OUR NETWORK

Tips Berhemat Hidup di Singapura

Tips Berhemat Hidup di Singapura
Foto: qantas.com

Ketika memutuskan untuk tinggal di negeri lain, seperti Singapura, keseimbangan finansial diri merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Dalam hal ini, finansial bukan hanya mengenai berapa banyak penghasilanmu nanti, tetapi juga seberapa besar pengeluaranmu. Sebagaimana yang telah diketahui, Singapura terkenal sebagai salah satu kota termahal di dunia. Tentunya sekilas akan membuatmu ragu untuk bisa berhemat ketika tinggal di negara ini. Namun, jangan khawatir, Ladies! Dilansir dari Her World, ada loh beberapa cara untuk membantumu berhemat dan menekan pengeluaran sehari-harimu di negara yang penuh dengan balutan gaya hidup mewah ini. Penasaran, bukan? Simak, yuk!

Tips Berhemat Hidup di Singapura
Foto: lovetoknow.com

Belanja Bahan Makanan Setiap Minggu

Pergi berbelanja bahan makanan setiap minggu setelah bekerja merupakan salah satu cara berhemat terkait pengeluaran untuk makan sehari-hari. Selain itu, berbelanja juga dapat menjadi terapi, loh, bagi tubuh yang kelelahan menghadapi pekerjaan seharian. Tapi, sebelum berbelanja jangan lupa untuk membuat daftar yang kamu butuhkan dalam seminggu. Hal ini dilakukan untuk membuatmu fokus dan tidak membeli barang-barang di luar daftar atau menjadi impulsif yang akan membuat pengeluaranmu membengkak.

Membeli Barang Bekas

Tidak semua hal harus menggunakan barang baru, kamu bisa mengalihkan beberapa barang yang kamu perlukan dengan barang bekas yang masih layak. Meski barang bekas, kualitasnya tidak selalu buruk kok, ada banyak barang bekas yang masih memiliki kualitas bagus, apalagi jika dirawat dengan baik sebelumnya. Seperti yang bisa kamu temukan di Carousell atau beberapa toko khusus barang bekas lainnya. Apalagi jika kamu mendapatkan barang-barang hibahan atau pinjaman dari anggota keluarga yang lain atau teman, kamu sudah tahu bagaimana kondisi barang dengan lebih baik sebelum mengenakannya. Hal ini jelas akan sangat menghemat pengeluaranmu sehari-hari, loh.

Selalu Membawa Botol Air Sendiri

Terkadang haus yang dirasakan sehari-hari dapat membuat dompet kering secara tidak sadar. Meski sekilas tampak murah, namun untuk memenuhi kebutuhan tubuh atas air akhirnya membuatmu harus membeli air minum berkali-kali hingga jika ditotal, harganya tak lagi terhitung murah. Well, mencegah hal itu terjadi, ada baiknya kamu membawa botol minummu sendiri kemana pun kamu pergi. Meski sedikit, tapi kamu telah menghemat pengeluaran pembelian air minum setiap harinya dan jika dihitung, hal itu tidak sedikit.

Tips Berhemat Hidup di Singapura
Foto: shutterstock.com

Alihkan Starbucks-mu dengan Warung Kopi Terdekat

Bila kamu salah satu orang yang tidak bisa lepas dari asupan kopi dan café, maka, hal yang perlu kamu lakukan ialah mengalihkan lokasi untuk memenuhi asupan kopimu ke tempat dengan harga yang lebih terjangkau. Sebagaimana yang kamu ketahui Starbucks tergolong pada tempat yang fancy saat ini, dan ini merupakan tempat yang kurang cocok bagi kamu yang ingin berhemat. So, untuk tetap memperoleh asupan kopi sehari-harimu sekaligus berhemat, caranya ialah dengan memilih warung kopi dengan harga yang lebih terjangkau, atau bahkan membuat kopimu sendiri di rumah.

Berolahraga di Rumah

Untuk tetap sehat dan bugar, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang mendaftar ke sebuah gym atau studio yoga terdekat. Manfaatkan teknologi bernama YouTube yang menyediakan beragam video yang dapat menjadi panduanmu dan mulailah berolahraga di rumah. Jika kamu tinggal di sebuah kondominium, manfaatkan fasilitas olahraga di sana dan kolam renang.

Baca juga: 7 Tempat yang Wajib Kamu Kunjungi Ketika Berlibur ke Singapura

Berpiknik di Alam dan Mengujungi Museum

Alih-alih pergi ke mal atau membayar biaya masuk ke objek wisata, pilihlah kegiatan yang menyenangkan dan gratis untuk menghabiskan waktu bersama keluargamu. Misalnya, kamu bisa berpiknik di alam, menikmati sinar matahari dengan memeriksa cagar alam dan taman nasional Singapura. Bila kamu sudah menjadi warga Singapura, kamu juga telah memperoleh akses gratis ke museum di sana. Dengan begini, kamu dapat menyegarkan pikiran tanpa harus menguras dompetmu, Ladies.

Membawa Uang Pas-pasan

Tantang dirimu sendiri dengan hanya membawa uang tunai dan meninggalkan kartumu di rumah. Hal ini dapat menjadi tantangan yang menarik sekaligus efektif dalam mengendalikan pengeluaranmu atas makanan dan hasrat berbelanjamu sehari-hari.

Beberapa tips ini cukup efektif dilakukan buat kamu yang kini tinggal di negara dengan biaya hidup cenderung mahal, seperti Singapura, dan ingin berhemat. Dengan begini, kamu dapat menyisihkan keuanganmu untuk menabung yang dapat kamu gunakan untuk keperluanmu yang lebih besar di masa depan. So, selamat mencoba, Ladies.

 

Sumber: Herworld

Comments

Loading...