OUR NETWORK

Tips Jitu Hilangkan Noda Kuning Membandel dari Kunyit

Tips Jitu Hilangkan Noda Kuning Membandel dari Kunyit
Foto: pinterest.com

Noda berwarna kuning yang biasanya diperoleh dari kunyit, yang tertinggal secara tidak sengaja setelah memasak atau menyantap makanan favoritmu terkadang menjadi hal yang menyebalkan, bukan? Nggak hanya merusak penampilanmu hari itu, tetapi juga cukup sulit ketika membersihkannya. Noda ini biasanya hadir di peralatan makan, linen, countertops, tak terkecuali tanganmu. Namun, jangan khawatir, Ladies. Yuk, kita coba beberapa tips penghilang noda yang dilansir dari Mind Body Green berikut ini. Setelah ini kamu bisa menyelamatkan barang tersebut kembali bersih seperti sebelumnya!

Untuk piring berbahan plastik dan keramik, kamu perlu menyiapkan 1 gelas air panas dan ½ cangkir pemutih atau cuka putih.

Kemudian, campurkan air dan pemutih atau cuka ke dalam piring bernoda atau cangkir atau wadah lain yang cukup besar untuk menahan barang yang akan dibersihkan. Rendam barang bernoda itu semalaman, setelah itu angkat dan cuci bersih dengan air sabun.

Selanjutnya, untuk membersihkan noda yang tertinggal di countertop atau permukaan dapur.

Bahan yang perlu kamu siapkan adalah 1 sendok makan soda kue dan 1 sendok makan air atau jus lemon segar. Sebelum mulai membersihkan, pertama-tama, kamu perlu membuat pasta dari campuran soda kue dan air atau jus lemon. Barulah kemudian pasta ini kamu oleskan ke countertop, lalu diamkan selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, gosok dengan spons, lap, atau Magic Eraser sampai noda berkurang dan/atau hilang sepenuhnya.

Tips Jitu Hilangkan Noda Kuning Membandel dari Kunyit
Foto: mollymaid.com

Berbeda dengan barang-barang sebelumnya, untuk membersihkan noda pada barang berbahan dasar kain, seperti pakaian atau linen meja, kamu perlu melalui proses yang agak lebih panjang. Pertama, bahan-bahan yang perlu kamu siapkan ialah 1-3 sendok teh baking soda atau tepung jagung, 1/8 sendok teh deterjen cair atau sabun cuci piring, atau ¼ cangkir pemutih, serta ember berisi air panas.

Sebelum menggunakan bahan-bahan ini, kamu perlu membersihkan noda tersebut sebanyak yang kamu bisa, baru kemudian taburkan baking soda atau tepung jagung ke area yang bernoda.

Biarkan selama 5 hingga 10 menit hingga bubuk menyerap beberapa noda, barulah kamu bisa menyikatnya dengan aman. Setelah itu, tuangkan deterjen cair ke noda dan gosok perlahan selama beberapa menit pada kedua sisi kain dengan washcloth atau sikat gigi yang lembut. Biarkan deterjen menyerap selama sekitar 10 menit, lalu cuci pakaian di mesin cuci dengan pengaturan suhu terpanas. Keringkan kain dalam pengering atau di jemur di bawah sinar matahari, kemudian voila, noda menyebalkan itu hilang.

Baca juga: DIY: Pembersih Noda Keringat di Baju Putih

Sementara itu, untuk kain putih murni, selalu ada bantuan dari pemutih untuk membersihkan noda membandel. Tambahkan pemutih ke dalam ember berisi air panas, rendam pakaian putihmu selama sekitar 15 menit, kemudian lakukan proses pencucian.

Bagaimana, Ladies? bahan-bahan yang dibutuhkan dan proses pembersihannya cukup mudah dilakukan, bukan? So, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan kehadiran noda membandel yang suatu saat tiba-tiba mengganggumu.

 

 

Sumber: mindbodygreen

Comments

Loading...