ambil kain bersih atau tisu dapur untuk menghilangkan cat kuku dengan lembut.”

Bertindak cepat akan mencegah cat kuku menempel pada kain, sehingga misi pembersihan akan jauh lebih mudah dilakukan. Ingat, kesabaran adalah kunci dalam mengatasi noda cat kuku pada kain. Hindari menggosok noda dengan kuat karena dapat menyebarkan noda lebih jauh. Sebagai gantinya, gunakan gerakan menyeka yang lembut dan ulangi prosesnya sampai noda berkurang atau hilang.

2. Gunakan aseton atau cairan penghapus cat kuku

4 Tips Profesional Menghilangkan Noda Cat Kuku pada Kain
Foto: freepik

Penghapus cat kuku berbahan dasar aseton dapat secara efektif mengangkat noda cat kuku pada kain yang tahan terhadap larutan yang lebih kuat. Oleskan sedikit pada bola kapas atau kain bersih dan oleskan (jangan digosok) pada area yang bernoda.

Mulailah dari tepi luar, lanjutkan ke bagian tengah noda, lalu bilas kain hingga bersih.

Namun, untuk kain yang lebih halus atau sensitif terhadap aseton, pertimbangkan untuk menggunakan penghapus cat kuku non-aseton. Proses ini mungkin memakan waktu lebih lama dan memerlukan upaya berulang kali, namun cara ini lebih ringan dan kecil kemungkinannya merusak bahan tertentu.

3. Sabun cuci dan air hangat 

Jika kamu ingin mencoba menghilangkan noda cat kuku tanpa menggunakan bahan kimia keras, spesialis pembersih Shayne Jeramos menyarankanmu menyiapkan ramuan sabun cuci piring lembut dan air hangat–formula terpercaya dari ahli rumah tangga.

Basahi noda dengan kain yang sudah direndam dalam larutan ini. Oleskan dengan presisi, lalu bilas dengan air bersih untuk memastikan tidak ada sisa sabun yang tertinggal di medan pertempuran. Periksa label perawatan kain terlebih dahulu.

Formula lain yang lebih alami untuk menghilangkan cat kuku terbuat dari cuka dan tepung maizena. Buat pasta dengan mencampurkan cuka putih dan tepung maizena dengan perbandingan yang sama, oleskan pasta tersebut pada noda dan diamkan selama kurang lebih 15–20 menit lalu gosok noda dengan sikat atau kain lembut. Bilas kain dengan air dingin pada akhirnya.

4. Hairspray dan pasta gigi 

4 Tips Profesional Menghilangkan Noda Cat Kuku pada Kain
Foto: freepik

Menurut spesialis kebersihan Janille Mangat, ide bagus lainnya adalah menggunakan hairspray. Semprotkan secara terkendali pada noda, diikuti dengan gerakan menghilangkan noda secara cepat dan diakhiri dengan pembilasan air. Taktik ini menggunakan kekuatan hairspray untuk melarutkan dan menyebarkan cat kuku.

Pasta gigi putih non-gel terkadang juga dapat membantu menghilangkan noda cat kuku. Hati-hati saja dengan pasta gigi karena jika sudah kering juga bisa meninggalkan noda yang berantakan. Rahasia mencoba trik pasta gigi adalah menjaga kelembapan kain. Dengan begitu pasta gigi bisa menembus kain dan menyerap cat kuku.

5. Menggunakan WD-40 

4 Tips Profesional Menghilangkan Noda Cat Kuku pada Kain
Foto: freepik

Jika digunakan dengan hati-hati dan tidak berlebihan, WD-40 akan menghilangkan cat kuku di beberapa permukaan, terutama karpet. Semprotkan sedikit WD-40 pada noda cat kuku. Tunggu 30 detik sebelum menyekanya dengan tisu basah. Bilas setelahnya dengan air.

Uji terlebih dahulu di area yang tidak mencolok

Sebelum mendalami metode penghilangan noda apa pun, sebaiknya kamu mengujinya terlebih dahulu pada area kecil yang tidak mencolok pada kain. Ini membantumu memastikan bahwa metode ini tidak akan menyebabkan kerusakan atau perubahan warna. Bahannya berbeda-beda, dan lebih baik aman daripada menyesal, terutama jika menyangkut sesuatu yang mencolok seperti cat kuku.

Setelah mengoleskan pelarut, bilas area yang dirawat dengan air dingin. Ini membantu menghilangkan residu dan mencegah pelarut tertinggal di kain. Jika noda masih ada setelah percobaan pertama, jangan ragu untuk mengulangi prosesnya. Kesabaran adalah kunci dalam menghilangkan noda!

Hindari penggunaan panas sampai kamu yakin nodanya benar-benar hilang. Panas dapat membuat noda semakin menempel sehingga hampir mustahil untuk dihilangkan. Jika noda masih ada atau jika kainnya halus (seperti sutra atau asetat), pertimbangkan untuk mencari bantuan dari layanan dry cleaning profesional.

Selamat mencoba tips membersihkan noda cat kuku pada kain di atas, Ladies!

 

Sumber: homesandgardens.com

Must Read

Related Articles