OUR NETWORK

Walau Sedang Menganggur, Ini 6 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan

Walau Sedang Menganggur, Ini 6 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan
Foto: bandt.com

Apapun titel-mu, sekarang ini bisa dibilang merupakan masa yang serba susah. Banyak perusahaan terkena dampak pandemi corona. Bahkan meski Indonesia sudah memasuki new normal, masih saja banyak pemutusan kerja. Lowongan kerja semakin menipis dan jumlah pengangguran semakin bertambah. Persaingan yang semakin ketat membuatmu tak kunjung dapat kerja.

Namun, jangan berputus asa ya, Ladies. Yakin saja masa-masa sulit ini akan segera berlalu. Dan perlu diingat, bukan hanya kamu saja yang berada di posisi ini, banyak orang di luar sana yang juga merasakan hal sama. Meski sekarang sedang menganggur, jangan hanya berpangku tangan. Lakukan hal-hal berikut ini supaya hidup tetap tertata dengan baik.

1. Buat jadwal kegiatan

Walau Sedang Menganggur, Ini 6 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan
Foto: assets.ey.com

Hiatus sementara setelah keluar dari pekerjaan yang lama akan membuat mental tetap sehat. Namun, jangan berlarut-larut berada di zona nyaman. Kamu harus tetap membuat jadwal kegiatan sehari-hari meski sedang tidak bekerja. Hal ini akan membuatmu tetap mengingat tanggal dengan jelas, bangun lebih pagi, dan hidup lebih produktif.

2. Melakukan pekerjaan lepas

Kamu bisa mencoba untuk melamar di beberapa pekerjaan online. Sekarang ini banyak perusahaan yang menawarkan kerja remote. Ini karena corona dan juga efisiensi biaya. Banyak sekali situs-situs yang menawarkan pekerjaan online yang bisa dilakukan di mana saja. Misalnya saja Upwork, Sribulancer, Freelancer Indonesia, Projects.co.id, dan masih banyak lainnya. Meski terkadang gajinya tidak terlalu besar, tapi bisa menambah pengalaman untuk pekerjaan yang lebih mapan di masa depan.

Baca juga: Mau Coba Freelance dan Kerja dari Rumah? Pertimbangkan Hal Ini Dulu

3. Olahraga

Walau Sedang Menganggur, Ini 6 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan
Foto: heart.org

Tetaplah sehat dan bugar menghadapi persaingan mencari kerja yang semakin gila seperti sekarang. Maka dari itu, rutinlah berolahraga. Bisa di dalam ruangan atau di luar ruangan. Karena pandemi corona masih mengintai, ada baiknya untuk berolahraga di sekitaran rumah saja dan hindari keramaian. Jalan-jalan di taman 15 menit sampai 30 menit setiap hari juga sudah cukup.

4. Menambah pengalaman jadi relawan

Waktu banyak yang kamu miliki bisa dihabiskan untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Misalnya saja mendaftarkan diri menjadi volunteer atau relawan di tempat-tepat tertentu. Terutama yang menyangkut pekerjaanmu, bisa dimasukkan ke dalam resume atau CV. Tidak hanya itu saja, melakukan pekerjaan relawan juga akan membuatmu mendapatkan banyak teman baru dan merasa lebih berguna.

5. Pertajam atau tambah skill

Walau Sedang Menganggur, Ini 6 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan
Foto: plsclasses.com

Belum juga mendapatkan pekerjaan meski sudah puluhan atau ratusan lamaran? Mungkin ada yang kurang dari skill yang kamu miliki. Maka dari itulah, saat menganggur merupakan waktu yang tepat untuk mempertajam kemampuan yang dimiliki. Juga perlu untuk menambah kemampuan juga. Bisa buat tambah-tambah keahlian di resume.

Kamu bisa melakukan secara otodidak dengan belajar secara online di media sosial atau YouTube. Atau bisa juga belajar online di berbagai situs pendidikan. Sekarang banyak kursus online yang bisa diakses dengan gratis. Jangan malas untuk tambah ilmu yang dimiliki.

6. Manjakan diri

Menjadi seorang pengangguran bisa sangat melelahkan. Maka dari itulah, sesekali kamu perlu untuk memanjakan diri. Bisa ke salon atau membeli fashion item. Tidak punya banyak uang? Kamu bisa sekadar jalan-jalan ke taman kota atau di sekitaran rumah. Bisa melakukan hobi yang disukai juga. Dengan begini, semangat mencari pekerjaan juga akan kembali.

Baca juga: 6 Kelas Online untuk Tambah Skill Selama Pandemi, Mulai dari Bahasa Sampai Budaya

Selalu berusaha dan mencari lowongan pekerjaan merupakan hal yang sangat bagus. Namun, jangan paksa diri untuk selalu mencari pekerjaan ya, Ladies. Luangkan waktu untuk diri sendiri, supaya kesehatan mental tetap terjaga. Jangan lupa untuk selalu berpikir positif, akan selalu ada harapan di depan sana. Semangat ya.

 

 

Sumber: lifehack, forbes

Comments

Loading...