OUR NETWORK

8 Cara Pintar Memanfaatkan Kulit Jeruk

8 Cara Pintar Memanfaatkan Kulit Jeruk
Foto: popsugar.com

Jeruk adalah buah kecintaan semua orang! Hampir tidak ada orang yang tidak menyukai buah manis segar ini. Harganya pun relatif terjangkau sehingga penggemarnya tidak pernah surut. Selain lezat dimakan, ternyata jeruk menyimpan manfaat yang tidak diduga loh, Ladies. Bukan buahnya, melainkan kulitnya! Yup, setelah membaca artikel ini, pasti Ladies tidak akan lagi langsung membuat kulit jeruk! Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kulit jeruk? Simak daftarnya di bawah ini!

Baca juga: Selain Jeruk, Ini Dia Buah Tinggi Vitamin C

1. Memasak dengan kulit jeruk

8 Cara Pintar Memanfaatkan Kulit Jeruk
Foto: healthygreenkitchen.com

Ada banyak loh resep yang melibatkan kulit jeruk, salah satunya adalah manisan kulit jeruk. Kulit jeruk memiliki wangi dan rasa yang kuat sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai jenis makanan, dari mulai makanan gurih hingga manis. Selain itu kulit jeruk pun dapat mengurangi aroma amis dari daging loh, Ladiessss.

2. Bersih-bersih dengan kulit jeruk

Kalau Ladies suka membuat DIY larutan pembersih dari campuran cuka dan air, tambahkan kulit jeruk dan diamkan selama beberapa hari untuk mendapatkan aroma jeruk yang segar!

3. Pengharum ruangan dan pelembap udara

Caranya mudah loh, Ladies. Panaskan sepanci air kemudian masukkan kulit jeruk beserta rempah-rempah lain, seperti kayu manis atau cengkeh. Ramuan ini akan membuat rumahmu menjadi harum dan lembap. Pst, cara ini pun ampun menghilangkan aroma kuat dari masakan yang baru saja kamu buat.

4. Pengusir kucing

8 Cara Pintar Memanfaatkan Kulit Jeruk
Foto: chicagotribune.com

Jika ingin kucingmu menjauhi satu area tertentu, misalnya tanaman kesayanganmu, taburkan kulit jeruk ke area tersebut. Kucing ternyata bukan penggemar aroma jeruk, Ladies.

5. Body scrub

Parut kulit jeruk dan campurkan dengan body scrub favoritmu atau homemade body scrub yang baru kamu buat. So clean so refreshing!

6. Pemantik api

Kulit jeruk sangat mudah terbakar sehingga sangat cocok dijadikan pemantik api.

7. Pewangi tempat sampah

Buang kulit jeruk ke tempat pembuangan sampah untuk menghilangkan bau tempat sampah.

8. Pengusir serangga

8 Cara Pintar Memanfaatkan Kulit Jeruk
Foto: natran

Yup, serangga ternyata tidak suka aroma citrus! Beberapa orang menggunakan metode penggosokan kulit jeruk ke kulitnya. Selain itu, Ladies bisa menempatkan kulit jeruk di area rumah yang dikerubungi semut atau nyamuk. Dadah nyamuk dan semut!

Baca juga: Cara Alami Atasi Gigitan Serangga

Nah itu dia 8 cara memanfaatkan kulit jeruk yang baru saja kamu makan. Mau coba yang mana nih, Ladies?

 

 

Sumber: Pop Sugar

Comments

Loading...